5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

Ubah rencana lo kalau memang ingin naik ke Gunung Prau di awal tahun 2020. Ditutup bro. Kenapa ada keputusan seperti itu? Sila simak bahasan di bawah ini ya!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

 

Buat para pendaki, ada kabar penting karena salah satu gunung favorit di Pulau Jawa, jalur pendakiannya akan ditutup per Januari 2020. Gunung yang dimaksud adalah Gunung Prau. Buat lo yang punya rencana untuk datang ke sana, sila atur jadwal kembali ya bro!

 

Walau tidak begitu sulit untuk didaki, keindahan alam yang ada di Gunung Prau masih terus menggoda para pendaki yang ingin menikmati ‘Jawa Tengah’. Oleh karena itu, tidak heran jika lo datang dan sampai di puncaknya, masih banyak tenda yang berdiri.

 

 

Mereka yang menginap di puncak Gunung Prau, tentu mengincar satu momen yang jarang sekali mereka alami dalam hidupnya. Momen yang dimaksud adalah momen matahari terbit dari puncak Gunung Prau. Golden Sunrise di sana tidak bisa lo lewatkan begitu saja!

 

Momen matahari terbit di puncak Gunung Prau adalah salah satu daya tarik yang begitu magis di kalangan pendaki dan petualang. Makanya, momen ini diburu oleh mereka. Namun, seperti update yang sudah diberitahukan sebelumnya, jalur pendakian Gunung Prau per Januari 2020 nanti akan ditutup.

 

Kira-kira, ada alasan apa ya mengapa jalur pendakian Gunung Prau ditutup? Untuk mengetahui lebih lanjut, sila simak bahasan kali ini sampai habis ya bro!

***

 

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup: Perbaikan Ekosistem

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020! credit: nyero.id

Penutupan jalur pendakian Gunung Prau untuk 2020 nanti pertama kali disebarluaskan oleh akun media sosial @prau2565mdpl yang ternyata sekaligus ranger dari basecamp jalur pendakian Gunung Prau via Dieng, yang bernama Yayank Alfan.

 

Alfan mengungkapkan jika penutupan jalur pendakian Gunung Prau tersebut berdasarkan berbagai alasan, salah satunya adalah perbaikan ekosistem. Perbaikan ekosistem yang dimaksudkan seperti reboisasi, perbaikan jalur pendakiannya serta membatasi dengan jelas kawasan konservasinya.

 

Alfan juga menjelaskan dengan tegas kalau semua jalur pendakian Gunung Prau ditutup. Kalau misalnya ada basecamp yang masih memberi izin para pendaki untuk naik, pastinya akan ada sanksi untuk kedua belah pihak yang melanggar.

 

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup: Masuk Musim Hujan

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020! credit: tripzilla.id

Selain pemulihan kondisi alam yang ada di sana, serta memperbaiki jalur pendakian ada alasan yang cukup masuk akal untuk dijadikan latarbelakang mengapa jalur pendakian Gunung Prau ditutup per Januari 2020 nanti.

 

Alasan yang dimaksud adalah karena sudah memasuki musim hujan, jalur pendakian Gunung Prau menjadi licin dan cukup berbahaya. Tingkat bahaya yang meningkat ketika memasuki musim hujan juga ditambah dengan cuaca yang kerap sekali berubah dengan cepat.

 

Oleh karena itu, menimbang keselamatan para pendaki yang akan naik ke sana, diputuskan untuk sementara per Januari 2020 jalur pendakian Gunung Prau ditutup dulu.

 

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup: Jalur Mana Saja?

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020! credit: travelingyuk.com

Jika belum ada pembukaan jalur pendakian yang baru, setidaknya di Gunung Prau – ada delapan jalur pendakiannya. Namun, berdasarkan perhitungan berbagai pihak, yang dibuka untuk umum sampai saat ini hanya enam jalur saja.

 

Enam jalur pendakian Gunung Prau yang dibuka untuk umum adalah Patak Banteng, Kali Lembu, Dieng Wetan, Dieng Kulon, Campurejo, dan Wates. Untuk Januari 2020 – enam jalur tersebut akan ditutup semua dengan deretan alasan yang sudah disebutkan di atas.

 

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup: Petir yang Membahayakan

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, memasuki musim hujan – cuaca di jalur pendakian Gunung Prau makin sulit untuk ditebak. Terkadang cerah, tapi bisa berubah dengan cepat menjadi badai. Terlebih ada hal lain yang membahayakan para pendaki.

 

Hal tersebut adalah petir yang cukup besar-besar. Terkait dengan badai, tentu akan jadi kombinasi yang begitu mematikan untuk para pendaki. Sudah pernah ada korban jiwa, untuk menghindari hal tersebut – maka jalur pendakian Gunung Prau ditutup dulu.

 

Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup: Sanksi dan Denda!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020!

5 Alasan Mengapa Jalur Pendakian Gunung Prau Ditutup Per Januari 2020! credit: tripjalanjalan.com

Kurang lebih dibuka 8 bulan terakhir ini – tercatat hampir 500 ribu pendaki yang tercatat sudah datang ke Gunung Prau. Ini belum termasuk mereka-mereka yang suka ‘menerobos’ pendakian gunung favorit di Pulau Jawa ini.

 

Oleh karena itu, siapapun yang melanggar aturan ini baik pendaki, biro tur, pemandu ‘nakal’ yang kedapatan mendaki saat periode penutupan jalur akan diberikan sanksi dan denda yang tegas. Besaran denda yang akan diberikan tergantung pelanggaran yang dibuat nanti.

 

Dana hasil denda para pelanggar rencananya akan diserahkan untuk diatur oleh pengelola Gunung Prau. Pengaturan denda tersebut akan diarah ke penghijauan, reboisasi dan pemulihan serta perawatan berbagai fasilitas yang ada di jalur pendakian tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas ya berita terbaru ini. Jika lo memang ada rencana untuk mendaki Gunung Prau, lebih baik ubah dari sekarang dan cari gunung lainnya! Atau, masih banyak kok destinasi seru yang bisa lo datangi!

 

Sila cek superadventure.co.id terus agar dapat inspirasi segar untuk outdoor lifestyle dan urban adventure ya!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image - Hipwee

Trending Extreme jungle trekking solo traveling solo backpacker

9 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
mantap bgt info nya.... makasih y
DEVI TRI HANDOKO
untuk sementara demi kebaikan kita semua
SRI YAYA ASTUTI
Aturan untuk kebaikan kita semua
Ricko Pratama Putra
Nice Info
Frida Fatah
makasi info nya
agung
tq info ya
Hengky  kik
makasih mimin infonya
Yudha Pratama
nice info gan
Resatya Oktafitullah SAV
Sudah tau dong