Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Bangga nih kalau Pantai Plengkung jadi salah satu venue untuk gelaran World Surf League. Mau tahu lebih lanjut? Langsung saja simak bahasan di bawah ini ya bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

 

Buat lo yang suka berselancar atau surfing – ada kabar membanggakan nih kalau di sekitaran bulan Juni 2020 mendatang, Pantai Plengkung atau yang juga dikenal dengan nama Pantai G-Land, terpilih menjadi salah satu lokasi untuk liga surfing dunia.

 

Liga surfing dunia – atau World Surf League – timnya sudah menemui pemerintah daerah setempat (pemerintah daerah Banyuwangi) untuk berembuk boleh atau tidaknya WSL digelar di Pantai Plengkung. Kompetisi selancar internasional itu mempunyai 11 seri dan salah satunya nanti akan ada di Indonesia, Banyuwangi – Pantai Plengkung.

 

 

Tentu izin yang diberikan akan sepadan dengan apa yang akan didapat oleh pihak daerah setempat. Dari meningkatnya populeritas Pantai Plengkung, sampai ekspektasi peningkatan ekonomi, sosial dan budaya karena di sana akan menerima banyak orang yang datang dari mancanegara.

 

Menurut pemerintah setempat – tentu hal ini sangat membanggakan bagi Banyuwangi dan segala elemen yang ada di dalamnya termasuk masyarakatnya sendiri. Nah, buat lo yang ada rencana untuk berselancar di Pantai Plengkung, bulan Juni 2020 nanti ada event besar bro!

 

World Surf League – Liga Paling Bergengsi!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: surfertoday.com

Buat para peselancar nasional ataupun internasional – bisa berlaga di WSL adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Hal ini terkait dengan label kalau WSL adalah liga selancar paling bergengsi di dunia. Liga ini akan mempunyai 11 seri yang diperkirakan dimulai dari April sampai Desember.

 

Dan setelah mencapai keputusan bersama – Pantai Plengkung di Banyuwangi akan jadi seri ke-3 dari liga selancar paling bergengsi di dunia itu. Selain Indonesia, setidaknya seri-seri lainnya akan digelar di Australia, Amerika Serikat, Brazil, Hawaii, Tahiti, Afrika Selatan, Portugal sampai Prancis.

 

Pemilihan venue tentu salah satunya berdasarkan ombak besar yang konstan bergerak di arah pantai tersebut. Dan, tentu – ombak besar di Pantai Plengkung di Banyuwangi adalah salah satu yang terbaik di dunia, makanya terpilih, bro!

 

Namun, sekarang justru bukan waktunya untuk berbangga terus-terusan. Kurang lebih – pemerintah daerah setempat di sana tentu sudah mulai menyiapkan segala fasilitas terkait kedatangan banyak wisman di sana nanti.

 

Oleh karena itu, seperti yang sudah dijelaskan di atas sebelumnya kalau ajang ini tidak hanya untuk mereka-mereka saja, tapi juga bermanfaat untuk masyarakat setempat karena pengaruh kenaikan ekonomi nantinya.

 

Pantai Plengkung: Ombak Besar di Dalam Taman Nasional

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: pergimulu.com

Masih termasuk di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo – keelokan alam yang masih lestari ini juga jadi daya tarik tersendiri bagi mereka yang memilih Pantai Plengkung jadi salah satu venue untuk liga selancar dunia itu.

 

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: liputan6.com

Lagipula, ombak di Pantai Plengkung memang berbeda daripada ombak-ombak di pantai lainnya. Mempunyai bentuk yang memanjang, tinggi serta berkecepatan tinggi, tentu jadi tantangan tersendiri bagi peserta di liga selancar dunia tersebut.

 

Wah pasti lo semakin penasaran ya bagaimana caranya untuk bisa sampai di Pantai Plengkung? Tenang bro, sila simak bahasan kali ini saja karena akan dikupas semua. Stay tune, bro!

 

Untuk bisa sampai di Pantai Plengkung atau Pantai G-Land, para petualang baik yang berasal dari dalam negeri sendiri atau mancanegara – secara umum bisa datang dari Kabupaten Banyuwangi di Jawa Timur, atau dari Bali.

 

Kalau Lewat Kota Banyuwangi…

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: travel.kompas.com

Jika datang dari Kota Banyuwangi, lo bisa langsung mengarah ke Taman Nasional Alas Purwo dengan mengendarai mobil atau motor sewaan. Paling aman naik mobil atau motor sewaan saja biar lo bisa bebas untuk mengatur kapan kepulangan lo nanti.

 

Untuk tiket masuk – Taman Nasional Alas Purwo mempunyai harga tiket retribusi yang kurang lebih Rp 15 ribu untuk petualang lokal dan Rp 150 ribu untuk petualang mancanegara. Kemudian, perjalanan lo akan dilanjutkan dengan menyewa mobil penjaga TNAP karena mobil biasa tidak bisa melalui medannya bro.

 

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: dailooghotels.com

Kurang lebih tarif yang akan lo bayar untuk sewa mobil ranger di sana adalah Rp 200 ribu. Satu mobil tersebut bisa muat lima sampai enam orang. Wah lumayan sih kalau mau patungan saja. Perjalanan pulang pergi kurang lebih akan memakan waktu sekitar 1,5 jam saja.

 

Kalau Lewat Bali…

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro!

Pantai Plengkung Jadi Venue Liga Surfing Dunia: Ini Cara Buat ke Sana, Bro! credit: thebalibible.com

Nah, kalau lo akan berangkat dari Bali – kurang lebih perjalanan lo akan menggunakan kapal cepat dari Kuta Reef yang ada di kawasan Kuta tentunya. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 3,5 jam. Perjalanan ini biasanya juga disediakan oleh penginapan-penginapan yang ada di Pantai Plengkung.

 

Walau harga penginapannya cukup mahal untuk para petualang lokal, namun cukup sepadan buat lo yang mau eksplorasi Pantai Plengkung sampai puas. Kalau dibandingkan dengan penginapan di Bali atau Lombok, masih oke kok, bro!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah semakin penasaran dengan Pantai Plengkung yang jadi spot ke-3 untuk gelaran WSL yang bergengsi itu? Kalau iya langsung saja siapkan waktu kosong, berkemas dan berangkat bro!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – review.bukalapak.com

Tips Extreme Surfing pantai

14 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Sangat menakjubkan
Ricko Pratama Putra
Makasih I fonya
Fatmawati
Nice info
Agus Sungkawa
Pantai Plengkung YANG MENAKJUBKAN
agung
tq info ya
nugraha
menakjubkjan seekali
Peni heryawan
Nice info
Sandi L
Nice info
Laudu
Nice info
Hari Tristiyanto
indonesia mang kaya .... dan indah