5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

Salah satu destinasi anti mainstream yang bisa lo jumpai di Bali adalah Pantai Gili Putih. Apa saja keunikan yang dimiliki tempat wisata baru ini? Mengapa banyak orang terkesima dengan keindahan pantai ini? Simak paparan informasi di bawah ya bro!

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

Bali tidak melulu soal Pantai Kuta atau Nusa Penida. Masih banyak destinasi wisata indah lain yang patut lo nikmati di pulau dewata. Salah satu contohnya seperti pantai Gili Putih yang berada di Sumberkima, Gerokgak, Kabupaten Buleleng, Bali.

 

Destinasi pantai ini sering memesona wisatawan karena menyajikan pemandangan alam memukau. Pantai Gili Putih memiliki pasir berwarna putih dengan tekstur halus. Selain itu, akses menuju Pantai Gili Putih juga terbilang mudah sehingga tak merepotkan perjalanan traveler.

 

Apa saja keunikan yang dimiliki Pantai Gili Putih? Mengapa banyak orang terkesima dengan keindahan pantai ini? Berikut adalah 5 hal unik seputar Pantai Gili Putih yang patut diketahui traveler. Silakan disimak ya bro!

 

1. Luas Wilayahnya Berubah di Setiap Waktu

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali. Photo Credit: instagram.com/hansburhanu_____

Pantai Gili Putih menyajikan panorama indah yang menyejukkan mata. Akan tetapi, keistimewaan pantai ini tak hanya berhenti sampai di situ. Keunikan Pantai Gili Putih terletak pada bentuk dan luasnya yang berubah setiap waktu.

 

Fenomena unik ini bukan terjadi tanpa sebab. Perubahan bentuk dan luas Pantai Gili Putih kabarnya dipengaruhi kondisi pasang surut gelombang laut. Ketika air laut sedang pasang, wilayah daratan Pantai Gili Putih umumnya mencapai ukuran 600 meter persegi.

 

Ukuran ini akan berbeda ketika air laut tengah surut. Kala itu, daratan Pantai Gili Putih meluas secara drastis di atas 600 meter. Kondisi ini tentu memungkinkan wisatawan untuk lebih leluasa melaksanakan aktivitas liburan. Jangan lupa sambangi daerah pantai ini ya bro!

 

2. Tampilannya Mirip Pulau yang Tidak Didiami Manusia

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali. Photo Credit: instagram.com/ bayu_mahendra_ 

Jika dipandang sekilas, wilayah pantai ini mungkin nampak seperti pulau yang tak dihuni manusia. Hal tersebut membuat Pantai Gili Putih terlihat istimewa dibandingkan pantai-pantai lainnya di Bali. Setibanya di sini, lo bakal merasakan sensasi seolah-olah terdampar di pulau antah berantah. Unik sekali deh!

 

Wilayah Pantai Gili Putih diketahui menjadi habitat tanaman dan sejumlah hewan kecil. Salah satu spot menarik yang bisa dijumpai traveler di sini adalah gundukan pasir berwarna putih. Lokasinya terletak di tengah laut. Gundukan pasir ini tentu bisa menjadi objek fotografi menarik bagi wisatawan di Gili Putih.

 

Kehadiran gundukan ini acapkali menguatkan kesan Gili Putih sebagai pulau tak berpenghuni. Gundukan tersebut kabarnya tidak ditinggali makhluk hidup apapun. Jika bertandang ke Gili Putih, wisatawan hendaknya tak lupa mengabadikan gambar gundukan ini untuk dijadikan kenang-kenangan liburan. Oke, bro?

 

3. Gundukan yang Tidak Ditumbuhi Mangrove

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali. Photo Credit: cybertokoh.com 

Berlibur ke Gili Putih kurang terasa lengkap bila tidak menyambangi gundukan pasir yang berada di tengah laut. Biasanya orang menjuluki gundukan tersebut dengan istilah daratan pasir. Nah, tempat ini juga memiliki keunikan karena dapat bertambah luas.

 

Saat air laut sedang surut, wilayah gundukan tersebut akan menjadi lebih luas dari biasanya. Momen ini biasanya akan dimanfaatkan nelayan setempat untuk mencari ikan dengan alat pancing. Wisatawan tentu juga bisa menggunakan momen air laut surut ini untuk berkelana lebih jauh.

 

Sampai sekarang tidak pohon mangrove yang tumbuh di sekitar gundukan ini. Alasannya karena tanahnya mengandung pasir sehingga kurang mendukung proses tumbuh kembang tanaman. Meski begitu, gundukan ini tetap seru untuk dijadikan area bersantai bagi para wisatawan.

4. Bersih Lantaran Baru Saja Dibuka

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali. Photo Credit: instagram.com/wahyuxsaputra 

Perlu lo ketahui, Pantai Gili Putih sebenarnya tergolong jenis destinasi wisata baru di Bali Utara. Kebersihan area pantai ini masih terjaga dengan sangat baik. Mata dan pikiran lo tentu bakal kembali segar usai mengamati panorama di sekitar sini.

 

Keindahan Gili Putih juga tak lepas dari peranan pihak pengelola yang merawat pantai ini dengan baik. Berkat jasa mereka, wisatawan dapat puas menikmati jernihnya air laut serta bersantai dalam keadaan nyaman. Semua orang pun kian betah berlama-lama di pantai Gili Putih

 

Kepala Dinas Pariwisata Buleleng sepakat untuk terus mengembangkan destinasi ini ke arah yang lebih baik. Hingga kini, para pengelola Gili Putih terus berkomitmen merawat keindahan pantai ini secara maksimal. Dengan begitu, traveler takkan ragu memilih pantai Gili Putih sebagai destinasi liburan.

 

5. Suguhkan Panorama Air Laut yang Jernih

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali

5 Keistimewaan Pantai Gili Putih, Kepingan Surga Tersembunyi di Bali. Photo Credit: instagram.com/leesaleesangeun 

Banyak orang terhipnotis dengan sajian alam yang dihadirkan pantai Gili Putih. Salah satu daya tarik terbesar pantai ini adalah air lautnya yang sangat jernih. Pemandangan ini kerapkali menggoda para wisatawan untuk langsung menceburkan diri ke sana.

 

Kejernihan air laut Pantai Gili memang sangat memikat mata. Wisatawan bahkan dapat mengamati ekosistem bawah laut dengan jelas dari daratan. Oleh sebab itu, pantai ini layak dituju traveler yang hobi snorkeling atau diving selama liburan.

 

Selain itu, air laut pantai ini akan nampak berkilau bula dipandang dari kejauhan. Beberapa sudut perairan di pantai ini ditumbuhi aneka terumbu karang menawan. Keindahan terumbu karang tersebut tentu membuat penyelam makin betah mengarungi lautan.

 

Demikian 5 hal menarik seputar Pantai Gili Putih yang patut diketahui traveler. Semoga informasi di atas membuat lo tertarik menyambangi tempat ini dalam waktu dekat. Jangan lupa menyelami keindahan pantai ini secara langsung ya bro!

Source: tribunnews.com

Feature Image - Instagram.com/ bayu_mahendra_

Wilderness Beginner pantai bali solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Bukan Mainn
nice info admin
Mantappp
Nice info
Indah dipandang
Pantai gili putih bali emang mantap
kwren banget....
apik bgt
Masih banyak lagi Min, salah satunya " Putri Wilis"
Bagus banget