Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

Spot foto dengan nuansa vintage memang tidak pernah lolos dari perhatian millennials, di mana saja ya kira-kira yang oke? Tenang sila simak di bahasan kali ini ya!

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

 

Traveling atau eksplorasi tidak hanya dilakukan di alam bebas saja, bro. Menyisir kota-kota dengan bangunan yang fotogenik juga jadi salah satu kesukaan para millennials, nih. Pasalnya, latarbelakang nuansa vintage juga jadi target koleksi foto-foto mereka!

***

 

Dengan kemajuan teknologi zaman sekarang, mempunyai foto dengan nuansa vintage tentu akan jadi kekaguman tersendiri – mengingat sekarang ini, banyak spot foto yang bernuansa industrial minimalis. Oleh karena itu, banyak anak muda yang kerap mencari spot-spot foto bernuansa peninggalan sejarah itu.

 

Foto jadul, nuansa vintage entah mengapa mempunyai daya tarik tersendiri. Baik dari segi latarbelakang tembok-tembok gedung tua, sampai warna palet yang pucat – semua elemennya cukup menarik perhatian anak-anak muda. Makanya, tidak heran kalau mereka berani bereksplorasi ke gedung-gedung tua, walaupun terkadang mesti adu adrenalin karena gedung tuanya mempunyai cerita hantu!

 

 

Bahkan, bicara soal cerita hantu di gedung-gedung tua – entah karena menyambut perayaan Halloween di tahun 2019 ini – akhir Oktober yang lalu, wisata malam yang menargetkan mengunjungi deretan spot-spot seram dengan urban story yang mampu membangunkan bulu kuduk ternyata diminati banyak kalangan, terutama anak muda!

 

Eits, kali ini – tidak akan membahas gedung-gedung tua dengan cerita-cerita seramnya ya. Di bahasan kali ini, lo akan diberitahu setidaknya di Pulau Jawa ini, ada lima kota besar yang mempunyai peninggalan gedung-gedung tua yang begitu fotogenik.

 

Saking fotogenik dan menariknya, yang datang ke sana tidak hanya wisatawan lokal saja, lho. Kerap sekali yang ditemui justru wisatawan mancanegara yang ternyata juga mengagumi arsitektur jadul tapi fotogenik itu, bro!

 

Wah sudah penasaran dong di kota mana saja sih yang ada gedung-gedung tua peninggalan sejarah Belanda yang sekarang jadi begitu fotogenik? Tenang bro, sekarang siapkan saja outfit keren lo untuk bereksplorasi ke deretan gedung-gedung tua ini!

 

Gedung Tua yang Fotogenik: Jakarta – Kota Tua

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!  credit: bloggerjakarta.com

Jakarta, kota metropolitan yang katanya sudah begitu modern ini ternyata menyimpan berbagai titik spot foto untuk objek gedung-gedung tua peninggalan Belanda. Sebut saja yang sudah cukup mainstream seperti kawasan Kota Tua, Museum Fatahillah, atau deretan museum dekat sana.

 

Tapi kalau mau coba nuansa berbeda – bisa saja ke area Sunda Kelapa. Walau tidak banyak objek yang berbentuk gedung-gedung tua, tapi deretan kapal-kapal tua di sana juga fotogenik, lho. Sunda Kelapa adalah kawasan dermaga tua yang sudah tidak berfungsi lagi.

 

Terlebih, kalau lo bisa datang pagi – jam 7-9 pagi, atau kalau mau sore, bisa datang dari jam 4-6 sore di mana kedua momen tersebut terdapat momen matahari terbit dan matahari terbenam. Semburat kuning oranye tentu jadi warna yang bagus buat foto lo bro!

 

Gedung Tua yang Fotogenik: Semarang – Lawang Sewu

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik! credit: travel.kompas.com

 

Aduh. Ini pasti seram sih.

 

Memang bro, Lawang Sewu, salah satu gedung tua peninggalan sejarah Belanda ini memang terkenal dengan berbagai urban legend-nya yang bisa membuat adrenalin terpacu. Namun karena hal terkait, tidak membuat lo tidak berani untuk mendatanginya, kan?

 

Terlepas dari cerita-cerita mistis seram yang melekat dengan gedung tua ini, Lawang Sewu jadi salah satu objek foto vintage yang keren, lho. Dengan warna pucat dan bangunannya yang unik – konon katanya pintu di sana mencapai seribu buah, tentu Lawang Sewu jadi target utama untuk didatangi!

 

Selain Lawang Sewu, salah satu gedung tua di Semarang yang bisa lo kunjungi karena mempunyai nuansa vintage yang oke adalah Gereja Blenduk. Kawasan gereja tersebut terlihat selalu ramai oleh para pengunjung yang didominasi oleh anak muda.

 

Gedung Tua yang Fotogenik: Bandung – Braga

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik! credit: 1001malam.com

Selain Semarang di Jawa Tengah, di Jawa Barat ada kota Bandung yang juga diisi oleh gedung-gedung tua dengan nuansa vintage yang dicari banyak anak muda untuk foto-foto. Di Bandung sendiri, kawasan Braga adalah target utamanya.

 

Bernuansa vintage ala Eropa zaman dahulu, beberapa gedung di kawasan Braga bahkan dijadikan cagar budaya. Akan tetapi – ada juga yang dialihkan fungsinya menjadi café atau hotel. Wah, seru sih kalau yang menjadi café!

 

Gedung Tua yang Fotogenik: Surabaya – Jembatan Merah

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik!

Cari Spot Foto Vintage? 5 Kota Ini Berdiri Bangunan Belanda yang Fotogenik! credit: jalanjalanyuk.com

Objek-objek di Surabaya seperti Jembatan Merah, Hotel Majapahit, Tugu Pahlawan dan Katedral Kepanjen sudah terkenal sebagai deretan objek-objek vintage yang diburu banyak anak muda untuk jadi latarbelakang foto mereka.

 

Terlebih, pedestarian yang didesain dengan rapi – membuat lo betah buat trekking sembari eksplorasi sudut-sudut mana saja yang bisa lo jadikan objek foto bro!

 

Gedung Tua yang Fotogenik: Yogyakarta – Gedung Agung

Dari Jalan Jenderal Sudirman sampai titik KM 0 Yogyakarta – terdapat deretan gedung-gedung tua yang oke banget buat dijadikan latarbelakang foto saat lo datang ke sana. Terlebih, kawasan Malioboro, tentu sudah jadi langganan anak muda yang ke sana untuk berfoto-foto.

 

Selain itu, gedung Bank BNI, Gedung Bank Indonesia sampai Kantor Pos adalah deretan gedung-gedung yang mempunyai aksen-aksen vintage yang keren, nih. Buat lo yang akan ke sana, masukan deretan gedung-gedung tersebut ke daftar traveling lo ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Jadi tidak sabar untuk memotret sudut-sudut fotogenik yang ada di deretan gedung-gedung tua yang sudah dijelaskan di atas ya! Langsung saja atur waktu untuk datang ke sana bro!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – pegipegi.com

Urban Places Beginner solo traveling solo backpacker

18 COMMENTS

SHARE
Suasana Baru
Keren slur
apik banget
nice info admin
spot yang sangat ciamik
keren bgt gan
Nice info
warisansejarah yg perlu di jaga
Nice info
mantappp