[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat!

Masih banyak bingung nih dengan ketentuan barang bawaan di dalam kabin pesawat. Yang seperti apa sih yang boleh disimpan di sana? Sila simak bahasan ini untuk mengetahui lebih jelasnya!

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat!

 

Walau sudah cukup lama diberitahukan, namun masih banyak traveler atau anak muda yang masih bingung soal ukuran serta berat bawaan yang bisa dibawa ke kabin pesawat. Bro, apakah lo pernah bingung juga soal ini?

***

 

Baik sedang traveling atau ada urusan lain yang mengharuskan diri lo untuk menggunakan pesawat sebagai moda transportasi, tentu barang bawaan seperti koper dan tas akan lo bawa sebagai tempat menyimpan berbagai kebutuhan selama berpergian.

 

Untuk penyimpanan barang bawaan saat berpergian dengan pesawat, memang ada ketentuannya tersendiri. Ketentuan tersebut terkait dengan seberapa besar dan berat barang bawaan lo sehingga bisa ditentukan akan disimpan di kabin pesawat saja, atau bagasi pesawat.

 

 

Berdasarkan ketentuan terbaru yang menyatakan jika barang bawaan baik dalam bentuk koper, tas atau tempat penyimpanan lainnya yang bebannya melebihi tujuh kilogram, mesti disimpan di dalam bagasi pesawat. Artinya, lo akan membayar lebih untuk kelebihan beban tersebut.

 

Karena kebanyakan tidak mau membayar kelebihan beban untuk ke bagasi, biasanya ada saja traveler atau anak muda yang bingung sendiri dengan barang bawaannya. Atau, kerap sekali terlihat ada saja yang bersitegang dengan petugas bandara.

 

Walau jadi salah satu moda transportasi favorit – tapi tidak membuat semua kalangan, termasuk anak muda atau millennial mengetahui peraturan barang bawaan di dalam pesawat. Oh iya bro, apakah lo sendiri sudah tahu persis bagaimana ketentuan soal barang bawaan yang bisa disimpan di kabin?

 

Eits, tenang – kalau lo belum tahu, mari sama-sama menyimak bahasan di bawah ini yang akan menjelaskan setidaknya ada beberapa aturan yang mesti diketahui, dan beberapa contoh kasus nyata yang ditemui Tim Super Adventure saat berpergian menggunakan pesawat.

***

 

Data Valid Dari Kementerian Perhubungan

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat!

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat! credit: liputan6.com

Belum lama ini, sekitar empat hari yang lalu – Kementerian Perhubungan selaku salah satu pihak terkait untuk mengatur berbagai regulasi transportasi mengunggah penjelasan di salah satu media sosialnya. Di unggahan tersebut, dijelaskan ketentuan ukuran barang bawaan yang bisa disimpan di dalam kabin pesawat.

 

Kementerian Perhubungan, menyebutkan bahwa ketentuan barang bawaan yang bisa disimpan di dalam kabin pesawat adalah

ukuran satu koli dengan dimensi 58cmx46cmx23cm.

Dengan dimensi seperti ini, entah koper atau tas dan barang bawaan lainnya, diharapkan sesuai dengan dimensi tersebut.

 

Selain itu, dari ketentuan dimensi yang sudah disebutkan – berat barang bawaan tersebut tidak boleh lebih dari tujuh kilogram saja. Jadi sebaiknya – untuk amannya, agar barang bawaan lo tidak diminta untuk disimpan di bagasi pesawat, usahakan jangan sampai membawa barang bawaan dengan beban lebih dari tujuh kilogram.

 

Satu Koli dan Satu Tas Pribadi

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat!

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat! credit: inibaru.id

Nah, ini yang terkadang juga belum diketahui oleh banyak kalangan, termasuk para anak muda dan traveler. Kalau sebenarnya – selain barang bawaan berupa satu koli dengan maksimal beban barang hanya tujuh kilogram, lo masih boleh membawa satu tas pribadi lagi.

 

Ingat bro, hanya satu tas pribadi saja ya.

Tas pribadi ini juga sepertinya tidak boleh mempunyai beban barang lebih dari tujuh kilogram. Asumsinya – kalau tas pribadi, yang jelas tidak akan sebesar satu koli utama yang dimensinya sudah ditentukan tersebut.

 

Ketentuan ini juga ditetapkan oleh badan usaha angkutan udara niaga berjalan. Jadi, jika barang bawaan utama lo seperti koper dan koper tersebut melebihi ukuran yang sudah ditentukan, baik dalam bentuk ukuran fisik atau beban barangnya, sila rogoh kocek lebih untuk membayar bagasi pesawat.

 

Bagaimana Harga Per Kilogramnya

Untuk ke Bagasi Pesawat?

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat!

[HARUS TAHU] Ini Ukuran dan Aturan Bagasi yang Bisa Masuk ke Kabin Pesawat! credit: merahputih.com

Nah kalau yang satu ini jawabannya cukup sederhana nih bro – kalau harga per kilogram yang mesti lo bayarkan jika barang bawaan lo masuk ke bagasi pesawat tentu berdasarkan ketentuan masing-masing maskapai.

 

Sebagai contoh, jika harganya belum berubah – untuk maskapai Lion Air, harga per satu kilogram untuk masuk bagasi pesawat adalah Rp 35 ribu. Jika barang bawaan atau koper lo mempunyai beban lebih dari 7 kilogram, tinggal dikalikan saja dengan harga per kilogramnnya itu bro.

 

Menjengkelkan memang – namun, hal ini terkait dengan keputusan atau kebijakan harga masing-masing maskapai ya. Maskapai satu dan lainnya bisa jadi berbeda untuk hal ini.

***

 

Ada contoh kasus nih bro ketika Tim Super Adventure sedang dalam perjalanan kembali ke Jakarta, di Bandara Kulonprogo, bandara baru Yogyakarta, ada sekelompok orang yang akhirnya terpaksa mesti membayar bagasi karena air minum berukuran satu liter, ngotot untuk mereka bawa ke kabin.

 

Padahal, secara umum – sudah diketahui bersama kalau botol air minum yang berukuran sampai satu liter, dilarang untuk masuk ke kabin pesawat karena sudah ada ketentuan jika lo tidak boleh membawa benda cair terlalu banyak ke kabin.

 

Setelah bersitegang dengan beberapa petugas bandara, akhirnya sekelompok orang itu mengalah dan menuju ke pos penimbangan barang bawaan untuk selanjutnya menaruh barang bawaan mereka di bagasi pesawat.

 

 

Nah, bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas ya – kalau lo akan berpergian dengan menggunakan pesawat terbang – lo tidak bisa membawa banyak barang dengan beban berlebihan kalau tidak mau menyimpannya di bagasi pesawat yang bayar.

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – tripzilla.id

Gear Beginner solo traveling solo backpacker

10 COMMENTS

SHARE
nice info
Nice Info
informasi yang sangat informatif
Intinya bawalah barang bawan sesuai kebutuhan dan secukupnya,thnks infonya
nice info lagi
Sangat menarik
Nice info
Bermanfaat
Informasinya sangat bermanfaat
sesimpel mungkin supaya tidak kocek lebih. haa