5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

Dengan adanya mercusuar pada sebuah pulau ternyata mampu menarik perhatian loh, karena keindahannya seperti bertambah. Nah, di Indonesia terdapat beberapa pilihan pulau mercusuar yang patut untuk lo kunjungi. Penasaran? Simak saja beberapa rekomendasinya di bawah ini!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

Terkadang ketika lo ingin melihat atau jalan-jalan wisata alam di Indonesia terdapat banyak sekali pilihannya, bisa-bisa akan membuat lo bingung bukan? Nah, daripada kebingungan coba deh untuk mengunjungi beberapa pilihan pulau mercusuar di negara ini. Yaap, sebuah perpaduan bangunan tinggi yang digunakan untuk menerangi lautan ini bisa menjadi sebuah objek penglihatan nan unik.

 

Mercusuar sendiri memang merupakan sebuah gedung yang berguna untuk membantu pelaut ataupun orang di kawasan tersebut untuk mengawasi apapun. Memang kebanyakan dari mercusuar yang ada di Indonesia dibangun pada zaman Belanda, sehingga lo masih bisa melihat bentuk bangunan tempo dulu yang menjadi nilai lebihnya.

 

 

Konon katanya, pada zaman dahulu Belanda membangun banyak sekali mercusuar agar kapal-kapal dagangnya memiliki arah jelas menuju pelabuhan terdekat. Kalau lo memang memiliki niat untuk menjelajahi pulau-pulau mercusuar yang ada di Indonesia, langsung saja simak beberapa rekomendasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna serta akan menambah destinasi liburan lo kelak, tentunya petualangan lo akan lebih seru nih bro.

 

Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia – Pulau Lengkuas

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau! Credit: simphortour.com

 

Rekomendasi pertama mengenai pulau mercusuar yang ada di Indonesia terletak di Kepulauan Bangka Belitung, tepatnya di Pulau Lengkuas. Pulau dengan ukuran cukup kecil ini memang memiliki keindahan alam nan memukau, bahkan lo hanya memerlukan waktu sekitar 20 menit untuk mengelilinginya.

 

Walaupun kecil, lo bisa melihat mercusuar berdiri tegak di dalam kawasan pulau ini. Bahkan Pulau Lengkuas sendiri juga sering sekali dikunjungi oleh para pelancong. Rata-rata dari para wisatawan ini memang penasaran untuk melihat mercusuar kuno yang telah dibangun oleh Belanda pada tahun 1882.

 

Sebagai pengunjung lo bisa kok naik ke puncak menara melalui tangga yang ada di dalamnya. Dengan ketinggian sekitar 18 lantai, lo dengan mudah akan bisa melihat keseluruhan pulau yang indah dan dikelilingi oleh laut berwarna biru muda. Selain melihat dari mercusuar, lo juga bisa loh melakukan snorkeling di pulau yang masih kaya akan terumbu karang dan biota laut warna-warni.

 

Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia – Pulau Sebira

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau! Credit: travel.kompas.com

 

Pulau yang letaknya tak jauh dari Jakarta ini, tepatnya di Kepulauan Seribu memiliki mercusuar tua serta keindahan alam nan memukau, yaitu Pulau Sebira. Umur dari mercusuar di pulau ini pun cukup tua, karena pertama kali dibangun pada tahun 1869.

 

Fungsi utama dari mercusuar ini ialah memandu kapal-kapal dagang dari Belanda yang akan menuju kawasan Batavia atau Jakarta. Sehingga buat lo yang memilikki hobi fotografi, jangan lupa untuk membawa kamera lo dan abadikan beberapa momen indah ketika lo berada di pulau ini.

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau Pulau Sebira merupakan pulau terluar dari kawasan Kepulauan Seribu. Di sana lo bisa menikmati indahnya pantai beserta melalukan snorkeling. Atau lo juga bisa hanya sekedar menikmati suasana yang sangat lengang dan bebas polusi.

 

Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia – Pulau Biawak

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau! Credit: travel.detik.com

 

Pulau mercusuar yang terletak di kawasan Indramayu, Jawa Barat ini bisa dikatakan merupakan salah satu destinasi dengan keindahan alam beserta megahnya sang mercuar berdiri. Bahkan mercusuar tersebut sudah ada di kawasan ini sejak tahun 1872.

 

Tentu dibangun pada zaman penjajahan Belanda dan maksud dari pembangunan mercusuar ini dikarenakan pulau ini sangat berbahaya bagi lalu lintas perdagangan. Dengan adanya lampu mercusuar, kapal akan menyingkir hingga berhasil sampai ke pelabuhan dengan selamat.

 

Sesuai dengan namanya, lo bisa menemukan banyak hewan biawak di dalam pulau ini, walaupun pulau ini memiliki luas sekitar 120 hektare. Biawak-biawak tersebut banyak yang hidup di hutan bakau. Untuk bisa sampai di pulau ini, lo harus menumpang perahu motor selama 3-4 jam. Suasana di pulau ini pun masih sangat alami loh.

 

Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia – Pulau Breueh

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau! Credit: atjehliterature.blogspot.com

 

Berpindah cukup jauh ke kawasan Pulau Sumatera, terdapat sebuah pulau mercusuar yang mampu menarik perhatian karena keindahannya. Pulau tersebut ialah Breueh. Pulau dengan mercusuar yang memiliki tinggi sekitar 80 meter ini memang patut untuk lo kunjungi.

 

Mercusuar yang dibangun pada tahun 1875 oleh pengusaha bernama Willem III ini dahulunya memang digunakan sebagai pemandu kapal-kapal yang hendak melakukan transaksi perdagangan di kawasan pesisir Aceh.

 

Selain dari mercusuarnya, lo bisa menemukan bangunan kuno era kolonial yang sayangnya sudah mulai hancur dimakan usia. Setelah kejayaan Belanda runtuh, lokasi ini mulai ditinggalkan dan hanya tersisa alam liar. Mercusuar di tempat ini pun masih berfungsi, lo bisa naik ke atas dan menikmati indahnya ujung Indonesia yang memukau.

 

Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indoneisa – Pulau Berhala

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau!

5 Rekomendasi Pulau Mercusuar di Indonesia yang Menyimpan Keindahan Alam nan Memukau! Credit: goadventure.co.id/

 

Jangan takut terlebih dahulu bila mendengar namanya, karena di dalam pulau ini lo akan melihat sebuah mercusuar dan pulau ini patut untuk lo datangi. Pulau Berhala sendiri terletak agak menjauh di Selat Malaka, lo harus naik kapal motor sekitar 4 jam sebelum akhirnya tiba di sana.

 

Yaap, mercusuar peninggalan zaman penjajahan Belanda ini sangat indah serta cocok sekali dengan perpaduan alam di dalam pulau ini. Pulau Berhala dijaga oleh Satuan Angkatan Laut yang banyak membangun pos.

 

Kalau lo tiba di Pulau Berhala ada banyak aktivitas yang bisa lo lakukan, salah satunya ialah snorkeling di sekitar pantai berpasir putih atau lo juga bisa trekking di medan cukup terjal sebelum akhirnya menemukan mercusuar yang bisa dinaiki hingga puncaknya.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rekomendasi pulau mercusuar yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan alam di negeri ini yaa!

 

Source: /travelingyuk.com

 

 

Featured Image: travellink-indonesia.com

 

Wilderness Beginner solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
dephy
mercusuarnya menjulang tinggi
Hari Tristiyanto
nice info
Ricko Pratama Putra
Nice Recomend nya
arief
makasih infonya
Fatmawati
Nice info
Peni heryawan
Pemandanga yg indah
Yudha Pratama
awesome gan !!!
Laudu
Mantappp
Asep Hilman Purnama
Mantul8xx
Cecep Jajang
Sangat membantu info nya