5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

Sejumlah peneliti diketahui pernah melakukan riset terkait hubungan antara rasa bahagia dengan pemandangan laut. Seperti apa temuan yang didapat para ilmuwan setelah melakukan penelitian? Simak jawabannya dalam tulisan di bawah bro!

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

Mengunjungi destinasi wisata alam akan membebaskan pikiran lo dari suntuk dan stres. Contoh daerah tempat wisata yang kerap menjadi pilihan pelancong pada musim liburan dalah pantai. Banyak orang merasa senang dan bahagia ketika melihat pemandangan indah laut dan menghirup udara sekitar.

 

Sejumlah peneliti diketahui pernah melakukan riset terkait hubungan antara rasa bahagia dengan pemandangan laut. Seperti apa temuan yang didapat para ilmuwan setelah melakukan penelitian? Berikut adalah 5 alasan mengapa laut mampu membuat pelancong merasa bahagia menurut peneliti. Silakan cek tulisan di bawah ya bro!

 

1. Hadirnya Perasaan Damai Berkat Ion yang Dilepas Gelombang Laut

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti. Photo Credit: abc.net.au

Salah satu pemandangan yang bisa dinikmati traveler di pantai adalah gelombang laut. Banyak orang mengamati panorama ini sembari menghirup udara segar. Percaya atau tidak, gelombang laut punya andil besar dalam memengaruhi kenyamanan traveler saat liburan lho.

 

Mengacu pada hasil riset, peneliti mendapat temuan bahwa tubuh manusia akan menyerap ion yang dilepaskan gelombang laut. Hal tersebut kabarnya akan memicu tubuh untuk terus menghisap oksigen lebih banyak hingga akhirnya memengaruhi kadar serotonin. Zat ini diketahui berfungsi mengatur kecemasan pada diri manusia.

 

Efeknya, lo bakal merasakan sensasi damai seperti sudah melakukan yoga. Mantap sekali bukan? Untuk itu, traveler baiknya tak ragu menjadikan pantai sebagai destinasi liburan bila ingin menjernihkan pikiran. Suasana pantai tentunya bakal membuat perasaan lo menjadi lebih tenang. Oke, bro?

 

2. Munculnya Rasa Aman ketika Melihat Permukaan Laut

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti. Photo Credit: wixstatic.com

Pendapat satu ini dikemukakan oleh ilmuwan saraf bernama Michael Merzenich. Menurutnya, seseorang akan berada dalam lingkungan stabil dan mudah diprediksi ketika dirinya melihat laut. Merzenich percaya bahwa manusia akan merasa lebih aman ketika berada di sepanjang pantai.

 

Hal ini akan terasa berbeda ketika lo mengunjungi daerah seperti hutan atau kota besar. Menurut Merzenich, tempat-tempat tersebut dipenuhi berbagai ancaman yang mudah menciptakan rasa tak aman. Hutan menyimpan risiko binatang liar, sementara kota besar kemungkinan dihuni penjahat.

 

Saat melancong ke pantai, perasaan traveler akan menjadi lebih stabil. Panorama permukaan laut yang luput dari cakrawala kabarnya dapat mengirim rasa stabil dan aman ke otak manusia. Mungkin itulah mengapa banyak orang tertarik mencari ketenangan di pantai ketimbang tempat wisata lain.

3.  Efektif Membuat Pikiran Jadi Lebih Tenang

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti. Photo Credit: tuigroup.com

Sebagian traveler mungkin merasa lebih tenang ketika bersantai di dekat pantai. Dari hal tersebut, muncul sebuah pertanyaan menarik: faktor apakah yang membuat seseorang merasa tenang selama di dekat laut? Jawaban dari pertanyaan ini ternyata berkaitan dengan pengaruh suara laut dan area otak bernama prefrontal cortex.

 

Kelompok ilmuwan kabarnya pernah mengikuti sebuah proyek untuk mencari tahu hubungan antara pantai dan kesehatan. Nama proyek tersebut adalah BlueHealth. Setelah melakukan riset, mereka mendapat temuan bahwa bagian otak prefrontal cortex dapat menerima rangsangan dari suara laut.

 

Perlu lo ketahui, prefrontal cortex merupakan area otak yang bertugas mengatur emosi dan refleksi pribadi manusia. Para ilmuwan mengklaim suara laut mampu mengembangkan dan menaikkan kesadaran diri. Tak hanya itu, suara laut juga diyakni bisa memberikan kesejahteraan emosional.

 

4. Rasa Bahagia Bisa Muncul Ketika Lo Mengunjungi Laut di Hari Cerah

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti. Photo Credit: cloudfront.net

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan pelancong di pantai, salah satu contohnya adalah berjemur sembari melihat pemandangan sekitar. Sebagian traveler mungkin sudah tahu bahwa aktivitas ini berdampak positif terhadap kesehatan fisik. Akan tetapi, tahukah lo bahwa kegiatan ini juga berkaitan dengan munculnya perasaan bahagia?

 

Ilmuwan berhasil menemukan kaitan antara panas matahari dengan sistem endokrin pada tubuh manusia. Sistem ini diketahui berhubungan dengan pelepasan endorfin yang berefek pada timbulnya rasa bahagia. Inllah alasan mengapa suasana pantai mudah membuat mood seseorang menjadi lebih positif.

 

Meski panas matahari berefek pada pelepasan endorfin, wisatawan hendaknya tetap menggunakan tabir surya ketika berjemur. Tujuannya agar kulit tubuh terlindung dari paparan sinar UV. Jangan lupa juga meminum banyak air supaya tubuh tidak mengalami dehidrasi. Oke, bro?

5. Suara Air Laut Mampu Menurunkan Tingkat Stres

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti

5 Alasan Mengapa Laut Bisa Bikin Bahagia Pelancong Menurut Para Peneliti. Photo Credit: stressmadesimple.com

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang banyak dilakukan pelancong di pantai. Ada yang melakukannya dengan ban renang, ada pula yang melakukannya secara mandiri. Meski begitu, tak sedikit juga wisatawan yang menghabiskan waktu santai dengan bermain basah-basahan di pinggir pantai.

 

Bunyi percikan air pun kerap kali terdengar ketika lo melaksanakan aktivitas-aktivitas ini. Menurut pendapat seorang spesialis, suara laut diklaim mampu menurunkan kadar kortisoni dan hormon stres. Bunyi air laut juga diyakini dapat mengirim ketenangan ke otak.

 

Ada pihak mengibaratkan suara laut seperti bunyi detak jantung bayi yang sedang berada dalam rahim. Menurut mereka, suara ini mampu menghasilkan dampak emosional yang berhubungan dengan rasa terlindungi serta keamanan. Keren sekali, bukan? Jadi jangan ragu untuk menyambangi laut di musim liburan ya bro!

 

Demikian 5 alasan mengapa laut mampu mendorong timbulnya rasa bahagia dalam diri pelancong. Semoga informasi ini membuka wawasan serta membuat lo tertarik mengunjungi pantai dalam waktu dekat. Meluangkan waktu santai di pantai tentu akan membuat pikiran lo semakin rileks.

Source: liputan6.com

Feature Image - efia.cz

Trending Beginner pantai

12 COMMENTS

SHARE
Yuniarto ( Tato )
Ooh gitu ya
Ricko Pratama Putra
Kurang lebihnya sperti itu
Agus Sungkawa
Informasi yang membuka wawasan tentang pantai
Asep Hilman Purnama
Ooh gitu ya
nugraha
vitamin sea
dephy
LAUT ADALAH KUNCI
Sandi L
.mantappp
Fatmawati
Sangat benar
Peni heryawan
Nice info
Ahmad nur zabidin
Like this post very good luck