7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

Peminat skuter listrik di Indonesia terlihat terus bertambah belakangan ini. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan skuter listrik? Bagaimana cara mengemudikannya secara aman?

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

Belakangan ini, skuter listrik terlihat semakin diminati masyarakat perkotaan. Banyak orang tertarik menggunakan kendaraan ramah lingkungan ini untuk jalan-jalan santai. Salah satu perusahaan ojek online bahkan menghadirkan fasilitas sewa skuter listrik di beberapa titik.

 

Selain ramah lingkungan, daya tarik skuter listrik juga terletak pada cara kerjanya yang terbilang praktis. Hal inilah yang membuat kendaraan ini disukai banyak orang. Meski begitu, sejumlah orang terkadang masih bingung bagaimana cara mengoperasikannya karena kendaraan ini masih terbilang baru.

 

Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan ketika menggunakan skuter listrik? Bagaimana cara mengemudikannya secara aman? Berikut adalah kiat aman memakai skuter listrik. Silakan baca tulisan di bawah ya bro!

 

1. Memeriksa Ulang Fungsi Kendaraan secara Teliti

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: scootersdream.com

Semua orang tentu tahu bahwa skuter merupakan kendaraan dengan energi terbatas. Oleh sebab itu, lo disarankan memeriksa ulang baterai skuter sebelum memakainya. Hal ini dimaksudkan supaya lo terhindar dari risiko daya baterai skuter habis di tengah perjalanan. Oke, bro?

 

Baterai bukan satu-satunya bagian skuter yang wajib dicek oleh para pengemudi. Lo juga perlu memeriksa bagian-bagian penting lainnya seperti gas, lampu, rem, dan bel. Dengan begitu, keamanan lo selama berkendara akan lebih terjamin. Oke, bro?

 

 2. Memakai Seluruh Alat Pengaman dan Pelindung

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: scootersight.com

Sama halnya ketika lo mengemudikan kendaraan lain, keselamatan juga wajib diutamakan saat menaiki skuter listrik. Pakailah helm dan pelindung lainnya di bagian tubuh agar perjalanan lo benar-benar aman. Cara ini tentu ampuh meminimalisir segala risiko kecelakaan.

 

Pengguna skuter baiknya tetap memakai helm, baik menempuh perjalanan dekat maupun jauh. Jangan lupa juga untuk mengenakan pelindung lutut dan sikut. Pasalnya, dua alat ini efektif mengurangi risiko cedera bila pengguna skuter terjatuh. Pokoknya, safety first!

 

3. Memerhatikan Kecepatan selama Berkendara

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: shopify.com

Skuter listrik dikenal sebagai salah satu kendaraan ramah lingkungan. Masyarakat biasanya menggunakan transportasi ini untuk menyambangi tempat berjarak dekat. Agar perjalanan tetap aman, batas maksimal kecepatan yang disarankan bagi pengguna skuter adalah 15 kilometer per jam.

 

Setiap skuter listrik dibekali tombol untuk menaikkan dan menurunkan kecepatan. Kehadiran fitur ini tentu memudahkan pengendara untuk mengoperasikan skuter secara praktis. Meski begitu, lo sebaiknya tetap memerhatikan kondisi jalan yang akan dilewati. Turun dan tuntunlah skuter bila hendak melintasi tanjakan atau turunan. Siap, bro?

 

4. Mengenakan Properti yang Bisa Menyala di Malam Hari

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: thelocal.com

Pengguna skuter juga wajib memerhatikan keamanan saat berkendara di malam hari. Aktifkan lampu pada helm atau gunakan perangkat yang bisa menyala dalam keadaan gelap. Kehadiran alat ini tentu akan memudahkan pengguna skuter untuk melihat jalan.

 

Selain itu, pengguna skuter juga sebaiknya mengenakan pakaian berwarna terang atau mencolok. Tujuannya agar orang atau pengguna kendaraan lain menyadari keberadaan lo dengan mudah. Risiko kecelakaan pun dapat berkurang. Jadi jangan lupa menerapkan cara ini ya bro!

5. Mengamati Rambu di Sepanjang Jalan

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: medium.com

Demi alasan keamanan, lo sebaiknya mengendarai skuter di sisi jalan. Pengendara skuter juga perlu memerhatikan dan mematuhi rambu jalan. Berkendaralah sesuai dengan norma dan aturan yang berlaku. Jangan sampai aktivitas lo menganggu pejalan kaki yang melintas ya bro!

 

Carilah jalan yang relatif sepi dan tidak dipadati kendaraan lain. Pengguna skuter baiknya menjauhi jalan yang dipenuhi mobil dan truk. Kondisi jalan yang ramai tentu bisa membahayakan keselamatan para pengendara skuter.

 

6. Membawa Ponsel dan Kartu Identitas Setiap Pergi Berkendara

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: townnews.com

Kebanyakan orang mungkin menggunakan skuter listrik untuk mengisi waktu luang sembari bersantai. Meski begitu, lo tetap perlu menyiapkan barang-barang penting sebelum menaiki skuter. Salah satu contohnya adalah kartu identitas.

 

Barang ini akan sangat berguna jika lo mengalami situasi tak terduga di tengah perjalanan, misalnya seperti kecelakaan. Bawalah Kartu Tanda Penduduk (KTP) setiap lo hendak bepergian dengan skuter. Identitas pengguna skuter tentu akan lebih mudah dikenali lewat barang ini. Oke, bro?

 

7. Tidak Membonceng Orang

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih!

7 Kiat Aman Naik Skuter Listrik, Bikers Perlu Tahu Nih! Photo Credit: toptenscooters.com

Skuter listrik didesain hanya untuk dipakai satu orang saja. Kendaraan ini juga hanya kuat menyokong bobot tertentu. Jadi, lo tak bisa mengajak orang lain untuk naik ke skuter listrik.

 

Bobot maksmal pengendara skuter listrik adalah 100 kilogram. Jika berat badan melebihi ketentuan, lo sebaiknya mempertimbangkan untuk naik transportasi lain. Jadi jangan ambil risiko ketika menaiki skuter listrik ya bro!

 

Demikian 7 tips aman naik skuter listrik. Semoga informasi ini berguna buat lo yang tertarik menjajal skuter listrik untuk kali pertama. Jangan lupa untuk mengingat hal-hal di atas saat mencobanya ya bro! Selamat bersenang-senang dengan kendaraan ini ya bro!

Source: kumparan.com/LifeHack

Feature Image - scootersight.com

Tips Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Keren juga ni kendaraannya.
Tetap harus hati2
TETAP BERHATI-HATI
Makasih Infonya
mending gowes aja sihh
cool banget nih
Nice info Gan !!!
Thanks informasinya
Mantap na
Jadi pengen beli dan nyoba