4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

Ternyata Riau memilki beragam pilihan kuliner yang nikmat dan penuh dengan rempah-rempah. Enggak percaya? Simak saja informasinya di bawah ini!

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

Indonesia sudah terkenal dengan kekayaan rempah-rempahnya dari dahulu kala, tak heran apabila banyak pilihan kulinernya yang mengandung banyak sekali rempah-rempah serta membuatnya memiliki cita rasa nan unik. Tak hanya itu saja, tentunya kesan nikmat selalu menempel. Nah, ketika lo berkunjung ke Riau, lo bisa dengan mudah untuk menemukan kuliner nan nikmat dengan rasa yang sangat kaya.

 

Riau memang merupakan kawasan di Indonesia yang memiliki beragam pilihan pemandangan alam yang indah, baik itu pegunungan, pantai hingga kebudayaannya juga menjadi daya tariknya. Berbicara mengenai kuliner, ternyata Riau juga merupakan tempat paling tepat untuk lo kunjungi apabila ingin mengincar makanan –makanan atau kuliner yang sulit untuk lo lupakan di dalam hidup lo.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran mengenai pilihan kuliner yang patut untuk lo cicipi ketika berkunjung ke Riau, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan tentunya menjadi panduan agar lo bisa menikmati kuliner khas Riau yang tepat.

 

Kuliner khas Riau – Gulai Ikan Patin

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat! Credit: kompaswisata.com/

 

Perlu untuk lo ketahui kalau Riau sangat terkenal dengan Gulai Ikan Patinnya. Karena memang memiliki cita rasa nan gurih serta akan membuat lo ketagihan. Makanan Riau satu ini tepatnya berasal dari Pekanbaru. Gulai Ikan Patin ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan pucuk daun ubi rebus.

 

Kuliner satu ini memang sudah banyak memiliki penggemarnya serta memiliki ciri khas dari potongan ikan patinnya yang disiram dengan kuah kuning. Cita rasa pedas manis pada kuah serta gurihnya ikan patin membuatnya semakin nikmat untuk lo nikmati.

 

Gulai ini sangat cocok untuk lo makan baik itu pada saat makan siang maupun malam. Untuk menemukannya lo tidak akan menemukan kesulitan karena hampir semua restoran di Riau menyediakan menu kuliner ini. Sehingga lo bisa menikmatinya dengan sangat mudah!

 

Kuliner Khas Riau – Gulai Belacan

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat! Credit: .ringkaskata.com

 

Selain dari Gulai Ikan Patinya, Riau juga terkenal dengan Gulai Belacan. Karena memang sangat nikmat dan lo tidak perlu meragukan bila membiacarakan mengenai kenikmatan dari kuliner ini. Belacan itu merupakan nama lain dari terasi.

 

Sehingga lo bisa langsung tebak kalau makanan khas Riau ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang dicampur dengan terasi, kemiri, lada serta menggunakan asam jawa. Gulai yang satu ini biasaya menggunakan udang segar dan dimasak dengan santan.

 

Tak heran apabila kuliner ini memiliki kuah yang kental serta udangnya bisa udang air tawar ataupun udang laut, tergantung selera. Selain udang, Gulai Belacan juga bisa menggunakan bahan lain, yaitu daging atau ikan.

 

Kuliner Khas Riau – Mie Lendir

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat! Credit: .idntimes.com

 

Berikutnya seputar kuliner khas Riau, lo harus mencicipi Mie Lendir. Memang namanya terdengar cukup aneh namun ketika lo sudah mencicipinya pasti akan ketagihan. Kalau dilihat dari bentuknya memang Mie Lendir ini hampir mirip dengan mie lainnya, namun terdapat perbedaan pada kuahnya.

 

Mie Lendir ini berkuah sangat kental sehingga menyerupai lendir. Itulah alasan mengapa kuliner ini mendapatkan nama seperti itu. Nah, kuah kental tersebut terbuat dari ubi, kacang tanah, serta berbagai bumbu rempah khas Riau.

 

Jenis mie yang digunakan untuk masakan ini ialah mie kuning. Biasanya sebagai pelengkapnya terdapat ada telur rebus dan juga tauge serbat, serta potongan cabai rawit bagi yang menyukai selera pedas. Sehingga ketika berada di Riau jangan lupa untuk mencicipi Mie Lendir yaa.

 

Kuliner Khas Riau – Mie Sagu

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat!

4 Pilihan Kuliner Riau yang Mengandung Rempah-Rempah nan Nikmat! Credit: kelanariau.blogspot.com

 

Siapa bilang ketika lo mendengar sagu hanya berada di kawasan Indonesia bagian timur, namun ketika lo berkunjung ke Riau terdapat sebuah kuliner yang menggunakan bahan baku sagu loh. Kuliner tersebut ialah Mie Sagu.

 

Selain menjadi kuliner khas Riau, tenyata makanan ini juga merupakan kuliner khas Melayu. Lo bisa menemukan kuliner ini dengan mudah di kawasan Selat Panjang, Riau. Karena kawasan tersebut merupakan penghasil sagu terbesar di Indonesia.

 

Mie Sagu merupakan makanan yang cocok untuk siapa saja, sehingga lo tidak akan menemukan kesulitan untuk menerimanya. Bukan hanya itu saja, Mie Sagu juga memiliki tekstur yang kenyal. Untuk penyajiannya, kuliner satu ini dihidangkan bersama dengan pelengkap seperti teri, daun kuncai dan rebusan tauge.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kuliner Riau di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo ketika ingin berkunjung ke sana serta menikmati beberapa pilihan kulinernya. Percayalah kalau Riau akan memberikan sebuah pengalaman tak terlupakan bila membicarakan mengenai kuliner.

Sehingga langsung saja rencanakan perjalanan lo ke Riau serta jangan lupa untuk memburu pilihan-pilihan kuliner yang ada di sana. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam macam kuliner khas Indonesia yang memang sangat banyak serta nikmat!

 

Source: travelingyuk.com

 

 

Featured Image: goodindonesianfood.com

 

 

Trending Beginner foodventure

16 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
mak nyuuus banget kayaknya
Yuniarto ( Tato )
mi lendir sama mi sagu enak
Resatya Oktafitullah SAV
Mantapsssss
Sandi L
Enak pastinya
Laudu
Mau nyoba
Agus Sungkawa
Gulai Bacan mantap
Peni heryawan
Kuliner maknyus
Yumna Aditya Prakoso
ga ada mie ayam yaa
nugraha
makanan enak banget
Ahmad nur zabidin
Mantap tuuuhh super sentul pokoknya...