5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

Berbicara tentang destinasi wisata sejarah menarik, Jepara punya beragam bangunan kuno menawan yang tak boleh dilewatkan traveler. Tempat mana sajakah itu? Lalu, apa keistimewaan yang dimiliki masing-masing tempat tersebut? Cek jawabannya di bawah ya bro!

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

Hal apa yang terbesit dalam pikiran lo sewaktu mendengar kata “Jepara”? Apakah sosok pejuang emansipasi RA Kartini? Atau hal lain? Kota ini sejatinya menyimpan banyak hal menarik yang pas dinikmati wisatawan ketika liburan, mulai dari wisata alamnya indah hingga destinasi wisata sejarahnya yang unik.

 

Berbicara tentang destinasi wisata sejarah menarik, Jepara punya beragam bangunan kuno menawan yang tak boleh dilewatkan traveler. Tempat mana sajakah itu? Lalu, apa keistimewaan yang dimiliki masing-masing tempat tersebut?  Berikut adalah 5 destinasi wisata sejarah populer asal Jepara. Silakan disimak ya bro!

 

1. Benteng Portugis

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong. Photo Credit: instagram.com/abimst__

Berlibur ke Jepara rasanya kurang bila tidak mendatangi Benteng Portugis. Lo bisa mendatangi cagar budaya ini di Desa Banyumanis, Donorojo. Lokasi benteng ini diketahui berhadapan langsung dengan Pulau Mandalika yang menawan.

 

Benteng ini merupakan salah satu bangunan yang menjadi ikon khas Jepara. Sejarah kelahiran bangunan ini bermula dari keinginan Sultan Agung Mataram dan Portugis untuk menaklukkan VOC di masa lampau. Kedua pihak akhirnya sepakat untuk bekerja sama serta bahu-membahu dalam merealisasikan proyek pembangunan benteng ini.

 

Ketika Indonesia dijajah Jepang, benteng kuno ini dialihfungsikan menjadi pagar pertahanan. Sejumlah pihak bahkan juga menjadikan benteng ini sebagai lokasi pengintai. Kini, benteng Portugis telah menjadi salah satu destinasi sejarah yang kerap disambangi traveler dari luar Jepara. Keindahan benteng ini tentu layak diabadikan dengan kamera.

 

2. Museum Gong Perdamaian Dunia

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong. Photo Credit: tic.jepara.go.id

Jepara memiliki banyak museum menarik yang pas dikunjungi pada waktu akhir pekan. Salah satu contohnya adalah Museum Gong Perdamaian Dunia. Wisatawan dapat menyambangi museum ini Desa Plajan, Pakis Aji, Jepara. Keunikan koleksi museum ini sayang untuk dilewatkan bro!

 

Sesuai namanya, museum ini menyimpan koleksi Gong Perdamaian Dunia. Gong tersebut mempunyai ukuran sangat besar. Bagian terluarnya dipenuhi bendera negara dari berbagai belahan dunia. Sementara itu, bagian pusat gong ini merupakan peta dunia berbentuk bulat. Unik sekali, ‘kan?

 

Selain itu, ada dua gong lain yang juga diletakkan di museum ini, yakni Gong Perdamaian Nusantara dan Gong Perdamaian Asia – Afrika. Lo juga bisa melihat tanah dari berbagai belahan dunia di area Situs Pusat Bumi. Hal menarik lainnya yang dapat dinikmati pengunjung adalah Sumur Perdamaian dan Kendi Pancasila.

 

3. Museum Kartini

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong. Photo Credit: suryapesonatour.co.id

Hampir setiap warga Indonesia tentu mengagumi sosok Raden Ajeng Kartini. Pahlawan satu ini dikenal sebagai sosok wanita cerdas dan berani dalam memperjuangkan emansipasi perempuan. Di Jepara, ada sebuah museum yang dibuat untuk mengenang jasa dan perjuangan R.A Kartini semasa hidup.

 

Nama museum tersebut adalah Museum Kartini. Lokasinya terletak di Jalan Alun-alun Jepara. Saat memasuki area museum ini, lo bisa melihat beragam koleksi barang peninggalan Kartini. Contohnya seperti canting, foto-foto beliau dan keluarganya, meja belajar, dan lain-lain.

 

Museum seluas 890 meter ini diresmikan pertama kalinya pada tanggal 21 April 1977. Fasilitas menarik lainnya yang disajikan museum ini adalah panggung seni teatrikal dan ruang bioskop untuk. Wilayah Museum Kartini terbagi atas 4 ruangan koleksi serta 3 gedung yang membentuk huruf “K”, “T”, dan “N”. Jangan lupa ke sini ya bro!

4. Masjid Mantingan

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong. Photo Credit: almasjidy.blogspot.com

Menurut pengakuan warga sekitar, bangunan ibadah ini diyakini sudah berdiri sejak masa Kesultanan Demak. Masjid ini bisa lo jumpai di daerah Desa Mantingan. Dikenal sebagai salah satu masjid tertua di Jepara, Masjid Mantingan juga patut dimasukkan dalam daftar destinasi wisata sejarah yang dituju ketika liburan.

 

Daya tarik tempat ini terletak pada bangunannya yang memadukan budaya Hindu dan Islam. Masjid Mantingan diketahui punya andil penting dalam sejarah perkembangan agama Islam di Jawa. Dahulu, bangunan ibadah ini menjadi salah satu pusat penyebaran agama Islam di daerah pesisir utara Jawa.

 

Saat mendatangi masjid ini, traveler beragama Islam bisa beribadah sembari beristirahat sejenak dari perjalanan yang melelahkan. Desain bangunannya yang kental dengan nuansa klasik bakal membuat lo tak merasa bosan. Silakan mampir ke sini ya bro!

 

5. Museum Ukir Nusantara

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong

5 Destinasi Wisata Sejarah Terkenal di Jepara, dari Benteng Portugis hingga Museum Gong. Photo Credit: medcom.id

Tahukah lo bahwa Jepara dikenal sebagai daerah penghasil ukiran kayu berkualitas? Kualitas produk asal daerah ini bahkan sudah diakui dunia internasional, lho. Keindahan ukiran kayu asal Jepara bisa lo lihat langsung di Museum Ukir Nusantara.

 

Usia museum ini masih terbilang muda karena baru diresmikan pada tanggal 12 April 2014. Meski begitu, bangunan yang dipakai untuk Museum Ukir Nusantara sudah didirkan sejak zaman kolonialisme Belanda. Bangunan tua tersebut dahulu menjadi lokasi Open Bare Ambact School.

 

Di Museum Ukir Nusantara, wisatawan dapat puas mengamati aneka koleksi ukiran kayu khas Jepara. Museum ini juga menyuguhkan sejumlah barang produksi daerah lain seperti Suku Asmat dari Papua. Destinasi wisata ini tentu sayang untuk dilewatkan bagi para pencinta seni.

 

Demikian 5 destinasi wisata sejarah terkenal yang bisa lo jumpai di Jepara. Tempat-tempat ini tentu bisa menjadi referensi liburan menarik bagi traveler yang baru pertama kali datang ke Jepara. Pasalnya, lo dapat memanfaatkan momen liburan untuk berwisata sembari belajar sejarah. Seru sekali, bukan?

Source: kumparan.com

Feature Image - instagram.com/abimst__

Urban Places Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Wooow pengen banget sih kesana
Jepara Destinasi wisata yang sangat menarik utk d kunjungi
Sejarah banget
Indonesia!!!!! Bagusssssss
sejak kecil sering banget main ke Benteng Portugis
wisata dekat tempat tanah kelahiranku
Keren parah
Nicw Info
Info sejarah yg sangat penting.
wajib dikunjungi