Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro!

Sudah tahu belum bro kalau di Indonesia - ada tiga jenis paspor yang dikeluarkan berdasarkan fungsi dan tipe perjalanannya. Kalau belum tahu, sila simak bahasan di bawah ini ya!

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro!

 

Tabungan sudah cukup, referensi traveling sudah oke dari superadventure.co.id – sampai sudah bikin itinerary yang mantap, tinggal berangkat plesiran ke luar negeri nih! Eits, tapi nanti dulu – sudah punya paspor belum, bro?!

 

Buat lo yang suka ke luar negeri baik dalam rangka perjalanan bisnis atau traveling, tentu paspor jadi salah satu dokumen paling penting yang mesti lo bawa terus. Jangan sampai hilang bro. Karena resiko paling besar jika paspor hilang adalah deportasi!

 

Kalau lo bertanya-tanya mengapa semakin hari semakin banyak orang yang berlalu-lalang ke luar negeri, sebagai asumsi saja – hal ini dipengaruhi oleh harga tiket murah serta promo-promo perjalanan ke luar negeri yang menggiurkan!

 

Percaya atau tidak – ini bisa lo bandingkan di tempat penjualan tiket pesawat online kalau lebih murah untuk pergi ke Jepang dibandingkan dengan pergi ke Raja Ampat. Mengapa bisa begitu? Hal ini yang perlu ditelisik lebih dalam.

 

Terlepas dari tiket murah dan berbagai promo perjalanan menarik – apakah lo sudah tahu ada jenis paspor apa saja yang ada di Indonesia? Berdasarkan Direktorat Jenderal Imigrasi RI – paspor yang berlaku dan dikeluarkan di Indonesia ada tiga jenis.

 

Eits, penasaran tiga jenis paspor tersebut apa saja? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan di bawah ini saja ya bro!

 

3 Jenis Paspor di Indonesia: Paspor Dinas

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro!

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro! credit: capcaibakar.blogspot.com

Paspor dinas akan diberikan kepada warga negara Indonesia yang akan ke luar negeri dalam rangka menjalankan tugas atau berdinas. Paspor ini lumayan sakti nih bro – hal ini dikarenakan oleh beberapa kemudahan yang tidak bisa lo dapatkan seperti di paspor biasa.

 

Sebelum mengajukan permohonan paspor dinas, ada banyak hal yang mesti lo siapkan terlebih dahulu. Seperti halnya surat bukti kelulusan luar negeri, surat izin dari atasan, surat garansi dan sebagainya. Pertanyaannya, apakah paspor yang satu ini bisa digunakan untuk sembari traveling?

 

Tidak disarankan bro – karena mengingat fungsi paspor yang satu ini hanya untuk perjalanan dinas atau tugas pekerjaan di luar negeri. Jadi, jika lo gunakan untuk traveling ke luar negeri – sepertinya lo akan ditahan karena paspor tidak sesuai dengan ketentuan.

 

3 Jenis Paspor di Indonesia: Paspor Biasa

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro!

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro! credit: kompasiana.com

Nah, paspor yang bisa dimiliki seluruh warga negara Indonesia ini adalah jenis paspor yang biasa digunakan oleh para traveler untuk ke luar negeri. Warna didominasi oleh hijau kebiruan – paspor yang satu ini cukup mudah untuk membuatnya.

 

Oh iya, apakah lo tahu kalau paspor biasa pun ada dua jenis lagi? Jenis pertama adalah paspor konvensional yang bentukannya masih buku dengan jumlah halaman mulai dari yang 24 halaman atau 48 halaman. Lalu jenis keduanya adalah paspor elektronik.

 

Kemudian, masa berlaku paspor yang satu ini adalah lima tahun dan bisa diperpanjang jika masa berlakunya sudah habis. Kalau lo mau buat paspor ini, sila mendaftar secara online terlebih dahulu – baru datang ke imigrasi untuk menyerahkan berbagai persyaratan seperti e-ktp, kartu keluarga dan akta lahir/izasah/surat nikah.

 

3 Jenis Paspor di Indonesia: Paspor Diplomatik

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro!

Mau Traveling ke Luar Negeri? Ini 3 Jenis Paspor yang ada di Indonesia, Bro! credit: satuharapan.com

Mirip dengan paspor dinas – jenis paspor diplomatik adalah paspor-paspor yang digunakan oleh para diplomat untuk tugas negara di luar negeri sana. Tentu untuk mendapatkan paspor yang satu ini tidak bisa sembarang terkecuali lo jadi diplomat, bro.

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas dengan berbagai jenis paspor yang berlaku dan dikeluarkan di Indonesia? Kalau mau bikin paspor untuk sekedar traveling saja – sila bikin yang biasa saja ya bro!

 

Source – Kumparan Travel

 

Trending Beginner solo traveling solo backpacker

14 COMMENTS

SHARE
makasih info nya
info penting yang sangat bermanfaat
Mantap slur
Oiya yaaaaaa
Nice info
Thanks infonya
Info yg sangat jelas mengenai jenis2 paspor yg ada d indonesia
Nice info
Nice Info.
Thanks for informasinya