Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Jika tertarik mendatangi pantai pada musim hujan, traveler perlu memerhatikan sejumlah hal penting agar kenyamanan dan keselamatan terjaga dengan baik. Apa sajakah itu? Simak penjelasan lengkapnya dalam tulisan di bawah bro!

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Ketika musim hujan tiba, traveler biasanya akan lebih banyak mendatangi tempat liburan indoor daripada outdoor. Meski begitu, ada juga orang-orang yang tetap tertarik mendatangi destinasi wisata alam terbuka pada musim hujan. Contoh tempat wisata yang berpeluang membuatnya pengunjungnya basah akibat hujan adalah pantai.

 

Jika tertarik mendatangi pantai pada musim hujan, traveler perlu memerhatikan sejumlah hal penting agar kenyamanan dan keselamatan terjaga dengan baik. Hal-hal apa sajakah yang harus dicermati traveler saat berkunjung ke pantai kala musim hujan? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Menyiapkan Pakaian Ganti

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan. Photo Credit: brisbanista.com.au 

Bila hendak pergi ke pantai pada musim hujan, wisatawan perlu menyiapkan peralatan liburan sematang mungkin. Hal ini ditujukan supaya momen liburan lo tetap berjalan lancar dan seru sekalipun cuaca buruk datang. Salah satu barang yang wajib dibawa wisatawan saat liburan ke pantai adalah baju ganti.

 

Semua orang sebenarnya perlu menyiapkan barang ini setiap kali hendak menyambangi pantai, baik ketika musim hujan atau kemarau. Pasalnya, baju akan mudah basah akibat terkena air laut ketika lo berjalan menyusuri tepi pantai. Hal ini tentu perlu diantisipasi dengan baik.

 

Oleh sebab itu, masukkan baju ganti ke dalam tas sebelum berangkat. Lo dianjurkan membawa baju lebih banyak bila berencana pergi pada musim hujan. Alasannya karena kemungkinan baju lo terkena basah lebih besar pada musim ini. Siapa tahu lo bakal membutuhkan pakaian ganti lebih banyak karena badan terus diguyur hujan.

 

2. Tidak Mendekati Pantai ketika Air Sedang Pasang Surut

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan. Photo Credit: shumanpodiatry.com 

Tidak ada aturan yang melarang wisatawan untuk berenang di pantai saat musim hujan. Meski demikian, risiko melakukan aktivitas ini tetap ada. Lo sebaiknya berhati-hati serta jeli membaca situasi di sekitar pantai. Intinya, wisatawan tetap perlu mewaspadai segala risiko buruk yang mungkin saja terjadi sewaktu-waktu.

 

Salah satu trik agar keselamatan lo tetap terjaga selama berenang adalah membaca angin laut secara jeli. Kemampuan menganalisa angin laut bisa menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk. Apabila air laut sedang pasang surut, wisatawan baiknya menjauhi daerah pantai sebentar demi alasan keamanan.

 

Waktu terbaik untuk menikmati suasana pantai adalah siang hari. Lo bisa bersantai sembari mengamati keindahan panorama sekitar di bawah payung. Angin pantai yang sejuk tentu akan membuat lo terasa rileks Jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya ke kulit sebelum beraktivitas ya bro!

 

3. Mengutamakan Pantai Pasir Kerikil sebagai Destinasi Liburan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan. Photo Credit: californiabeaches.com

Musim hujan dapat memengaruhi kondisi alam di sekitar pantai. Salah satu contohnya adalah permukaan ombak akan relatif naik lebih tinggi ketimbang pada musim kemarau. Akibatnya, pasir akan terseret kembali ketika ombak menerjang tepi pantai.

 

Situasi ini bakal membuat pengunjung sulit bergerak di area pasir pantai. Pergerakan lo akan melambat sehingga aktivitas liburan jadi sedikit lebih terhambat. Intinya, fleksibilitas terganggu karena wisatawan sulit berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tidak enak sekali, bukan?

 

Untuk itu, lo disarankan mendatangi pantai dengan pasir jenis kerikil pada musim hujan. Hal ini dimaksudkan supaya pergerakan lo di pasir tidak terhambat. Wisatawan pun bisa luwes melaksanakan aktivitas liburan sesuai rencana awal. Harap pertimbangkan faktor ini sebelum berangkat ya bro!

4. Tidak Panik saat Diterjang Ombak Pantai

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan. Photo Credit: earth.com 

Banyak orang mudah panik ketika dirinya terseret ombak pantai. Rasa panik ini biasanya berujung pada tindakan gegabah yang malah membahayakan keselamatan diri. Untuk itu, lo dianjurkan tetap tenang bila mengalami situasi darurat seperti ini.

 

Wisatawan bisa menggunakan dua cara agar selamat dari gulungan ombak. Cara pertama adalah menjauhi area pantai sejenak ketika ombak bakal datang. Langkah preventif ini tentu ampuh meminimalisir risiko wisatawan tenggelam atau terseret ombak.

 

Jika posisi lo masih berada di dalam air laut, segera gunakan cara kedua untuk selamat. Lo sebaiknya menyelam dan berenang dengan tenang. Tunggu waktu yang tepat hingga ombak benar-benar kembali ke tengah laut. Cara ini mengacu pada fakta di mana efek gelombang dalam air tidak terlalu besar ketimbang saat berada di atas permukaan.

 

5. Membawa Jas Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan

Hujan Bukan Halangan, Inilah 5 Tips Berlibur ke Pantai saat Musim Hujan. Photo Credit: nbcnews.com 

Perlengkapan lainnya yang perlu disiapkan saat musim hujan adalah jas hujan. Wisatawan membutuhkan barang ini agar tubuh tidak basah kuyup ketika hujan turun. Lo pun terhindar dari rasa menggigil akibat kedinginan.

 

Sebelum berangkat, pastikan jas hujan yang terbuat dari plastik sudah berada di dalam tas lo. Kehadiran barang ini tentu bakal memudahkan lo untuk beraktivitas selama hujan turun. Jangan lupa untuk membuangnya usai memakainya ya bro!

 

Demikian 5 hal yang perlu diingat wisatawan saat traveling ke pantai kala musim hujan. Semoga informasi ini membantu lo yang ingin menikmati suasana pantai dalam waktu dekat. Menerapkan 5 hal di atas tentu akan menjauhkan wisatawan dari beragam kemungkinan buruk. Selamat berlibur!

Source: tribunnews.com

Feature Image - preturn.com

Tips Beginner pantai solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Musim penghujan sudah datang
syahdu banget main hujan gerimis di pinggir pantai
Nice info
Mantai..hujan seru man
Nice info
sedia mantol sebelum hujan
Harus tetap hati2
Mantappp
Nice info
Hujan membuat hati sejuk