5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

Perlu lo ketahui, sejumlah negara diketahui memberlakukan aturan bahkan larangan terkait kegian swafoto. Seperti apa aturan swafoto yang diterapkan negara-negara tersebut? Lalu, di mana sajakah aturan ini berlaku? Simak tulisan di bawah ya bro!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

Salah satu aktivitas favorit wisatawan ketika pergi liburan adalah berburu foto di sekitar tempat wisata. Hasil foto yang didapat tentu dapat menjadi kenangan indah untuk masa depan. Jika tidak menemukan orang untuk dimintai menjepret gambar, lo cukup menggunakan fitur kamera depan dan mulai berswafoto atau selfie.

 

Perlu lo ketahui, sejumlah negara diketahui memberlakukan aturan bahkan larangan terkait kegian swafoto. Seperti apa aturan swafoto yang diterapkan negara-negara tersebut? Lalu, di mana sajakah aturan ini berlaku? Berikut 5 aturan swafoto dari berbagai belahan dunia. Silakan simak informasi di bawah ya bro!

1. Larangan Foto Berlatar Panorama Laut dan Langit

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek! Photo Credit: shutterstock

Aturan satu ini kabarnya berlaku di daerah Pantai Garaoupe, Perancis Selatan. Setiap pengunjung dilarang menjepret foto dengan latar pemandangan air laut dan langit. Oleh sebab itu, wisatawan pencinta fotografi baiknya mempertimbangkan ulang keputusan ke pantai ini baik-baik agar momen liburan tak terganggu.

 

Tidak boleh ada aktivitas dokumentasi di pantai Garaoupe, termasuk berswafoto dengan latar panorama pantai. Juru bicara pantai ini diketahui pernah memaparkan alasan mengapa larangan selfie diberlakukan. Menurutnya, aturan ini sengaja dibuat agar semua orang menikmati momen liburan di pantai secara utuh tanpa sibuk berfoto ria.

 

Pantai Garaopue cocok dikunjungi traveler yang ingin menikmati waktu libur sendirian. Di sini, lo bisa menjernihkan pikiran sembari melihat pemandangan alam eksotis. Larangan swafoto di sini tentunya akan membuat pikiran lo menjadi tenang karena jauh dari bayang-bayang sosial media.

 

2. Dilarang Selfie di Enam Titik Tempat

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek! Photo Credit: sigmalive.com 

Saat bertandang ke India, wisatawan juga wajib mematuhi aturan swafoto yang berlaku di kota Mumbai. Aturan yang dicanangkan pemerintah setempat ini kabarnya sudah berlaku di enam titik tempat. Contoh dua kawasan wisata terkenal di Mumbai yang menerapkan aturan ini adalah Pantai Girgaum Chowpatty dan Marine Drive.

 

Seorang warga India bernama Deepak Ghandi diketahui pernah menciptakan situs terkait swafoto. Nama situs tersebut adalah SelifeToDieFor. Situs ini sejatinya merupakan bagian dari gerakan guna membangkitkan kesadaran akan pentingnya berswafoto dengan tanggung jawab.

 

Bila hendak mendatangi Mumbai, lo sebaiknya menggali informasi seputar tempat wisata yang ingin dituju. Baca semua aturan yang berlaku di kawasan wisata tersebut. Jika tempat yang akan dituju menerapkan larangan swafoto, patuhi aturan tersebut dengan taat. Oke, bro?

 

3. Larangan Berswafoto dengan Beruang

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek! Photo Credit: wideopenspaces.com 

Apakah lo termasuk tipe wisatawan yang hobi berfoto dengan hewan selama liburan? Jika iya, lo sebaiknya tidak mengunjungi Danau Tahoe di California, Amerika Serikat. Pihak pengelola tempat tersebut menetapkan aturan yang melarang pengunjung untuk berswafoto dengan beruang liar.

 

Sejumlah orang mungkin melihat beruang liar sebagai sosok binatang lucu. Anggapan ini terkadang membuat wisatawan tertarik menjadikan hewan tersebut sebagai objek foto. Meski begitu, kegiatan memotret beruang tetap mengadung risiko berbahaya.

 

Pejabat daerah setempat akhirnya sepakat meresmikan aturan tentang foto di sekitar Danau Tahoe. Setiap pengunjung kini dilarang berswafoto dengan beruang yang menetap di sekitar sana. Aturan ini dibuat guna meminimalisir kemungkinan wisatawan diserang beruang saat berswafoto.

4. Jangan Berswafoto dengan Singa atau Harimau

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek! Photo Credit: catchnews.com

Di Amerika Serikat, ada aturan yang melarang siapapun untuk berfoto dengan dua binatang buas. Dua hewan yang dimaksud tersebut adalah singa dan harimau. Pihak yang bertanggung jawab atas pembuatan aturan ini adalah pemerintah kota New York.

 

Larangan berfoto dengan singa dan harimau tidak muncul tanpa sebab. Aturan ini konon mulai berlaku pasca banyak orang mengunggah foto bersama hewan di aplikasi Tinder. Sejak saat itu, pemerintah setempat melarang siapapun untuk memotret dekat hewan-hewan ini.

 

Penerapan aturan ini nampaknya ditujukan supaya tidak ada binatang yang terganggu dengan aktivitas manusia. Selain larangan swafoto, Pemerintah New York juga melarang wisatawan untuk berada dekat hewan di kebun binatang atau sirkus. Harap ingat aturan ini saat berlibur ke Amerika ya bro!

 

5. Larangan Penggunaan Tongsis di dalam Museum

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek!

5 Aturan ‘Selfie’ dari Berbagai Belahan Dunia, Penyuka Fofografi Wajib Cek! Photo Credit: unsplash.com

Pernahkah lo menyambangi Museum Van Gogh? Museum keren ini terkenal dengan koleksi galerinya yang amat menawan. Lo bisa menemukan museum ini di kota Amsterdam, Belanda. Bila hendak pergi ke sini, wisatawan baiknya mengetahui aturan yang berlaku.

 

Salah satu aturan yang wajib ditaati pengunjung Museum Van Gogh di Amsterdam adalah tidak berswafoto. Tidak ada orang yang diperkenankan mengambil foto dengan tongsis di dalam museum ini. Aturan ini kabarnya berlaku di semua tempat, khususnya ruangan galeri bergengsi.

 

Menurut juru bicara museum, aturan ini dibuat untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Kegiatan berswafoto dianggap menganggu ketenangan orang-orang yang tengah menikmati keindahan lukisan dengan tenang.

 

Demikian 5 aturan selfie dari berbagai belahan dunia yang patut diketahui traveler. Semoga informasi ini membantu lo untuk lebih berhati-hati ketika berwisata keliling dunia. Jangan lupa untuk mematuhi aturan-aturan di atas agar momen liburan lo tak terganggu. Selamat jalan-jalan!

Source: okezone.com

Feature Image - ozonee.pl

Trending Beginner photography solo traveling

4 COMMENTS

SHARE
Berguna banget info nya????
Informasi yang bermanfaat
makasih infonya
Nice info gan