Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer!

Sering traveling naik pesawat - sudah tahu bedanya transit dan transfer belum, bro? Kalau belum, sila simak bahasan kali ini ya!

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer!

 

Menuju liburan akhir tahun, tentu lo semua sudah menyiapkan budget untuk traveling, bukan? Liburan akhir tahun biasanya bisa memakan waktu satu minggu sendiri – tentu ini bisa lo manfaatkan untuk eksplorasi ke surga-surga tersembunyi di Indonesia!

 

Buat bisa sampai ke spot-spot yang masih tersembunyi, tentu karena letaknya yang terpelosok – untuk bisa sampai ke sana, pastinya lo bisa naik pesawat terbang untuk mempercepat waktu. Menggunakan pesawat terbang tentu menjadi bukti sebagai efisiensi waktu.

 

 

Nah, buat menuju spot-spot yang terpelosok, biasanya jika menggunakan pesawat lo akan transit dan mungkin bisa saja transfer pesawat. Eh, istilah apa itu ya di dalam penerbangan? Apa bedanya transit dan transfer pesawat?

 

Penasaran bedanya apa? Tenang bro – sila simak bahasan ini sampai habis ya! Oh iya, kebetulan – salah satu akun media sosial dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia belum lama juga menjelaskan perbedaan dari transit dan transfer pesawat, lho.

***

 

Menelisik Arti Transit Pesawat

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer!

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer! credit: forbes.com

Berdasarkan dari unggahan di media sosial Kementerian Perhubungan yang belum lama ini beredar di dunia maya – transit adalah proses singgahnya penumpang di suatu bandar udara dalam jangka waktu tertentu untuk melanjutkan penerbangan ke bandar udara lainnya.

 

Singgahnya penumpang di bandara udara ini dengan catatan dengan pesawat yang sama ya. Biasanya, para awak kabin akan menjelaskan secara singkat untuk mereka yang mau transit, diharapkan untuk tetap turun dari pesawat dan menunggu persiapan di bandara tersebut.

 

Mengapa mesti turun dulu jika memang akan terbang lagi dengan pesawat yang sama? Hal ini jelas terkait dengan standar operasional prosedur yang dimiliki oleh para awak dan petugas kabin. Para penumpang yang transit mesti turun dulu karena kabin mesti dibersihkan dan dipersiapkan untuk penerbangan selanjutnya.

 

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer!

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer! credit: skyharbour.com

Biasanya – para penumpang yang transit, akan diarahkan untuk menunggu di ruang tunggu yang sudah disediakan oleh maskapai terkait dan tentu bandara udara tersebut. Oh iya, selama menunggu – tidak perlu ke mana-mana ya karena biasanya waktunya singkat.

 

Waktu singkat yang dimaksud biasanya merentang dari 30 menit sampai satu jam. Terkecuali penerbangan lo tersebut mengalami delay karena kendala teknis atau kondisi alam yang tidak memungkinkan untuk melakukan penerbangan.

 

Jika memang delay – tenang, lo tidak usah kecewa atau kesal karena sebenarnya banyak yang bisa lo lakukan selama pesawat atau penerbangan tersebut delay, lho. Kalau tidak percaya, sila simak bahasan yang satu ini ya!

 

Lalu, Bagaimana Dengan Transfer?

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer!

Suka Traveling Naik Pesawat? Berikut Perbedaan Transit dan Transfer! credit: wired.com

Sebenarnya perbedaanya cukup sederhana, kalau transit sebelumnya dijelaskan ada proses menunggu untuk melanjutkan penerbangan lagi dengan pesawat yang sama – transfer adalah proses singgah untuk ke bandara selanjutnya dengan pesawat yang berbeda.

 

Jangka waktunya juga tertentu – dan biasanya tidak jauh berbeda dengan waktu transit. Terkecuali kalau ada delay karena segala alasan ya. Transfer biasanya terjadi karena medan yang akan dituju biasanya tidak fit dengan pesawat komersil biasanya.

 

Misalnya – dari Jakarta ke Papua untuk ke Raja Ampat – lo bisa menggunakan Boeing 737 dari Lion Air atau maskapai lainnya. Begitu sampai di Jayapura, untuk melanjutkan ke Raja Ampat, biasanya ada pesawat lagi yang ukurannya lebih kecil.

 

Jadi jelas ya kalau transfer adalah proses singgah para penumpang di bandara dalam jangka waktu tertentu dengan pesawat yang berbeda. Bro, jangan tertukar lo mesti transit atau transfer ya. Kalau memang transit, jangan malah pindah maskapai atau pindah pesawat lain ya.

 

Kalau memang mesti transfer – sebaliknya, lo jangan menggunakan pesawat yang sama karena bisa jadi pesawat tersebut tidak akan mengantarkan lo ke tujuan utama ya. Walau beda tipis, namun yang jelas transit dan transfer tetap berbeda ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Sudah cukup jelas ya perbedaan dari transit dan transfer? Kalau sudah, hati-hati jangan sampai tertukar ya!

 

Source – Kumparan Travel

Feature Image – gmanetwork.com

Trending Beginner solo traveling solo backpacker

4 COMMENTS

SHARE
Nice info
Informasi yang bermanfaat..thnks penjelasannya
Nice info
good advice gan