8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

Demi mendapat pengalaman traveling berbeda, sejumlah orang diketahui membawa pergi hewan peliharaan mereka dengan mobil pada musim liburan. Hal-hal apa saja yang harus disiapkan  

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

Pada musim liburan, sebagian orang biasanya meninggalkan hewan peliharaan mereka di dalam rumah dalam jangka waktu lama. Meski begitu, ada juga yang membawanya pergi dengan mobil saat hendak menyambangi suatu tempat wisata. Hal ini umumnya dilakukan traveler yang khawatir dengan kondisi hewan peliharaannya saat ditinggalkan.

 

Pengalaman traveling lo tentu akan menjadi lebih berkesan ketika ditemani hewan peliharaan kesayangan. Lalu, hal-hal apa saja yang harus dicermati bila hendak membawa hewan di dalam mobil? Berikut adalah 8 tips mudah naik mobil bareng hewan peliharaan. Silakan simak informasi di bawah ya bro!

 

1. Menyiapkan Area Khusus

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: amazon.com

Road tripping dengan hewan peliharaan membutuhkan persiapan matang. Agar perjalanan tak terganggu, traveler sebaiknya menyediakan tempat khusus untuk hewan di dalam mobil. Salah satu contohnya adalah pet carrier.

 

Jangan lupa untuk memeriksa apakah tempat tersebut benar-benar menunjang kenyamanan hewan peliharaan di mobil. Lo sebaiknya memastikan hewan peliharaan tidak kesulitan berdiri, berbarung duduk, atau berputar di dalam sana. Pokoknya selalu cek kondisi tempat sebelum berangkat ya bro!

 

2. Memasang Alat Keamanan Khusus

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: amazon.com

Lo perlu mengantisipasi segala situasi buruk yang mungkin terjadi di tengah perjalanan. Contohnya seperti gerakan tiba-tiba yang dilakukan hewan peliharaan ke arah pengemudi. Kondisi ini tentu meningkatkan risiko kecelakaan yang berakibat fatal ke seluruh penumpang.

 

Untuk itu, traveler disarankan memasukkan hewan peliharaan ke dalam pet carrier. Aktivitas hewan pun takkan menganggu fokus pengemudi yang tertuju ke jalan. Hewan juga bisa dipasangi harness yang terhubung dengan seat buckle agar tingkahnya tidak merusak konsentrasi pengemudi. Oke bro?

 

3. Mulai Membiasakan Hewan Naik ke Mobil

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: sixt.com

Hewan yang sudah terbiasa dengan suasana mobil tentu takkan sulit diajak bepergian ke tempat jauh. Oleh sebab itu, traveler sebaiknya mulai membawa hewan dengan mobil ke tempat-tempat dekat terlebih dahulu. Tujuannya agar hewan semakin siap ketika menempuh perjalanan jarak jauh dengan mobil.

 

Tambahkan terus jarak perjalanan seiring bertambahnya frekuensi road tripping. Hindari perubahan mendadak dari tempat luas ke tempat sempit dalam waktu lama. Hal tersebut bakal membuat hewan merasa tak nyaman di perjalanan. Sering-sering membawa hewan lo ke dalam mobil ya bro!

4. Tidak Meninggalkan Hewan ketika Mobil Diparkir

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: cpr.org

Sebagian orang acap kali meninggalkan hewan peliharaan mereka di dalam mobil yang diparkir. Kebiasaan ini baiknya dihentikan traveler karena hewan akan mudah merasa gelisah di dalam mobil. Terlebih jika perjalanan lo dilakukan pada waktu siang hari. Mengapa demikian?

 

Suhu di dalam mobil diketahui bakal bertambah ketika cuaca sedang panas maupun normal. Hal ini juga berlaku ketika kaca jendela berada dalam posisi agak terbuka. Nah, suhu panas ini akan melatari lahirnya suasana sumpek hingga akhirnya hewan gelisah. Jadi, jangan sekali-kali meninggalkan hewan lo di dalam mobil ya!

 

5. Traveling Kit

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: yours.co.uk

Selain pet carrier, traveler perlu membutuhkan perlengkapan khusus lainnya saat membawa hewan ke dalam mobil. Bekali perjalanan lo dengan peralatan penting seperti pet leash, kantong plastik, makanan, obat-obatan, mangkuk, dan waste scoop. Alasannya tentu supapa kenyamanan hewan tetap terjaga  dengan baik.

 

Jangan lupa juga untuk menyiapkan mainan dan bantal kesukaan hewan agar aktivitas mereka semakin mudah dikontrol. Sebagai tambahan, bawalah pet first-aid kit untuk berjaga-jaga bila mengalami situasi darurat di jalan. Momen road tripping lo bersama hewan kesayangan pun bakal terasa lebih aman.

 

6. Memerhatikan Pola Makan Hewan

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: motoringresearch.com

Pola makan hewan juga perlu dicermati traveler selama road tripping berlangsung. Janganlah sekali-kali memberi makan hewan saat mobil sedang bergerak karena hal ini akan memicu rasa mual. Pemberian makan sebaiknya dilakukan tiga atau empat jam jelang perjalanan.

 

Perlu diingat, jumlah barang yang lo bawa saat bepergian terbilang banyak karena mencakup perlengkapan pribadi dan barang untuk hewan. Oleh sebab itu, pilihlah mobil dengan area kabin yang luas sehingga segala kebutuhan traveling lo dapat ditampung. Oke, bro?

 

7. Tidak Membuka Jendela

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru

8 Tips Naik Mobil Bareng Hewan Peliharaan, Bikin Perjalanan Jadi Lebih Seru. Photo Credit: aldf.org

Apapun alasannya, lo disarankan tidak membiarkan kepala hewan peliharaan keluar dari jendela. Momen kepala hewan keluar dari jendela mungkin dianggap lucu dan menggemaskan bagi sejumlah orang. Faktanya, hal ini sebenarnya mempernesar risiko kepalanya terluka akibat terkena benda asing.

 

Untuk itu, tutuplah kaca jendela selama perjalanan berlangsung. Traveler baiknya menjaga jarak antara hewan peliharaan dengan jendela untuk meminimalisir kemungkinan kepalanya keluar secara tiba-tiba. Harap berhati-hati ya bro!

 

8. Menyiapkan Air sebelum Berangkat

Sediakan air minum untuk nantinya diberikan ke hewan peliharaan. Usahakan untuk tidak menyiapkan keran yang berasal dari tempat tujuan. Pasalnya, hal tersebut berisiko membuat perut hewan sakit bila belum terbiasa dengan kondisi air di tempat baru.

 

Demikian 8 tips naik mobil bersama hewan peliharaan. Semoga informasi ini berguna buat lo yang tertarik mencoba pengalaman traveling baru dan berbeda. Ingatlah delapan poin di atas agar perjalanan lo tetap berlangsung aman dan nyaman. Selamat bersenang-senang ya bro!

Source: liputan6.com

Feature Image - dogingtonpost.com

Tips Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
muhammad romli
nics info
ditra nugraha
gak punya bintang
Ricko Pratama Putra
Makasih Tipsnya..
Agus Sungkawa
Tips good banget hehehehe
Sandi L
Nice info
Fatmawati
Mantappp
Peni heryawan
Nice info
dephy
Tips bermanfaat untuk yan sering traveling dengan hewan kesayangan
Peni heryawan
Nice info
Kristian Mustafa
Good Info.