Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

Sudah pernah traveling ke Tidore belum bro? Kalau belum, lo mesti ke sana karena banyak sekali destinasi wisata yang mempunyai potensi besar! Tidak percaya, sila simak bahasan di bawah ini ya!

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

 

Indonesia sebagai negara maritim besar di dunia, dianugerahi kekayaan alam serta berbagai keindahan di tiap sudutnya. Dari Sabang sampai Merauke, keindahan alam, budaya, sampai sisi perkotaan modernnya lengkap.

 

Bicara keindahan alam, Indonesia yang dibagi tiga wilayah waktu besar yaitu Barat, Tengah dan Timur semuanya mempunyai potensi yang tinggi terkait hal tersebut. Kali ini, Tim Super Adventure mau mengajak Super Friends untuk main ke Indonesia bagian timur.

 

 

Tepatnya di Provinsi Maluku Utara. Sudah diketahui bersama kalau Indonesia bagian timur adalah surganya destinasi wisata yang eksotis. Dan kali ini – lo akan berjalan-jalan di Kota Tidore. Kota dari Kepulauan Maluku Utara ini mempunyai potensi wisata yang besar lho.

 

Hal tersebut terbukti dari deretan destinasi wisata yang ada di sana. Setidaknya, jika ditelisik lebih dalam, Kota Tidore mempunyai lima destinasi wisata eksotis yang mesti lo datangi jika traveling ke sana. Penasaran di mana saja destinasi wisata tersebut?

 

Tenang bro – biar makin nyaman membaca bahasan ini sampai habis, sekarang lebih baik seduh kopi dulu, siapkan cemilan dan kudapan serta teman lainnya dulu ya. Setelah itu, sila simak bahasan kali ini sampai selesai!

***

 

Wisata Kota Tidore: Desa Adat Gurabunga

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja! credit: pesona.travel

Deretan desa adat memang jadi salah satu pilihan destinasi wisata yang cukup berpotensi berkembang di waktu yang akan datang. Eits, desa adat tidak hanya Desa Adat Ratenggaro, Desa Adat Baduy dan desa adat lainnya di Pulau Jawa saja bro.

 

Seperti desa adat yang ada di Kota Tidore Provinsi Maluku Utara, yaitu Desa Adat Gurabunga. Namanya yang unik sudah mencerminkan potensi keindahan alam yang ada di sana, dan tentu keramahan masyarakat yang tinggal di sana.

 

Desa adat ini mempunyai lokasi yang cukup menantang untuk didatangi, lho. Berlokasi di salah satu pintu masuk pegunungan Tidore, Desa Adat Gurabunga kerap terlihat ramai oleh para traveler yang ingin menyaksikan salah satu upacara adat di sana.

 

Eits, kalau lo juga ingin melihat dengan lebih dekat dan lebih jelas upacara adat di sana seperti apa, boleh saja kok bro, asal jangan mengganggu jalannya upacara adat tersebut, ya. Upacara adat di sana biasanya dilengkapi dengan tari-tarian yang cantik!

 

Wisata Kota Tidore: Puncak Marijan Gunung Tidore

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja! credit: beritagar.id

Buat lo yang suka mendaki gunung, di Kota Tidore juga ada gunung yang bisa lo sambangi. Nama gunungnya adalah Gunung Tidore. Eits, tidak bisa sembarang naik – lo juga mesti menyiapkan segala administrasi yang bisa diurus di Polsek terdekat.

 

Jika persyaratan sudah lengkap – sila mendaki gunung ini. Oh iya, ada dua aturan utama yang mesti lo ingat dan jangan dilakukan. Pertama, saat sampai dipuncaknya – lo tidak boleh buang air. Kedua, untuk perempuan yang ikut, tidak boleh sampai menginap.

 

Dari puncak gunung ini, lo bisa melihat pemandangan indah Pulau Ternate, Pulau Maitara sampai kepulauan Halmahera yang begitu menakjubkan.

 

Wisata Kota Tidore: Benteng Tahula dan Torre

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja! credit: idntimes.com

Setelah puas melihat keindahan alam dari puncak Gunung Tidore – destinasi wisata selanjutnya yang bisa lo sambangi selama di Kota Tidore adalah benteng-benteng tua peninggalan zaman kolonialis. Benteng yang cukup populer di sana adalah Benteng Tahula dan Torre.

 

Kedua benteng ini tentu sudah ditinggalkan empunya. Namun, sejarah serta peninggalannya masih bisa lo nikmati kok. Benteng tua ini cukup menantang diri lo karena anak tangga di sana lumayan banyak! Jadi kalau mau trekking mengelilingi benteng ini, siapkan tenaga ya!

 

Wisata Kota Tidore: Pulau Maitara

Buat lo yang begitu sampai melihat Pulau Maitara, tentu rasanya tidak asing. Yap – pulau ini ada di dalam pecahan uang seribu bro. Pulau Maitara terkenal di kalangan petualang dan traveler karena keindahan alam bawah lautnya.

 

Buat lo yang hobi snorkelling dan diving – di pulau ini setidaknya banyak titik-titik penyelaman yang mesti lo selami nih.

 

Wisata Kota Tidore: Pulau Failonga

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja!

Traveling ke Tidore: 5 Spot Eksotis Ini Tidak Bisa Lo Lewatkan Begitu Saja! credit: tidoretourism.com

Tidak jauh berbeda seperti Pulau Maitara – Pulau Failonga ini juga mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa. Oh iya, kalau lo mau main ke pulau ini, pastikan membawa bekal karena pulau ini tidak berpenghuni ya.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima destinasi wisata di Kota Tidore yang sudah disebutkan di atas – apakah sudah bikin lo makin penasaran ingin traveling ke sana? Langsung saja siapkan waktu kosong buat jalan ke sana bro!

 

Source – Travelingyuk.com

Feature Image – idntimes.com

Wilderness Beginner solo traveling solo backpacker

14 COMMENTS

SHARE
keren banget
Desa Adat Gurabunga
Mantap betul
Spot yang cekep buat foto foto
foto pake drone oke juga tuh
Spot Eksotis
Indonesia Timur mmng keren.
View nya poolllll
Thanks min
liat di desa adat keliatan adem apa lg kondisinya masih alami, mantapp