Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

Siapa bilang sih traveling ke Raja Ampat cuma mimpi? Tidak juga dong bro - lo bisa banget traveling ke sana walau budget minim. Nih, empat tips hematnya biar lo bisa tetap traveling ke sana!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

 

 

Tiket pesawat domestik lebih mahal daripada tiket pesawat perjalanan ke luar negeri!

 

Ini jerit traveler muda yang ingin sekali jalan-jalan tapi minim budget.

 

Kalau lo setuju dengan jeritan di atas, tenang bro – kali ini ada beberapa tips buat traveling dengan budget minim. Tidak tanggung-tanggung, tips kali ini cocok sekali buat lo yang mau ke Raja Ampat! Hei, siapa sih yang tidak ingin ke Raja Ampat?

 

 

Mendapatkan berbagai label sebagai salah satu destinasi terbaik di dunia, Raja Ampat diburu oleh traveler dari belahan dunia manapun. Makanya, kerap sekali terlihat ramai oleh para traveler, baik yang datang dari dalam negeri dan mancanegara.

 

Sayangnya – mereka yang datang masih didominasi oleh yang datang dari mancanegara nih. Mengapa bisa begitu? Seperti jeritan yang ada di atas – terkadang dan hampir setiap waktu sebenarnya – tiket pesawat perjalanan domestik lebih mahal ketimbang perjalanan ke luar negeri!

 

Bahkan, sampai ada yang membandingkan jika lebih murah ke Tokyo, Jepang, daripada ke Raja Ampat. Duh, tapi maunya ke Raja Ampat nih! Apakah ada solusinya? Eits, santai bro – traveling ke Raja Ampat bukan sekedar mimpi saja.

 

Beberapa tips di bawah ini adalah langkah-langkah mudah yang bisa lo lakukan untuk tetap bisa traveling ke Raja Ampat walau minim budget. Bagaimana caranya ya? Tenang – daripada makin penasaran, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

 

Tips Hemat ke Raja Ampat: Penerbangan Langsung!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat! credit: papuaparadise.com

Buat lo yang baru saja melihat-lihat tiket pesawat untuk bisa sampai ke Raja Ampat dan langsung menutup pencarian lo – tenang, tidak usah kecil hati karena harga tiket pesawatnya mahal. Ada cara untuk mengakalinya untuk mendapatkan harga yang lebih murah!

 

Cara pertama untuk mengakali tiket pesawat murah ke Raja Ampat adalah memesannya dari jauh-jauh hari. Misalnya, Desember 2019 nanti lo mau berangkatnya – lo bisa memesan tiketnya 3-6 bulan sebelumnya saja, lho.

 

Namun, jika cara ini kurang berhasil – salah satu cara alternatif lainnya adalah mencari tiket pesawat dengan pilihan rute penerbangan langsung. Jarang lho ada yang mengetahui sebenarnya untuk bisa sampai ke Raja Ampat, ada rute penerbangan langsungnya.

 

Bandara Domine Eduard Osok di Sorong, Papua Barat adalah nama bandara yang bisa lo tuju untuk langsung bisa sampai di sana. Nah, karena bandara ini juga tergolong baru, maka hanya ada penerbangan domestik saja di sana.

 

Beberapa maskapai bahkan sudah menawarkan perjalanan langsung ke sana. Salah satu maskapai di Indonesia bahkan menawarkan harga tiketnya mulai dari Rp 2 jutaan, lho. Harga ini sudah termasuk murah jika belum memasuki high season.

 

Tips Hemat ke Raja Ampat: Pakai Kapal Feri

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat! credit: wanderlustchloe.com

Eits, ini tidak merekomendasikan lo untuk berangkat ke Raja Ampat berlayar dengan kapal feri ya. Yang dimaksud dari tips hemat ke Raja Ampat yang kedua ini adalah penyebrangan terusan dari bandara di sana.

 

Karena tempatnya yang terpencil dan masih tergolong tersembunyi – untuk bisa persis sampai di Raja Ampat, setelah mendarat di bandara lo mesti naik kapal feri. Sebenarnya bisa naik pesawat kecil lagi, bro. Tapi lebih hemat naik kapal feri saja!

 

Sekali penyebrangan kapal feri dengan kelas ekonomi – hanya dipatok [kurang lebih] Rp 100 ribu saja. Jika dibandingkan dengan penyebrangan dengan pesawat kecil – jelas lebih hemat naik kapal feri nih bro. Penyebrangan ini langsung menuju ke Pelabuhan Waisai, Raja Ampat.

 

Tips Hemat ke Raja Ampat: Hostel atau Hotel?

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat! credit: tribunnews.com

Jelas yang lebih hemat adalah hostel bro! Walau fasilitas tidak se-wahid hotel berbintang atau penginapan sejenisnya yang ada di Raja Ampat – buat lo yang minim budget, hostel adalah pilihan terbaik nih.

 

Harga menginap di hostel kawasan Raja Ampat cukup bervariasi. Mulai dari Rp 300 ribu semalam, sampai Rp 700 ribu semalam. Nah, jika lebih teliti dalam pencarian hostel ini – lo bahkan bisa mendapatkan fasilitas makan pagi, siang dan malam nih!

 

Atau – jika tidak kedapatan hostel, homestay adalah salah satu alternatifnya bro. Namun, jika homestay tentu pintar-pintar lo untuk menawar harga serta fasilitas di rumah penduduk tersebut. Biasanya, menginap di homestay bisa mendapatkan bonus bro.

 

Bonus yang dimaksud adalah pengetahuan-pengetahuan soal spot atau destinasi wisata di sana yang masih tersembunyi. Beruntung kalau lo bisa sekalian diantar ke sana bro!

 

Tips Hemat ke Raja Ampat: Jasa Paket Tur!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat!

Cocok Buat Para Backpacker! Ini 4 Tips Traveling Hemat ke Raja Ampat! credit: blessingtonetours.com

Nah, ini yang terkadang menjadi dilema nih. Jasa paket tur adalah salah satu tips hemat buat ke Raja Ampat nih. Banyak sekali promo atau penawaran untuk ke Raja Ampat dengan harga yang miring. Namun, perlu lo ketahui kalau ikut paket tur, tentu akan ada batasan spot-spot yang bisa didatangi.

 

 

Pembatasan tersebut tentu terkait dengan harga yang lo bayarkan. Sebenarnya – bisa sama saja ketika lo tidak menggunakan paket tur nih. Mungkin, kurang lebih hanya beda tipis. Tapi – jika lo tidak mau ribet, paket tur adalah solusi hemat selanjutnya!

 

Wah bagaimana nih bro? kalau sudah tahu tips hemat ke Raja Ampat seperti ini – langsung saja siapkan waktu luang untuk membuktikan berbagai tips di atas ya!

 

Source – CNN Indonesia

Feature Image – thejakartapost.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
wah nice info gan
dephy
CARA IRIT DAN TEPAT
Agus Sungkawa
Tips hemat yang bermanpaat
Asep Hilman Purnama
Backpacker!
agung
tq info ya
Yuniarto ( Tato )
Raja Ampat yg indah
Firgiawan
Pengen ke raja ampat ????????????
Yudha Pratama
Wah keren banget