4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

Ternyata di dunia terdapat beberapa spot surfing yang memiliki ombak sangat besar, penasaran? Simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

Ternyata surfer atau sebutan bagi para pemain papan seluncur juga memiliki beberapa spot bermainnya dengan ukuran ombak yang cukup besar loh, apalagi untuk para pemain profesionalnya. Nah, di dunia ini terdapat beberapa pilihan tempat dengan kondisi ombak besarnya dan sangat terkenal loh. Tentunya bagi kalangan surfer itu sendiri.

 

Ombak besar memang menjadi mimpi atau idaman bagi para pemain papan seluncur, karena adrenalin beserta dengan kemampuan lo akan sangat tertantang. Tak heran apabila jenis olahraga ini termasuk ekstrem, karena memang bukan hanya sekedar peralatan yang mahal saja, keberanian untuk menaklukan segala rintangan juga menjadi faktor penting lainnya.

 

 

Beberapa pilihan spot bermain surf di bawah ini bukanlah main-main, karena benar-benar memiliki ukuran sangat besar dan hanya segelintir orang saja yang berani untuk mencoba tantangannya. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan spot-spotnya, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini.

 

Spot Bermain Surfing yang Terkenal akan Ombak Besarnya di Dunia – Mavericks

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya! Credit: en.wikipedia.org

 

Mavericks merupakan sebutan untuk ombak yang terdapat di kawasan Half Moon Bay, California Utara, Amerika Serikat. Sebelum berbicara mengenai ombaknya itu sendiri, lo harus tahu kalau Half Moon Bay merupakan kota dengan beragam pemandangan alam indah, lo bisa melihat tebing-tebing tinggi beserta dengan pemandangan lautnya.

 

 Namun ketika lo sudah masuk ke dalam kawasan perairannya, seakan-akan semua keindahan itu bisa berubah. Karena lo akan berhadapan dengan angin yang sangat kencang, udara sangat dingin hingga kedalamannya yang sangat ekstrem. Konon katanya juga terdapat hiu dengan ukuran sebesar bis sekolah.

 

Balik ke tahun 1994, seorang surfer asal Hawaii Mark Foo pun mencoba untuk merasakan tantangan di tempat ini. Tebalnya ombak hingga tingginya yang bisa mencapai satu ukuran rumah serta rasa takut akan dikejar oleh hiu menjadikan Mavericks sebagai salah satu spot surfing paling ekstrem yang ada di dunia.

 

Spot Bermain Surfing yang Terkenal akan Ombak Besarnya di Dunia – Waimea Bay

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya! Credit: magicseaweed.com/

 

Spot berikutnya masih berasal dari Amerika Serikat namun letaknya tepat berada di Kepulauan Hawaii. Tentu bukan sebuah pertanyaan besar apabila berbicara mengenai keindahan alam yang ada di kepulauan tersebut, karena lo bisa melihat bentangan alam luas beserta dengan pegunungan indah.

 

Waimea Bay sendiri berada di kawasan Oahu dan memang terkenal sebagai tempat bermain surfing dengan kondisi ombaknya yang sangat besar. Bahkan rintangan atau ombak besarnya tersebut juga cukup dikenal di dunia loh. Percaya atau tidak, ketika ombaknya sudah mengumpul bisa menghasilkan tinggi hingga 60 kaki.

 

Bahkan Waimea sendiri sudah banyak menelan korban, antara lainnya Dickie Cross pada tahun 1943 dan Donnie Solomon 1999. Tak heran apabila Waimea Bay sendiri merupakan salah satu tempat atau spot bermain surfing paling menakutkan yang ada di dunia. Pro Surfer asal Hawaii Dennis Pang pernah memberikan sebuah pernyataan yang berbunyi: “At Pipeline, it’s white when you’re underwater, dand at Sunset it’s gray. Waimea is black.”

 

Spot Bermain Surfing yang Terkenal akan Ombak Besarnya di Dunia – Nazare

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya! Credit: surfholidays.com

 

Portugal ternyata juga memilki pilihan tempat untuk bermain surfing dengan kondisi ombaknya yang sangat besar, yaitu Nazare. Nazare sendiri merupakn desa kecil, ombaknya pun terkenal dengan sebutan Praia do Norte, di mana lo bisa melihat sebuah gulungan air dengan ketinggian sangat ekstrem.

 

Bahkan sebenarnya tempat ini memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi, tak heran apabila hanya orang-orang tertentu saja yang berani untuk mencoba ombaknya. Pada tahun 2013, surfer professional Maya Gabeira hampir kehilangan nyawanya.

 

Selain menjadi taman bermain, ternyata Nazare juga sering menjadi spot di mana para fotografer ingin mendapatkan momen indah di sana. Mulai dari bagaimana ombaknya terbentuk hingga aksi dari para peselancar yang terkadang mampu menjadi sebuah gambar istimewa loh.

 

Spot Bermain Surfing yang Terkenal akan Ombak Besarnya di Dunia – Teahupoo

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya!

4 Pilihan Spot Surfing di Dunia yang Memang Terkenal dengan Ukuran Ombak Besarnya! Credit: surfholidays.com

 

Ternyata Tahiti juga memiliki salah satu spot dengan ombak sangat besar dan juga terkenal bagi kalangan surfer loh. Teahupoo sendiri terletak di kawasan selatan dari Tahiti. Bahkan ombak di kawasan ini pun sulit untuk ditaklukan, walaupaun oleh pemain profesional sekalipun.

 

Keunikan dari ombak yang ada di Teahupoo sendiri merupakan dari gulungan ombaknya yang berbeda dengan lainnya. Karena terdapat sebuah gulungan kecil di atas ombaknya beserta dengan sangat beratnya untuk bisa menembus ombak di kawasan ini.

 

Karena kondisi ombak di Teahupoo yang sangat ekstrem, maka tempat ini mendapatkan julukan sebagai “The Heaviest Wave in the World”, tak heran apabila banyak bagi para penggila surfing ingin sekali untuk mencoba bagaimana rasanya mengendarai ombak di sana. Teahupoo juga sudah memakan korban yaitu surfer lokal bernama Brice Taerea, ia kehilangan nyawanya karena mencoba untuk “duck-dive” ke dalam ombak setinggi 12 kaki.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan pilihan spot bermain surfing dengan ombak terbesar di dunia? Memang kawasan-kawasan tersebut cukup berbahaya sehingga memang diperuntukan bagi para pemain profesional, kalau masih baru-baru belajar, sangat tidak disarankan untuk mendatanginya.

 

Bermain surf itu sendiri memang membutuhkan keberanian tinggi serta dengan kemampuan teknis, sehingga ini sebenarnya bukan permainan yang bisa lo anggap sepele loh. Karena nyawa bisa menjadi taruhannya, namun ketika sudah berada di atas ombak, rasanya lautan hanya menjadi milik lo pribadi.

 

Semangat selalu dan teruslah eksplorasi segala informasi di dalam dunia ini. Keluarlah dari zona nyaman lo agar bisa melihat dunia jauh lebih luas, karena planet ini menyimpan banyak sekali misteri dan juga spot-spot unik lainnya. Selamat berpetualang!

 

Source: adventuresportsnetwork.com/

 

 

 

Featured Image: moneyinc.com

 

 

 

 

 

 

Extreme Action Beginner Surfing

12 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
wah keren ya gan
Agus Sungkawa
mantap..olah raga yang memacu adrenalin
ditra nugraha
menantang banget
Asep Hilman Purnama
Ukuran Ombak Besar
Sandi L
Nice info
Fatmawati
Mantapnya
Ardiansyah Z
Omaaaaakkkk ...cakeeep
Laudu
Wah luar biasa
SURIANTO
Indahnya sangat menantang
Firgiawan
Sangat menantang