Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Duh jangan sampai jebol nih kantong gara-gara kuliner saja! Buat lo yang suka jebol kantong karena kulineran, berikut tips nya supaya tidak terulang lagi bro kejadiannya!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

 

Siapa sih yang tidak ingin mencoba berbagai kuliner khas destinasi wisata yang sedang lo datangi. Pastinya lo ingin dong mencicipi berbagai cita rasa yang khas yang ada di sana. Terkadang, rasanya benar-benar melekat di indera perasa lo bro!

 

Seperti Tim Super Adventure yang beberapa waktu lalu sempat ke Pemalang, Jawa Tengah – dalam rangka Monster Road, sehari sebelum acara dimulai, tim mencari salah satu kuliner legenda yang ada di sana, yaitu Nasi Grombyang.

 

 

Pada saat itu, suapan pertama benar-benar melekat di indera perasa dan hati. Rasanya yang luar biasa, kalau ada kesempatan lagi ke Pemalang, rasanya Tim Super Adventure pasti akan kembali ke kuliner tersebut.

 

Nah, buat lo yang suka juga traveling – sudah pernah mencoba kuliner apa dan di mana bro? Kalau ada pengalaman seru seperti Tim Super Adventure, boleh lho dibagikan di kolom komentar di bawah nanti ya!

***

 

Wisata kuliner memang menggiurkan bro. Tapi, ada yang mesti lo ingat dalam wisata kuliner nih. Benar bro! Kantong jangan sampai bolong karena keasyikan mencoba makanan sana-sini tanpa memerhatikan budget yang ada.

 

Daripada kehabisan ongkos saat traveling karena icip-icip makanan sana-sini, nih ada beberapa tips yang mesti lo perhatikan bro. Di bahasan kali ini, setidaknya ada tujuh tips bermanfaat saat wisata kuliner agar dompet tidak menipis mendadak!

 

Cari Referensi Spot Kuliner

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong! credit: economictimes.indiatimes.com

Sebelum bereksplorasi di destinasi wisata untuk mendapatkan kuliner yang lo mau, lo bisa lho mencari referensi kuliner terlebih dahulu. Biasanya referensi ini ada di internet. Nah kalau tidak yakin dengan apa yang lo dapat di internet, bisa banget buat langsung saja ke superadventure.co.id ya!

 

Mendapatkan referensi kuliner di destinasi wisata terkait bisa meminimalisir lo menghabiskan uang di sana karena lebih terfokus dan mengarah. Namun – memang sih, kalau kebetulan ketemu yang enak lagi sayang untuk dilewatkan.

 

Tapi yang jelas – walau begitu setidaknya saat mendapatkan referensi kuliner terkait, lo sudah mengetahui harganya dan bisa mempersiapkan uang untuk harga-harga kuliner yang akan lo tuju.

 

Jangan Sembarang Masuk!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong! credit: independent.co.uk

Bro, perlu diingat nih – walau lo sudah mengetahui referensi kuliner yang akan lo tuju, tapi lo juga jangan sembarang masuk ke berbagai kuliner yang ada di sana. Jika sepertinya lebih mirip restoran yang mahal, sila berpikir dua kali untuk mencoba makanan di sana.

 

Tapi kalau kaki lima, warung pinggir jalan dan sejenisnya – wah biasanya justru lo akan mendapatkan cita rasa yang tidak dikira-kira dari tempat-tempat seperti itu bro. Jika tidak percaya, sila buktikan sendiri deh.

 

Seperti Tim Super Adventure waktu menemukan dan mencoba nasi grombyang, bentukannya hanya warung makan sederhana bro – tapi kalau soal cita rasa, nasi grombyang sepertinya boleh nih bersaing dengan kuliner dunia lainnya!

 

Jangan Malu Untuk Tanya Harga!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong! credit: upserve.com

Nah – ini nih yang terkadang membuat kantong lo jebol saat sedang wisata kuliner. Walau makanan atau minumannya benar-benar menggiurkan, tidak lantas lo tidak mengetahui harga dari makanan dan minuman terkait ya.

 

Jangan malu untuk menanyakan terlebih dahulu harganya berapa. Hal ini tentu menghindari lo dari kejadian getok harga. Kalau harga sudah digetok – wah ini nih yang terkadang suka bikin kantong lo bolong.

 

Menuju Tempat Kuliner yang Ramai

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong! credit: idntimes.com

Ini terkadang jadi acuan walau tidak jaminan seratus persen enak – namun tempat kuliner yang ramai tentu menandakan makanan dan minuman di sana laris! Oleh karena itu, untuk pemula, lo bisa nih menuju tempat kuliner yang ramai.

 

Tapi ingat – walaupun ramai, seperti tips di ata sebelumnya, jangan lupa untuk menanyakan harga ya. Selain menghindari getok harga – lo juga bisa memperkirakan bisa makan atau minum apalagi setelah mencoba menu sebelumnya.

 

Pilih Tempat yang Bersih!

Nah – ini terkait dengan tubuh lo sih bro. Jangan karena dibilang ramai dan enak atau murah, lo jadi tidak memperhatikan sekeliling tempat kuliner tersebut. Kalau kotor, sebaiknya pikir dua kali untuk makan di sana.

 

Oleh karena itu, kalau bisa pilih tempat kuliner seperti warung makan atau pedagang kaki lima yang bersih. Tentu hal ini akan mempengaruhi penilaian lo terhadap rasa makanannya kalau tempatnya saja sudah nyaman, nih!

 

Pilih Menu Kuliner Khas!

Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong!

Nasi Grombyang di Pemalang. Ini 7 Tips Bermanfaat Wisata Kuliner Tanpa Takut Kantong Bolong! credit: Tim Super Adventure

Wisata kuliner yang seru adalah mencoba dan mencicipi berbagai kuliner khas tiap daerah yang lo kunjungi, bro. Misalnya lo ke Papua dan Raja Ampat, ya di sana jangan hanya makan bakso atau mie ayam saja bro.

 

Sila coba papeda, sup ikan kuning – dan kuliner khas lainnya. Justru, dengan mencoba kuliner khasnya – lo juga bisa menilai betapa kayanya destinasi wisata yang sedang lo kunjungi tersebut.

 

Ada Voucher dan Diskon? Gunakan!

Bro, kalau memang ada voucher dan diskon di tempat kuliner tersebut – bisa nih lo gunakan. Tentu hal ini terkait dengan budget yang sudah lo siapkan untuk wisata kuliner. Kalau memang ada diskon, kenapa tidak nih bro?

 

 

Wah bagaimana nih? Sudah cukup jelas bahasan di atas terkait tips-tips wisata kuliner anti kantong jebol? Kalau iya, boleh dong langsung berencana untuk berwisata kuliner? Oh iya, jangan lupa bagikan pengalaman wisata kuliner lo dengan Tim Super Adventure ya!

 

Bisa cerita di kolom komentar saja – atau langsung kirimkan artikel lo ke superadventure.co.id ya!

 

Source – traveltodayindonesia.com

Feature Image – liputan6.com

Tips Beginner solo traveling solo backpacker

14 COMMENTS

SHARE
Ricko Pratama Putra
Makasih Tipsnya
Yumna Aditya Prakoso
nice tips gan
Olivia Florendra
Tipsnya mantep banget nih
Agus Sungkawa
Tips anti jebol isi dompet..hehee
Asep Hilman Purnama
Bermanfaat
agung
tq info ya
dephy
kuliner saat traveling ga harus mahal
ditra nugraha
tips oke nih
SRI YAYA ASTUTI
ga perlu takut kantong kering saat traveling
Arip Munandar
ya yaa yaa