6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

Ada banyak piihan ukuran ransel yang bisa dipilih pendaki sesuai kebutuhan. Ransel gunung umumnya memiliki tanda liter. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pendaki ketika memilih ukuran ransel? Cek jawabannya di bawah ya bro!

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

Sebelum mendaki gunung, lo hendaknya membekali diri dengan persiapan matang agar terhindar dari kemungkinan buruk. Salah satu barang yang wajib dibawa pendaki adalah ransel. Perlu diingat, ransel yang dipakai untuk mendaki gunung tentu berbeda dengan ransel lainnya.

 

Pilihlah ransel yang benar-benar sesuai dengan karakteristik pendakian. Ada banyak piihan ukuran ransel yang bisa dipilih pendaki sesuai kebutuhan. Ransel gunung umumnya memiliki tanda liter. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan pendaki ketika memilih ukuran ransel? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan dicek ya bro!

 

1. Mengetahui Jumlah dan Jenis Barang yang Dibawa

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: digitaltrends.com

Pendaki hendaknya mengetahui jumlah barang yang akan dibawa karena hal ini juga menentukan ukuran ransel. Semakin banyak peralatan yang dibawa, maka semakin besar ukuran ransel yang lo perlukan. Pokoknya pastikan ruang dalam tas lo cukup membawa seluruh perlengkapan.

 

Pemilik Toko Patagonia Outdoor Fandhi Achmad berpendapat bahwa pendaki saat ini bisa menerapkan teknik ultra light hiking yang tak memerlukan barang banyak. Teknik ini memfokuskan pendakian dengan perbekalan seminimal mungkin. Meski begitu, pemakai teknik ini tetap tak boleh menghilangkan fungsi penting peralatan dan perbekalan tersebut.

 

Pemilihan ransel juga dapat dipengaruhi jenis barang bawaan. Traveler perlu menyesuaikan barang bawaan dengan karakteristik gunung yang bakal didaki. Sebagai contoh, pendaki yang hendak menaiki gunung bersuhu rendah wajib membawa kantung tidur yang tipis. Oleh sebab itu, lo sebaiknya mengetahui karakteristik gunung sebelum membeli tas ya bro!

 

2. Memastikan Kehadiran Porter

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: firsthiker.com

Sebagian pendaki terkadang menggunakan jasa porter atau pengangkut barang agar tidak terlalu lelah saat melakukan perjalanan. Porter kini sudah bisa lo temukan di banyak gunung di Indonesia. Jika berniat memakai jasa porter, lo sebaiknya menjadikan hal ini sebagai pertimbangan dalam membeli ransel.

 

Kehadiran porter tentu dapat memengaruhi ukuran ransel pendaki. Lo sebaiknya tak membawa ransel berukuran besar jika berencana memakai jasa porter di gunung. Cukup bawa peralatan dan barang yang benar-benar dianggap penting saja agar proses pendakian berjalan lancar. Oke, bro?

 

Contoh barang perlu dibawa pendaki pengguna jasa porter adalah baju ganti dalam jumlah cukup serta peralatan pribadi lain. Jika tak berencana menggunakan porter, maka lo perlu menyiapkan ransel berukuran besar. Alasannya tak lain karena jumlah barang yang dibawa lebih banyak.

3. Menggali Informasi Seputar Durasi Pendakian

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: peakkit.com

Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan pendaki saat membeli ransel adalah lama waktu pendakian. Cari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menaklukkan gunung pilihan lo. Pasalnya, situasi pendakian selama 1-2 hari tentu tak sama dengan perjalanan selama 6 hari.

 

Brand Ambassador Eiger, Noerhuda, mengatakan ransel berukuran 45 liter cocok untuk pendakian selama tiga hari. Ia juga berpendapat bahwa ransel di atas 75 liter biasanya digunakan pendaki yang menempuh perjalanan lebih dari 6 hari. Sementara itu, traveler yang melakukan pendakian kurang dari tiga hari bisa memakai ransel 20-45 liter.

 

Pastikan karakteristik ransel lo sesuai dengan lama waktu pendakian. Jangan sampai lo membawa tas berukuran 20 atau 28 liter untuk pendakian panjang selama 6 hari. Hal ini tentu akan menganggu kenyamanan lo selama mendaki. Oke, bro? Harap bijak ketika memilih ransel ya!

 

4. Paham Kondisi dan Situasi Gunung yang Akan Didaki

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: inspirationfeed.com

Sebelum berangkat, setiap pendaki wajib mencari tahu karakteristik gunung yang bakal didaki. Selain untuk alasan keamanan, informasi ini juga bakal membantu lo ketika memilih ransel. Situasi yang dihadapi pendaki ketika naik gunung bersalju dan gunung tropis tentu tidak sama.

 

Fandhi mengatakan pendaki yang hendak menaiki gunung bersalju biasanya membawa barang berukuran besar namun relatif tak berat. Sementara itu, pendaki gunung tropis umumnya membutuhkan logistik pendakian dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, cari tahu dan kenali baik-baik gunung yang bakal didaki ya bro!

 

5. Mempertimbangkan Kehadiran Rekan Perjalanan

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: gripped.com

Rekan pendakian juga patut dijadikan bahan pertimbangan dalam menentukan ukuran ransel. Pendakian gunung umumnya dilakukan secara berkelompok. Dengan demikian, logistik pendakian bisa didistribusikan secara merata ke seluruh anggota.

 

Menurut Fandhi, ukuran ransel yang ideal bagi pendaki adalah 60 liter. Lo bisa menggunakan ransel ukuran ini untuk perjalanan pendek selama 2-3 hari atau perjalanan panjang selama 6 hari. Meski begitu, lo tetap perlu mendistribusikan barang secara merata dengan rekan perjalanan jika pendakian memakan waktu lama. Oke, bro?

6. Menyesuaikan Bobot Badan dengan Ukuran Ransel

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung

6 Tips Menetapkan Ukuran Ransel untuk Pendakian Gunung. Photo Credit: travel.jumia.com

Apakah lo tahu bahwa bobot badan pendaki juga bisa menjadi acuan dalam memilih ukuran ransel? Pendaki sebaiknya mencari ransel yang mampu menahan berat maksimal kurang lebih sepertiga berat badan.

 

Fandhi beranggapan bahwa berat barang bawaan baiknya setara dengan sepertiga bobot badan. Hal ini ditujukan agar punggung pendaki terhindar dari risiko cidera selama perjalanan. Jadi, harap pertimbangkan bobot badan ketika memilih tas ya bro!

 

Demikian 6 tips memilih ukuran ransel untuk dibawa ke gunung. Semoga informasi ini membantu lo yang masih kebingungan menentukan ukuran ransel. Ingatlah 6 poin di atas agar perjalanan lo berlangsung aman dan nyaman ya bro! Tetap berhati-hati selama mendaki ya bro!

 

Source: kompas.com

Feature Image - picjumbo.com

Tips Beginner hiking solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
6 tips memilih ransel yg bermanfaat..thnks infonya
AMBO SOLLE
Mantap infonya
Firgiawan
Info yang sangat bermanfaat
Fatmawati
Nice info
Mochamad Iqbal Zakaria
Penting banget nih info buat yg suka hiking
Muhammad arifudin
Yang besar