5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

Kenikmatan kopi asal Indonesia sudah menyita perhatian dunia internasional. Banyak masyarakat luar negeri sudah terbuai dengan rasa kopi nusantara yang sungguh nikmat. Kopi Indonesia manakah yang digemari masyarakat luar negeri? Cek jawabannya di bawah bro!

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

Indonesia dikaruniai dengan kekayaan alam yang melimpah. Hal ini dapat dibuktikan dari banyaknya jenis tanaman yang tumbuh di berbagai pelosok nusantara, misalnya seperti kopi. Dilansir dari suara.com, Indonesia kabarnya menempati urutan ke-5 sebagai negara penghasil biji kopi dengan kualitas terbaik sedunia, lho!

 

Keunikan rasa kopi asal Indonesia sudah menyita perhatian dunia internasional. Masyarakat luar negeri sudah terbuai dengan rasanya yang sungguh nikmat. Tak heran, beberapa jenis nusantara sering diekspor ke beberapa negara seperti Jepang, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa.

 

Apa saja kopi asli Indonesia yang digemari masyarakat luar negeri? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan simak tulisan di bawah ya bro!

 

1. Kopi Gayo

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri. Photo Credit: foodizz.id

Nama kopi ini tentu sudah tak lagi asing di teling masyarakat Indonesia. Sesuai namanya, kopi ini ditemukan di dataran tinggi Gayo di Aceh. Banyak orang terpincut dengan rasa dan aromanya yang begitu berkarakter.

 

Kopi Gayo mulai dikenal masyarakat untuk pertama kalinya pada tahun 1908. Aromanya yang begitu khas kerap kali membuatnya mudah dicintai penikmat kopi. Minuman ini kabarnya pernah menerima penghargaaan untuk kategori kopi terbaik di dunia. Keren sekali, bukan?

 

Kepopuleran Kopi Gayo membuat harganya terbilang mahal. Kopi ini juga memiliki banyak penggemar di luar negeri. Tak heran, kopi ini sering diekspor ke wilayah Uni Eropa dan Amerika Serikat. Rugi deh kalau belum pernah mencicipi keunikan rasanya!

 

2. Kopi Kintamani

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri. Photo Credit: kintamani.id

Bali juga memiliki kopi yang cukup digemari banyak orang di luar negeri, lho. Namanya adalah Kopi Kintamani. Rasanya tak kalah unik dan menarik dengan kopi-kopi lainnya, bro. Pencinta kopi tentu wajib mencobanya minimal sekali!

 

Kopi Kintamani kabarnya masuk dalam kategori kopi organik. Proses pengolahan kopi ini melibatkan sistem organik berupa pengairan tradisional. Daerah penanaman kopi ini biasanya terletak di dataran tinggi dengan suasana sejuk.

 

Keistimewaan Kopi Kintamani terletak pada rasanya yeng lembut serta teksturnya yang halus. Selain populer di Bali, kopi ini juga cukup disukai sejumlah negara asing. Contoh negara yang sering mengimpor Kopi Kintamani adalah Jepang.

3. Kopi Toraja

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri. Photo Credit: misteraladin.com

Kopi satu ini juga termasuk populer di kalangan masyarakat Indonesia. Keunikan rasa Kopi Toraja bahkan menggema hingga ke luar negeri, lho. Para pencinta kopi nampak tergila-gila dengan rasanya yang kuat dan berkarakter.

 

Ada cerita menarik seputar Kopi Toraja. Menurut pendapat sejumlah orang, rasa pahit pada kopi ini lambat laun bakal menghilang saat diseruput secara perlahan. Hal ini tak jarang membuat orang-orang meminumnya secara pelan-pelan. Apakah lo merasakan perbedaannya?

 

Kopi Toraja kabarnya cukup sering diekspor ke sejumlah negara. Negara-negara yang menjadi konsumen kopi ini di antaranya adalah Amerika Serikat dan Jepang. Masyarakat asli sana kabarnya jatuh hati dengan rasa yang ditawarkan kopi ini.

 

4. Kopi Luwak

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri. Photo Credit: nowjakarta.co.id

Banyak dari lo tentu sudah mengenal kopi satu ini, bukan? Kopi Luwak menawarkan rasa yang tak kalah nikmat dengan kopi-kopi lain. Tak heran, kopi satu ini dijual dengan harga cukup fantastis di pasaran. Pencinta kopi tentu tak boleh melewatkan mencicipinya minimal sekali seumur hidup deh.

 

Terdapat beberapa alasan mengapa Kopi Luwak dijual dengan harga mahal. Salah satu penyebabnya adalah proses pembuatannya yang tak biasa. Kopi ini diketahui harus melalui proses fermentasi unik yang terjadi di dalam tubuh hewan luwak. Jadi, harap dimaklumi jika harganya lebih dari kopi-kopi lainnya ya bro!

 

5. Kopi Wamena

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri

5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Digemari Masyarakat Luar Negeri. Photo Credit: salampapua.com

Banyak orang meyakini Kopi Wamena sebagai salah satu kopi organik terbaik yang pernah ada. Kenikmatan kopi ini bukan terjadi tanpa sebab. Salah satu faktor yang menunjang keunggulan rasa Kopi Wamena adalah daratan Papua yang begitu subur.

Tanah Wamena dikenal memiliki kontur tanah yang terbilang subur. Hal inilah yang membuat tanaman kopi yang tumbuh di sekitarnya terasa berbeda. Rasa unik Kopi Wamena dijamin membuat lo terpincut deh!

 

Keistimewaan kopi ini juga terletak pada aromanya yang harum. Belum lagi dengan after taste-nya yang luar biasa unik karena menghadirkan rasa manis. Penikmat Kopi Wamena tidak hanya berasal dari dalam luar negeri, melainkan juga luar negeri.

 

Cita rasa Kopi Wamena sudah mendunia, bro. Kopi ini kabarnya sudah sering diekspor ke beberapa negara maju, misalnya seperti Amerika Serikat, Jepang, Singapura, dan Australia. Keren sekali, bukan? Oleh sebab itu, pengalaman meminum kopi ini layak untuk dijajal traveler ketika berlibur.

 

Demikian 5 jenis kopi Indonesia yang digemari masyarakat luar negeri. Kenikmatan rasa kopi-kopi di atas telah diakui dunia internasional. Kelima kopi ini tentu layak dijajal traveler yang hobi jalan-jalan pada masa liburan. Sempatkan waktu mencicip minuman-minuman di atas ya bro!

Source: suara.com

Feature Image - verywellmind.com

Trending Beginner foodventure

6 COMMENTS

SHARE
AMBO SOLLE
Kopi MAMASA ngak masuk ya?
Sandi L
Nice info
Agus Sungkawa
Beragam jenia citarasa kopi indonesia
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
Kopi Toraja is the best.
Yuniarto ( Tato )
kopi kopi asli