Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Solo traveling membawa banyak manfaat positif kepada wisatawan. Lo bisa mendatangi tempat manapun yang disuka tanpa harus mengikuti rencana orang. Pergi liburan sendirian juga mengajarkan banyak hal penting kepada wisatawan terutama tentang kemandirian. Mengapa banyak orang tergila-gila dengan solo traveling? Cek jawabannya di bawah bro!

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Jika sulit menentukan jadwal liburan bersama teman, tak ada salahnya lo mencoba solo traveling. Pergi liburan sendirian membawa banyak keuntungan kepada traveler. Lo bisa membuat itinerary sesuka hati serta mengunjungi tempat yang disuka secara bebas tanpa banyak pertimbangan.

 

Selain itu, solo traveling juga bakal membentuk karakter pelancong menjadi lebih berani, tangguh, dan mandiri. Lo bakal ditempa menjadi pribadi yang kuat serta cepat dalam menentukan keputusan. Apa saja hal-hal yang membuat solo traveling terasa menyenangkan?

 

Berikut adalah 5 alasan mengapa orang tergila-gila dengan solo traveling. Silakan simak informasi di bawah ya bro!

 

1. Menambah Kepercayaan Diri

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya.. Photo Credit: evertravel.org

Ada banyak masalah yang akan dihadapi traveler ketika bepergian seorang diri. Selain itu, lo juga bakal belajar mandiri karena dituntut mengambil keputusan serta menanggung akibatnya sendiri. Situasi-situasi seperti inilah yang bakal membuat lo menjadi lebih kuat, berani, dan percaya diri. Mantap, bukan?

 

Tantangan besar menanti traveler yang bertualang sendirian. Dilansir dari trekeffect.com, tantangan yang muncul kala solo traveling bakal mengubah karakter lo menjadi lebih bijaksana dan kuat. Lo juga bisa mengasah sejumlah keterampilan penting saat traveling sendirian, misalnya seperti pengambilan keputusan dan manajemen waktu.

 

Usai melakukan solo traveling, pelancong bakal lebih siap menghadapi masalah yang datang silih berganti. Lo bisa menangani masalah dengan penuh percaya diri serta pikiran segar. Intinya, solo traveling berkaitan erat dengan pembentukan karakter manusia dalam kehidupan sehari-hari.

 

2. Menemukan Apa yang Benar-benar Berarti dalam Hidup

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya.. Photo Credit: lonelyplanet.com

Kehidupan sehari-hari tak lepas dari perkara seputar uang, pekerjaan, dan drama orang lain. Ada kalanya pikiran terjebak dengan masalah yang terlihat besar, padahal substansi dan potensi belajarnya sangat sedikit. Nah, solo traveling akan mengalihkan pikiran lo seejenak dari hal-hal tersebut.

 

Lo bakal terbebas dari ‘jeratan’ hari, waktu, atau hal-hal yang berkaitan dengan rencana orang lain. Pokoknya, pelancong bakal melupakan ekspektasi dan aspirasi yang menjauhkan lo dari kehidupan deh. Dilansir dari lifehack.org, solo traveling akan mengajarkan lo untuk menikmati kesenangan sederhana seperti menyantap makanan eksotis atau melihat senyuman tulus dari warga setempat. Luar biasa deh!

 

Solo traveling juga akan membuat lo menjadi lebih rileks. Pikiran pelancong bakal bebas mengawang ke tempat selanjutnya. Lo pun bisa menemukan arti kesenangan yang sesungguhnya dalam hidup. Menyenangkan sekali, bukan? Jangan tunda solo traveling deh bro!

3. Menggenggam Kebebasan

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya.. Photo Credit: stayexecutiveinn.com

Bersumber dari medium.com, siapapun tidak senang hidupnya dibatasi. Tidak ada manusia yang ingin hidupnya diatur secara utuh, sekalipun itu perintah dari bos, pasangan, atau orang tua. Itulah alasan mengapa banyak orang tertarik menjajal solo traveling yang identik dengan kebebasan.  

 

Pelancong bisa mengenggam kebebasan ketika bepergian seorang diri. Lo dapat mengunjungi bar yang disuka atau bersantai seharian di kamar tanpa gangguan. Jika bosan berdiam diri, datangilah tempat wisata yang lo suka agar suasana hati berubah lebih baik. Intinya, buat semuanya menjadi simpel.

 

Solo traveler hendaknya menggunakan kebebasan yang ada semaksimal mungkin. Kejarlah semua destinasi impian lo demi mendapat pengalaman liburan yang berkesan. Jangan sampai lo menyesal di lain waktu karena tidak mengeksplor tempat wisata lebih jauh. Oke, bro?

 

4. Terbukanya Kesempatan untuk Menemukan Kembali Jati Diri

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya.. Photo Credit: thepopple.com

Tidak ada orang tahu atau peduli dengan label yang melekat pada diri solo traveler. Lo bisa menjadi apapun ketika pergi sendirian, mulai dari petani, penyelam, penyuka fotografi, atau pencandu adrenalin. Pokoknya, pilihlah identitas yang dirasa menarik buat lo selama liburan deh.

 

Saat menjajal solo traveling, lo berkesempatan melihat banyak hal mengejutkan yang mungkin tidak pernah dijumpai sebelumya. Pelancong yang pergi sendirian punya kebebasan untuk tumbuh serta menemukan kembali jati diri. Menariknya, perjalanan spiritual ini tidak akan mendapat gangguan dari masa lalu atau orang yang lo kenal.

 

Pelancong benar-benar akan belajar memahami dan mengenal diri tanpa intervensi. Momen solo traveling tentu bisa lo manfaatkan untuk berkontemplasi sekaligus merenungi tujuan hidup. Menyenangkan, bukan? Jangan ragu mencobanya deh!

 

5. Bertemu Bermacam-macam Orang

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya..

Mengapa Orang Tergila-gila dengan Solo Traveling? Berikut 5 Alasannya.. Photo Credit: contiki.com

Ada banyak pengalaman menarik yang bisa didapat traveler saat pergi sendiran, salah satunya adalah berjumpa banyak orang. Lo bisa mendatangi sisi lain dunia dan menemukan orang dengan kebiasaan sama. Pengalaman ini tentunya tak dapat dideskripsikan kata-kata!

 

Hal tersebut bakal menyadarkan traveler bahwa semua manusia terikat satu sama lain. Semua orang suka bepergian, sama-sama berusaha keluar dari zona nyaman, serta berharap punya petualangan seumur hidup. Jadi, bukan tidak mungkin lo bakal berjumpa orang dengan minat, cita-cita, atau hasrat yang sama.

 

Solo traveling juga bakal membawa lo ke tempat yang dipenuhi orang-orang berbeda. Intinya, travel tidak bersifat diskriminatif dan memandang semua orang sama. Jangan ragu untuk jajal solo traveling deh bro!

 

Demikian 5 alasan mengapa banyak orang tergila-gila dengan solo traveling. Semoga tulisan di atas membuka perspektif baru dalam pikiran lo terhadap solo traveling. Pergi liburan sendirian memudahkan traveler untuk mengeksplor banyak hal baru, mulai dari destinasi wisata hingga budaya. Lo bakal belajar mengambil keputusan secara mandiri dan menanggung segala konsekuensinya sendiri. Selamat berlibur ya  bro!

Feature Image - joshymomo.org

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

21 COMMENTS

SHARE
Asep Hilman Purnama
Haappy nice holiday
Agus Sungkawa
Solo Traveling itu lebih santuy mau ke manana jga hahhhaaa
Hari Tristiyanto
nuce info
Yumna Aditya Prakoso
bener kali gan
SRI YAYA ASTUTI
boleh lah sekali-kali solo travling
Resatya Oktafitullah SAV
Namanya juga hobby
Laudu
Nice info
Asep Hilman Purnama
Mengapa Orang Tergila-gila
agung
tq imfo ya
Arip Munandar
so starting holiday now soon