Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation layak dijajal millennials yang ingin menghemat waktu dan biaya pada masa liburan akhir tahun. Pasalnya, konsep liburan ini sangat cocok dengan anak muda yang memiliki jadwal kesibukan padat. Di samping itu, apa alasan lain yang membuat staycation patut dicoba anak muda? Cek jawabannya di bawah ya bro! 

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Keseruan liburan tak hanya dirasakan traveler saat berada di luar kota atau negeri. Lo juga bisa puas menikmati momen liburan di dalam kota bersama sahabat atau keluarga tercinta. Sehubungan dengan itu, tahukah lo bahwa ada istilah khusus yang berkaitan dengan konsep liburan di dalam kota? Ya, nama istilah tersebut adalah staycation!

 

Dilansir dari kompas.com, istilah staycation berasal dari dua kata dalam bahasa Inggris, yakni stay (tetap) dan vacation (liburan). Ada juga pihak menjuluki konsep liburan ini dengan sebutan holistay yang merupakan singkatan dari kata holiday dan stay. Masyarakat mulai menggunakan kata staycation sejak tahun 2003, ketika Amerika Serikat mengalami krisis keuangan.

 

Wisatawan dapat mengerjakan banyak aktivitas seru kala staycation. Contohnya seperti mendatangi museum, mengunjungi pantai yang ada di sekitar kota, mengelilingi kota dengan bersepeda, menyambangi festival, atau sekadar piknik di taman. Mantap sekali, bukan?

 

Staycation juga layak dijajal millennials yang ingin menghemat waktu dan biaya pada masa liburan. Mendekati akhir tahun, lo tentu bisa menjajal staycation untuk bersenang-senang bersama orang-orang terkasih. Benarkah staycation pas dilakukan pada masa liburan akhir tahun? Apa saja keuntungan yang ditawarkan? Berikut adalah 6 alasan mengapa staycation cocok dicoba anak muda di akhir tahun

 

1. Mudah Mengatur Rencana Liburan

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: greenvacationdeals.com

Traveling membutuhkan persiapan matang, terlebih jika hal ini dilakukan secara berkelompok. Lo harus mengatur waktu pertemuan dengan rekan traveling dan menyusun rencana secara rinci. Hal yang dibicarakan tentu banyak, mulai dari anggaran hingga destinasi wisata.

 

Merencanakan waktu pertemuan juga bukan perkara mudah. Pasalnya, setiap orang memiliki jadwal kesibukan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, staycation bisa jadi jalan alternatif buat lo yang ingin menikmati liburan secara praktis tanpa repot.

 

Dilansir dari liputan6.com, staycation sangat direkomendasikan bagi millennials yang sibuk bekerja di kantor. Lo bisa mengatur rencana dalam keadaan santai karena semuanya serba fleksibel. Momen liburan pun dapat terlaksana dengan baik dan lancar. Jadi, jangan ragu mencobanya deh bro!

 

2. Meminimalisir Risiko Stres dan Tekanan Mental di Tengah Perjalanan

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: englhof.at

Perjalanan ke luar kota atau negeri cenderung menghabiskan waktu lama. Tak jarang, beberapa orang merasa lelah karena terlalu lama menunggu di bandara atau berkendara terlalu jauh. Jetlag pun tak jarang menghampiri traveler yang bepergian ke luar negeri.

 

Risiko buruk lainnya yang menanti traveler saat menempuh perjalanan panjang adalah stres dan tekanan mental. Bila tidak ingin mengalami hal-hal tersebut, lo dianjurkan mencoba staycation. Dilansir dari finansialku.com, konsep staycation memungkinkan pelancong untuk menikmati liburan tanpa gangguan stres dan tekanan lain.

3. Hemat Ongkos

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: mensjournal.com

Bisa dibilang, inilah keuntungan terbesar yang didapat traveler ketika memilih staycation. Hasil laporan dari sebuah survei mengatakan uang telah menjadi sumber stres utama ketika travel. Pelancong mudah dikuasai stres kala bepergian terutama jika gaji tidak mencukupi atau tagihan belum lunas.

 

Staycation memberi kesempatan bagi traveler untuk berhemat. Ada banyak kegiatan staycation yang tidak menghabiskan biaya, misalnya seperti membaca novel, menamatkan serial televisi kesukaan, atau mendatangi taman sekitar kota. Intinya, liburan tidak melulu soal pergi jauh-jauh bro!

 

4. Mengenal Lebih Jauh Budaya dan Daerah Pariwisata Lokal

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: everysteph.com

Staycation identik dengan kegiatan berlibur yang dilakukan di sekitar kota. Traveler pun bisa mengenal lebih jauh potensi budaya atau pariwisata di daerahnya sendiri. Aktivitas liburan lo tentu turut memengaruhi kemajuan ekonomi lokal. Mantap ‘kan?

 

Lo bisa memahami budaya lokal secara lebih baik dibandingkan sebelumnya. Saat membeli souvenir yang dijajakan pedagang lokal, lo telah membantu meningkatkan wisata dalam negeri sendiri bro. Menarik, bukan?

 

5. Menikmati Masa Liburan Tanpa Internet

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: travellifestylemagazine.com

Siapa bilang bahwa liburan tanpa internet hanya bisa dilakukan ketika lo pergi ke tempat terpencil saja? Lo juga bisa mengasingkan diri dari internet saat menikmati masa staycation di kota sendiri. Enak sekali, bukan?

 

Staycation bisa menjadi jawaban terbaik buat lo yang merasa tak nyaman ketika menonaktifkan internet di tempat baru. Oleh sebab itu, jangan lupa mempertimbangkan staycation bila hendak berlibur di akhir tahun nanti ya bro! Silakan dicoba.

 

6. Perjalanan Lebih Dekat

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..

Staycation Pas Dicoba Millennials di Akhir Tahun, Inilah 6 Alasannya..  Photo Credit: justraveling.com

Pergi ke tempat-tempat dekat merupakan manifestasi sesungguhnya dari staycation. Lo tidak perlu membeli tiket atau bangun pagi buta agar tidak ketinggalan kereta atau pesawat. Pasalnya, lokasi tempat tujuan relatif dekat dan karakteristiknya sudah dikenal dengan baik. Lo tentu bisa mengajak teman-teman dekat untuk pergi liburan.

 

Demikian enam alasan mengapa millennials perlu mencoba staycation di akhir tahun. Semoga informasi di atas bermanfaat buat lo yang belum terlalu mengenal staycation. Keenam hal di atas tentu bisa jadi pertimbangan menarik bagi pelancong yang ingin liburan praktis tanpa gangguan. Selamat mencoba staycation ya bro!

Feature Image - smartertravel.com

In Depth Beginner solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Akan saya coba!
Stayaction...boleh di coba
recomended bgt
niice info gan
boleh ni diaplikasikan
trick traveling
Nice info
Nice info
Akan saya coba!
tq imfo ya