Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Kepulauan Togean kabarnya menjadi satu-satunya daerah di Indonesia dengan empat area terumbu karang, yakni penghalang, terumbu tepi, atol, dan tompok. Tak heran, kepulauan ini sering dikunjungi pencinta diving. Apa lagi kegiatan seru yang wajib dicoba wisatawan di Kepulauan Togean selain diving? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Sudah bukan rahasia lagi jika wilayah Indonesia Timur menyimpan surga wisata alam yang eksotis. Salah satu buktinya bisa lo lihat sendiri di Taman Nasional Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Indahnya alam bawah laut kepulauan ini telah mencuri perhatian penyuka snorkeling dan diving dari dalam maupun luar negeri.

 

Kepulauan Togean kabarnya menjadi satu-satunya daerah di Indonesia dengan empat area terumbu karang, yakni penghalang, terumbu tepi, atol, dan tompok. Apa saja kegiatan seru yang wajib dicoba wisatawan di Kepulauan Togean? Benarkah hanya diving saja? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

 

 

1. Menaiki Gunung Colo di Pulau Una-una

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro! Photo Credit: indonesiakaya.com

Salah satu daerah yang bisa dikunjungi traveler di Kepulauan Togean adalah Pulau Una-Una. Pulau ini direkomendasikan buat lo yang hobi trekking selama liburan. Pasalnya, wisatawan dapat menemukan gunung berapi dengan ketinggian 2.509 meter di sini. Nama gunung tersebut adalah Gunung Colo.

 

Gunung ini menyajikan panorama alam yang menakjubkan. Saat mendekati area puncak, pendaki bakal melihat sungai yang mengalir di antara tebing dan pepohonan rindang. Air sungai tersebut kabarnya mengandung lava panas yang bersumber dari Gunung Colo. Jadi, harap berhati-hati ya bro!

 

Rata-rata waktu yang dihabiskan pendaki untuk sampai ke puncak Gunung Colo adalah 2 jam. Jika belum begitu mengenal daerah gunung ini, lo sebaiknya menggunakan jasa tour guide lokal. Pemandu nantinya memudahkan perjalanan traveler sekaligus memberi penjelasan seputar Kepulauan Togean.

 

Lo sebaiknya mengambil rute berbeda saat pulang dari Gunung Colo. Akhiri perjalanan wisata lo dengan snorkeling. Pulau Una-una sendiri telah lama dikenal sebagai destinasi wisata diving terbaik di Kepulauan Togean. Pemandangan alam bawah laut pulau ini dijamin akan menyegarkan pandangan lo seketika.

2. Berenang di Air Terjun Tanimpo

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro! Photo Credit: instagram.com/fustaliapawallangi

Ada destinasi menarik yang bisa ditemui wisatawan saat berangkat menuju Togean dari Bandara Jalaluddin, yakni Pulau Wakai. Lo dapat mengunjungi pulau ini dengan kapal feri, bro. Desa Wakai diketahui menyimpan spot wisata cantik bernama Air Terjun Tanimpo.

 

Masyarakat Desa Wakai dikenal ramah kepada wisatawan. Oleh sebab itu, lo tak perlu sungkan bertanya kepada mereka mengenai arah menuju Air Terjun Tanimpo. Keunikan air terjun ini terletak pada jumlah susunannya yang terbagi atas tujuh tingkatan. Dasar kolamnya konon menyimpan beragam jenis batu akik.

 

Wisatawan dapat mencoba beragam kegiatan di Air Terjun Tanimpi, salah satunya adalah berendam atau berenang di sekitar kolam. Orang-orang biasanya berendam di air terjun ini sebelum mengunjungi daerah lainnya di Taman Nasional Kepulauan Togean.

 

3. Menyelam Bersama Ubur-ubur di Danau Mariona

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro! Photo Credit: balitourismboard.or.id

Berenang bersama ratusan ubur-ubur tak menyengat tentu akan menjadi pengalaman tak terlupakan selama berlibur di Togean. Untuk mencoba aktivitas ini, traveler bisa mendatangi Danau Mariona di Pulau Karina. Momen unik ini tentunya tak boleh dilewatkan para pencinta snorkeling atau diving.

 

Waktu terbaik untuk berenang bersama ubur-ubur di Danu Mariona adalah pagi atau sore hari. Hal ini disesuaikan dengan sifat ubur-ubur yang cukup sensitif terhadap paparan sinar matahari. Jumlah ubur-ubur yang muncul ke permukaan terbilang sedikit pada waktu siang hari.

 

Tempat wisata lainnya yang dihuni ubur-ubur tak menyengat adalah Misool, Danau Kakaban, dan Pulau Derawan. Lo dianjurkan tidak menggunakan lotion sebelum menyelam agar air tidak menjadi tercemar. Meski tak menyengat, ubur-ubur di Danau Mariona sebaiknya tidak disentuh oleh para traveler. Biarkan mereka beraktivitas secara bebas tanpa gangguan dari manusia. Oke, bro?

4. Snorkeling di Pulau Taipi

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro! Photo Credit:flickr.com/ Davide Fancellu

Apakah lo tertarik merasakan sensasi snorkeling layaknya berenang di lautan sendiri? Jika iya, maka lo wajib memasukkan Pulau Taipi dalam daftar tempat yang dituju selama liburan di Togean. Lokasi pulau ini kabarnya berjarak kurang lebih sekitar 4 kilometer dari Pulau Kadidiri.

 

Keindahan alam bawah laut Pulau Taipi paling pas dinikmati kala siang hari. Lo tak perlu mengkhawatirkan soal pengunjung pulau ini karena jumlahnya terbilang sedikit. Dengan demikian, pelancong dapat menjernihhkan pikiran dengan nyaman ketika melihat terumbu karang dan biota laut pulau ini. Oke, bro?

 

5. Menjelajahi Keindahan Pulau Malenge dan Pulau Papan dengan Berjalan Kaki

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro!

Berlibur ke Kepulauan Togean? Jangan Ragu Coba 5 Aktivitas Seru Ini Bro! Photo Credit: 

Wisatawan disarankan tak lupa melintasi jembatan ikonik yang menghubungkan Pulau Papan dan Pulau Malenge. Jembatan ini menawarkan pemandangan elok sehingga pas kerap dijadikan spot foto oleh wisatawan. Panjangnya sendiri dikatakan mencapai 1.800 meter. Wuidih!

 

Pulau Malenge menyuguhkan banyak hal menarik yang dicari wisatawan, salah satunya adalah area pinggir pantai yang jernih dan alami. Lo juga bisa berinteraksi dengan penduduk suku Bajo yang telah mendiami pulau ini sejak lama. Mereka kabarnya memiliki kemampuan khusus untuk menahan napas dalam kurun waktu lama. Keren ya?

 

Luangkan juga waktu lo untuk menjelajahi indahnya Pulau Papan. Di sini, traveler bisa menemukan daerah bernama Puncak Batu Karang yang sungguh menawan. Pulau ini juga menyajikan sisi lain dari Togean yang begitu memikat mata. Sempatkan waktu ke sini ya bro!

 

Demikian 5 aktivitas seru yang patut dicoba traveler di Kepulauan Togean. Semoga informasi di atas berguna khususnya buat lo yang hendak menyambangi pulau ini untuk kali pertama. Mencoba lima aktivitas ini tentu akan membuat momen liburan lo jadi terasa lebih hidup. Silakan mencobanya ya bro!

 

Source: tripzilla.id

Feature Image - instagram.com/faridahmad23

Extreme Action Beginner hiking diving sulawesi

7 COMMENTS

SHARE
mantap mamen
Berenang di taninpo..bikin fresh fikiran nih..
tq info ya
menyelam ubur-ubur cukup menantang
Pulau malenge dan pulau papan memang indah pemandangan alam nya
Siappppp
Mantep banget sumpah