Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek!

Bangga nih bro! Ada jembatan lengkung LRT terpanjang di dunia di Jakarta dan sekitarnya! Kalau sudah beroperasi penuh - jangan lupa coba naik LRT buat keliling kota bro!

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek!

 

Berpetualang tidak selalu mesti di alam bebas bro. Percaya atau tidak – bahkan ada hal-hal yang unik dan mengejutkan di dalam kota. Seperti Kota Jakarta dan sekitarnya, yang dihubungkan oleh hal yang unik dan mengejutkan siapapun.

 

Berkeliling kota dengan berganti-ganti transportasi adalah kegiatan yang cukup mengasyikan lho. Seperti Kota Jakarta yang terus berbenah soal transportasi – sedikit demi sedikit, pembenahan ini mengikis stigma macet pada ibu kota yang sebentar lagi pindah tersebut.

 

 

Sebelumnya sudah Transjakarta yang terintegrasi dengan moda transportasi publik lainnya seperti angkutan umum atau mini bus lainnya. Keberadaan Transjakarta benar-benar menolong masyarakat setempat untuk sampai ke tempat tujuan dengan tepat waktu lho.

 

Kemudian, belum lama – Kota Jakarta juga sudah mempunyai moda transportasi baru yang sempat membuat geger banyak kalangan. Betul bro, sekarang Kota Jakarta sudah mempunyai MRT [Mass Rapid Transportation] yang juga memudahkan banyak warga Jakarta.

 

Bahkan, tidak hanya menjadi sarana transportasi saja, lho – MRT, di stasiun atau di dalam keretanya, dilengkapi dengan berbagai sudut-sudut yang fotogenik. Jadi, buat lo yang belum punya unggahan soal MRT, ayo dicoba bro!

 

Untuk merasakan pengalaman penuh menaiki MRT, lo bisa mulai dari Terminal Lebak Bulus, dengan mengakhiri perjalanan di Bundaran HI saja. Oh iya, MRT tidak hanya di Jakarta saja lho. Fase selanjutnya MRT akan melewati berbagai kota di sekitaran Jakarta seperti Tangerang.

 

Terlepas dari MRT – ada moda transportasi baru yang kurang lebih sebentar lagi sudah bisa beroperasi. Bentuk keretanya yang mirip dengan MRT, LRT sebentar lagi akan hadir di Kota Jakarta dengan rute atau jalur melewati kota-kota sekitarannya.

 

Eh bro, sudah tahu belum LRT itu kepanjangannya apa? LRT adalah Light Rail Transit. Nah, ada yang menarik lho dari LRT ini. Usut punya usut – di kawasan Kuningan di Jakarta, terdapat jembatan lengkung untuk LRT yang ternyata menyimpan berbagai fakta menarik dan mengejutkan.

 

Nah jadi penasaran kan, sebenarnya ada fakta menarik dan mengejutkan apa di balik jembatan lengkung LRT Jabodebek ini ya? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan ini kali ini sampai habis ya!

***

 

Jembatan Lengkung LRT: Terpanjang di Dunia!

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek!

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek! credit: goodnewsfromindonesia.id

Fakta pertama dibalik jembatan lengkung LRT Jabodebek adalah jembatan lengkung paling panjang di dunia, lho! Hal ini terkait dengan data yang menyatakan kalau panjang jembatan ini adalah 148 meter dengan radius lengkung 115 meter.

 

Dengan struktur serta bentuknya yang menakjubkan – tidak heran kalau jembatan lengkung LRT ini juga berhasil meraih dua rekor MURI. Dua rekor MURI tersebut adalah jembatan kereta box beton lengkung dengan bentang terpanjang, serta jembatan dengan beban terbesar di Indonesia.

 

Wah tidak heran kalau sepanjang jembatan ini nanti, saat berada di dalam LRT – pasti banyak sudut-sudut fotogenik yang bisa lo ambil. Bagaimana tidak, dengan sepanjang tersebut dan lengkungan yang indah, tentu jadi bagian yang paling ditunggu oleh mereka yang naik LRT.

 

Jembatan Lengkung LRT: Tidak Mengganggu Transportasi Lainnya

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek!

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek! credit: lrtjabodebek.com

Melintasi berbagai daerah di Jakarta dan sekitarnya – namun jembatan lengkung LRT ini yang pasti tidak akan mengganggu transportasi lainnya, lho. Berada di kawasan Kuningan, tepatnya di jalan Gatot Subroto sampai jalan HR. Rasuna Said – pokoknya tidak mengganggu yang lain bro.

 

Hal ini terkait dengan tingginya jembatan tersebut. Bayangkan saja bro, jembatan lengkung LRT ini berada di atas flyover tol dalam kota yang ada di Simpang Kuningan. Kemudian, ditambah juga ada flyover serta underpass penghubung Mampang dan Kuningan.

 

Jadi kebayangkan kenapa sebelumnya dijelaskan lo bisa menangkap berbagai momen atau sudut-sudut fotogenik saat naik LRT di dalamnya dan melintasi jembatan lengkung tersebut. Tinggi sekali bro!

 

Jembatan Lengkung LRT: Racikan Insinyur Perempuan!

Percaya atau tidak – jembatan lengkung LRT yang megah dan hebat ini ternyata hasil racikan dari seorang insinyur yang merupakan seorang perempuan. Arvilla Delitriana, jebolan ITB yang akhirnya bisa menyelesaikan racikannya soal jembatan ini.

 

Oh iya, selain jembatan lengkung LRT ini, Arvilla ternyata adalah orang yang sama dengan karya seperti jembatan Kali Kuto Semarang, di kawasan Ruas Batang. Kemudian, ada Jembatan Layang Pedamaran dan Jembatan Perawang di Riau.

 

Lalu ada juga jembatan Kereta Api Cirebon-Kriya yang juga dirancang oleh Arvilla. Wah benar-benar hebat nih bro!

 

Jembatan Lengkung LRT: Tidak Dipatenkan

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek!

Ada yang Membanggakan! Ini 4 Fakta Mengejutkan Jembatan LRT Jabodebek! credit: travelingyuk.com

Nah ini yang sulit untuk dipercaya – dengan desain begitu megah dan sudah mendapatkan label serta rekor positif, namun sang insinyur tidak mematenkan desain jembatannya sehingga bisa membagikan ilmu pembuatan jembatan ini secara gratis.

 

Ia mengaku ia tidak perlu khawatir untuk ditiru. Padahal Arvilla sudah diminta langsung oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk mematenkan desain jembatan tersebut.

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari fakta-fakta menarik di atas, makin bangga dengan jembatan lengkung LRT tersebut. Kalau sudah beroperasi dengan penuh, jangan lupa untuk coba keliling pakai LRT ya!

 

Source – travelingyuk.com

Feature Image – travelingyuk.com

Urban Places Beginner solo traveling solo backpacker

17 COMMENTS

SHARE
dephy
karya asli anak bangsa
Agus Sungkawa
Bagga banget.Indonesia Maju
agung
tq info ya
Kristian Mustafa
MRT,LRT Good Transportation.
Asep Hilman Purnama
Ada yang Membanggakan!
Arip Munandar
warrbiasahh pemirsah
Masni
Salut dengan keindahan Indonesia
AMBO SOLLE
Keren bro,,
Amanda Widyanti I
semoga berkah
Asep Hilman Purnama
Demikian