5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

Banyak milenial terobsesi dengan jalan-jalan kuliner. Sayangnya, beberapa dari mereka masih sering melakukan kesalahan saat berwisata kuliner. Apa sajakah itu? Temukan jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

Traveling memang terasa lebih seru jika dibarengi dengan wisata kuliner. Saat ini, banyak generasi muda tergila-gila dengan food tourism. Hal tersebut merujuk pada laporan yang dikutip majalah Forbes tahun 2016, di mana 98 persen milenial beranggapan bahwa berwisata kuliner kala traveling merupakan hal penting.

 

Ketertarikan milenial terhadap wisata kuliner juga nampak dari data yang dilampirkan UN World Tourism Organization (UNWTO). Berdasarkan survei yang dilakukan UNWTO, sebanyak 87 persen pelancong muda menjadikan wisata kuliner sebagai pertimbangan dalam jadwal perjalanan mereka. Menarik sekali, bukan?

 

Oleh sebab itu, jangan heran bila sekarang ini lo menjumpai banyak milenial terobsesi dengan jalan-jalan kuliner. Media sosial dan blog pun kerap kali menjadi wadah bercerita bagi mereka yang baru saja menjajal kuliner baru. Sayangnya, banyak traveler masih sering melakukan kesalahan saat berwisata kuliner.

 

Kesalahan apakah yang sering diperbuat traveler ketika menjajal wisata kuliner? Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah 5 kesalahan traveler saat berwisata kuliner beserta cara mengatasinya. Silakan disimak bro!

 

1. Makan Terlalu Berlebihan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner. Photo Credit: thetravelerszone.com 

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan traveler saat berwisata kuliner adalah makan berlebihan. Banyak orang mengonsumsi makanan dalam porsi besar hingga akhirnya kekenyangan. Kuliner lainnya pun tak sempat dicoba karena perut sudah terisi penuh lebih cepat.

 

Oleh sebab itu, lo sebaiknya menyantap beragam jenis kuliner dalam porsi sedikit. Jangan terlalu fokus pada satu kulinernya saja, apalagi mengonsumsinya secara berlebihan. Cobalah menu lainnya agar pengalaman wisata kuliner lo terasa berwarna.

 

Dilansir dri situs Healthline, konsumsi makanan terlalu banyak dalam satu kesempatan berakibat buruk bagi tubuh. Lo bisa saja mengalami berbagai gangguan pencernaan, seperti nyeri perut, mual, diare, kembung, dan konstipasi. Gangguan-gangguan ini tentunya bakal menghambat perjalanan wisata kuliner lo. Jadi, jangan lupa perhatikan porsi makan ya bro!

 

2. Tidak Mengamati Jenis Makanan yang Dikonsumsi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner. Photo Credit: emeraldwaterways.co.uk

Seperti yang sudah lo ketahui, kuliner tradisional umumnya terbuat dari bahan-bahan khas. Hal tersebut membuat cita rasa makanan tiap daerah berbeda-beda. Bila hendak mengonsumsi kuliner daerah, lo dianjurkan tak lupa membatasi asupan makan.

 

Perhatikan segala jenis makanan yang hendak lo konsumsi, terutama yang memiliki rasa asam, pedas, atau mengandung santan. Makanan jenis ini sangat mudah memancing produksi asam lambung, lho. Jika tidak berhati-hati terhadap tipe makanan ini, perut lo bakal menjadi tidak nyaman sehingga momen liburan terganggu seketika.

 

3. Tidak Mengecek Kebersihan Tempat Makan

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner. Photo Credit: davidsbeenhere.com

Siapapun tentu tidak ingin momen wisata kulinernya terganggu akibat gangguan pencernaan. Salah satu cara untuk meminimalisir risiko tersebut adalah dengan memerhatikan kebersihan tempat makan. Sebelum memesan makan, traveler hendaknya mengecek kondisi tempat makan terlebih dahulu.

 

Jauhi tempat makan yang terlihat kotor karena hal ini bakal memperbesar kemungkinan lo terkena sakit saat liburan. Utamakan kebersihan setiap mencari tempat makan. Apabila memungkinkan, lo baiknya mengecek juga kebersihan alat masak atau makanan yang disediaka penjual.

 

Pengecekan ini tentunya akan menjauhkan lo dari risiko terkena gangguan cerna. Dengan begitu, momen liburan lo dapat berjalan sesuai rencana tanpa terkena gangguan. Harap berhati-hati saat mencari tempat makan ya bro!

 

4. Lupa Menyiapkan Obat-obatan Pribadi

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner. Photo Credit: betterhealth.vic.gov.au

Tidak ada pelancong yang bisa memprediksi kapan dirinya bakal jatuh sakit. Lo sebaiknya menyiapkan obat-obatan pribadi dalam barang bawaan untuk berjaga-jaga bila situasi darurat terjadi. Lengkapnya persediaan obat-obatan tentunya akan menjauhkan wisatawan dari berbagai kemungkinan buruk.

 

Salah satu obat yang perlu dibawa traveler ketika pergi wisata kuliner adalah obat maag. Obat ini wajib disiapkan pelancong, terutama bagi mereka yang menempuh perjalanan panjang. Pilihlah obat maag yang terbukti manjur dan mudah dibawa saat bepergian.

 

Lo tentu bakal membutuhkannya ketika perut terasa nyeri akibat terkena maag. Jika lupa membawa obat, perjalanan wisata lo akan bersifat spekulatif karena menyimpan risiko tinggi. Jadi harap persiapkan obat-obatan pribadi sebelum berangkat ya bro!

 

5. Makan Terlalu Cepat

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner

5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler saat Wisata Kuliner. Photo Credit: travelpulse.com

Ada kalanya, wisatawan menyantap makanan terlalu cepat lantaran rasanya benar-benar nikmat di lidah. Makan dalam keadaan terburu-buru ternyata berdampak buruk terhadap tubuh, lho. Situs WebMD mengatakan kebiasaan ini dapat memancing terjadinya kenaikan asam lambung.

 

Tubuh akan menjadi rawan terkena maag, Gastroesophageal reflux disesase (GERD), dan tukak lambung. Seram sekali bukan? Untuk itu, lo dianjurkan mengunyah makanan dengan pelan saja agar sistem pencernaan tidak bekerja melewati batas. Nikmati cita rasa makanan yang dipilih dengan perlahan agar momen liburan lo terasa menyenangkan. Oke, bro?

 

Demikian 5 kesalahan yang sering dilakukan traveler kala wisata kuliner. Semoga informasi ini bermanfaat buat lo yang hobi jalan-jalan sembari makan. Jangan lupa untuk mengingat 5 hal di atas setiap hendak mencoba makanan baru ya bro! Selamat jalan-jalan!

 

Source: tribunnews.com

Feature Image -  thetravelerszone.com

Trending Beginner foodventure solo traveling

11 COMMENTS

SHARE
J Apriansyah
Thank min infony bermanfaat bgt nih
SRI YAYA ASTUTI
Traveler harus lebih selektif
Yumna Aditya Prakoso
iya bener gan
Agus Sungkawa
Informasi yang sangat bermanfaat
ditra nugraha
perutnya harus kebal makanan baru
Laudu
perlu banget nih info
Fatmawati
Iya jg sih. .nice info
Kristian Mustafa
Good Info.
Yuniarto ( Tato )
Wow bermanfaat
Masni
Thanks info min