Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Bukan hanya ular saja loh yang beracun, ternyata pilihan hewan di bawah ini juga sangat beracun bahkan mematikan. Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Indonesia memang terkenal sebagai salah sastu negara yang kaya akan ragam keindahan alamnya, tak ketinggalan juga pilihan hewan-hewan unik loh. Bahkan ada beberapa diantaranya memiliki karateristik baik dari bentuknya hingga ada beracun dan tidak. Berbicara mengenai hewan beracun selain ular, ternyata banyak hewan lainnya yang patut untuk lo ketahui.

 

Memang hewan-hewan beracun selain ular bisa dikatakan sulit untuk ditemukan karena jarang sekali muncul ketika ada manusia atau sebaliknya, lo jarang mendatangi tempat di mana mereka hidup. Namun tak ada salahnya untuk mengetahui hewan mana saja sih yang beracun bahkan mematikan di Indonesia.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Apalagi buat lo para pecinta alam yang suka untuk berpetualang dan mengeksplorasi indahnya alam Indonesia. Lebih baik mengetahuinya, daripada lo mendapatkan sebuah momen di mana hewan beracun tesebut berada di dekat lo.

 

Pilihan Hewan Beracun Selain Ular di Indonesia – Ikan Buntal

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia! Credit: tagar.id

 

Yaap, lo bisa menemukan hewan ini apabila melakukan penyelaman atau diving. Kalau dilihat dari bentuknya memang sangat unik, tak heran apabila sering juga dijadikan ikan hias. Uniknya Ikan Buntal atau juga biasa disebut Ikan Fugu ini biasa dimakan di Jepang. Padahal ikan ini merupakan spesies Vertebrata paling mematikan kedua setelah Katak Racun Emas.

 

Ikan yang juga tersebar di perairan tropis ini memiliki racun sangat mematikan yaitu Tetrodotoksin. Bahkan ketika lo menyentuhnya, bisa saja terkena racunnya loh, hal tersebut dikarenakan pada bagian kulitnya juga terdapat kandungan racun tersebut, walaupun dengan dosis kecil.

 

Nah, gejala keracunan Ikan Buntal sendiri ialah mati rasa dan kesemutan di sekitar mulut. Kemudian bisa disertai dengan mual dan muntah setelah 10 hingga 45 menit terpapar racun. Kalau tidak ditangai dengan baik, tubuh lo bisa lumpuh, susah bernafas, pingsan bahkan hingga menyebabkan kematian.

 

Pilihan Hewan Beracun Selain Ular di Indonesia – Ikan Lepu Batu

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia! Credit: .mongabay.co.id/

 

Khusus untuk para penyelam sangat disarankan untuk berhati-hati terhadap ikan satu ini, karena bentuknya sangat nyaru bila sudah berada di antara terumbu karang. Yaap, memang terumbu karang sendiri merupakan tempat penyimpanan keindahan bawah laut yang mempesona.

 

Ikan Lepu Batu tersebar di perairan hangat Samudera Hindia dan Pasifik. Ikan ini kerap menyamar menjadi batu di antara terumbu karang. Sehingga lo benar-benar harus jelih serta berhati-hati, karena racun yang ada di hewan ini cukup mematikan loh.

 

Sentuhan terhadap Ikan Lepu Batu ini bisa menyebabkan kerusakan syaraf, bahkan kelumpuhan. Adapun, pertolongan pertama pada paparan racun Ikan Lepu Batu dengan merendam luka dengan air panas, namun enggak mendidih. Suhu panas dapat mengurai racun dan protein sehingga mencegah racunnya menyebar. Segera ke rumah sakit untuk mendapatkan penawar, kalau terlambat 2 jam maka bisa menyebabkan kematian loh.

 

Pilihan Hewan Beracun Selain Ular di Indonesia – Bulu Babi

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia! Credit: bisniswisata.co.id/

 

Masih seputar hewan yang ada di perairan atau lautan ini memang tidak terlihat menyakitkan, namun ketika lo sudah terkena racunnya ternyata mematikan loh. Bulu Babi sendiri juga sangat mudah sekali untuk ditemukan hampir di setiap pantai di Indonesia.

 

Hewan yang masih satu keluarga dengan Bintang Laut ini memiliki duri dengan kalsium yang mematikan, sengatannya sangat mematikan, akibatnya korban akan merasa alergi, lemas, lelah, nyeri otot, lumpuh sementara, kerusakan kulit, kerusakan tulang hingga syok.

 

Duri dari Bulu Babi bisa tercantap di kulit, sehingga lo membutuhkan bantuan medis untuk segera melepaskannya. Jika terlalu lama, akan semakin sulit dikeluarkan. Adapun pertolongan pertamanya bisa dengan mengompres air hangat, memberi obat ibuprofen untuk mengurangi nyeri dan mengoleskan krim hidrokortison.

 

Pilihan Hewan Beracun Selain Ular di Indonesia -  Komodo

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia!

Ternyata Selain Ular, 4 Pilihan Hewan Beracun ini Ada di Indonesia! Credit: jatimnet.com

 

Siapa yang tidak mengenal hewan satu ini, karena merupakan salah satu hewan ikonik di Indonesia. Hewan khas Pulau Komodo ini tidak hanya eksotis, namun juga memiliki racun yang cukup mematikan. Bahkan gigitannya bisa menyebabkan kelumpuhan otot, tekanan darah menurun drastic, gangguan pembekuan darah dan infeksi luka.

 

Semua hal tersebut dikarenakan oleh air liur yang ada di hewan ini. Kalau lo mengunjungi Taman Nasional Komodo, pastikan untuk tidak coba-coba untuk mendekatinya. Meski Komodo tidak akan memangsa manusia, namun bilamana hewan ini merasa terancam bisa menyerang. Selama di Taman Nasional akan ada bantuan medis jika sesuatu yang enggak diinginkan terjadi.

 

Memang tidak ada yang bisa menolak untuk mendekatinya, karena memiliki bentuk cukup unik serta hampir mirip dengan Dinosaurus. Serta konon hewan ini sudah ada di dunia sejak zaman purba loh, sehingga tak heran apabila pulau yang dihuninya dinamakan Pulau Komodo.

 

**

 

Jadi bagaimana bro dengan 4 hewan beracun selain ular di Indonesia? Masih banyak pilihan-pilihan hewan beracun lainnya di Indonesia yang memang sulit untuk ditemukan. Walaupun beracun, kalau lo bertemu dengan hewan-hewan tersebut di alam liar jangan dibunuh yaa. Para hewan tersebut akan menyeran sebenarnya sekedar ingin membela diri.

 

Kalau dipikir-pikir memang penghuni di dunia yang paling kejam ialah manusia. Sehingga memang sudah saatnya bagi generasi millennials atau Z untuk selalu menjaga selalu d kelestarian dari dunia ini yaa. Termasuk beragam macam hewan-hewan beracun tersebut. Teruslah eksplorasi keindahan alam di Indonesia dan semoga hari lo menyenangkan bro!

 

Source: .idntimes.com

 

 

 

Featured Image: indonesiaone.org
Trending Beginner solo traveling

8 COMMENTS

SHARE
Ikan Buntal suka mengganggu klo lagi mancing ikan.
Tugas kita menjaga kelestarian alam,dari tangan2 yg tidk bertanggung jawab
keren info nya
nice info gan
Komodo seram
Ada di Indonesia
tq info ya
komodo berbahay juga ternyata