6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

Museum Bale Indung Rahayu menyajikan konsep unik kepada para wisatawan, yakni kebudayaan Sunda serta makna filosofis perjalanan hidup manusia. Apa saja keunikan yang dimiliki museum ini? Silakan baca tulisan di bawah ya bro!

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

Siapa bilang liburan hanya seru dilakukan di pantai atau gunung? Pelancong juga dapat menjajal pengalaman berkesan saat menyambangi destinasi wisata budaya yang sarat nilai edukasi seperti museum. Salah satu museum unik yang patut dikunjungi pelancong kala liburan adalah Museum Bale Indung Rahayu.

 

Lokasi museum ini terletak di Jalan RE Martadinata No. 10, Purkawarta, Jawa Barat. Museum Bale Indung Rahayu menyajikan konsep unik kepada para wisatawan, yakni kebudayaan Sunda serta makna filosofis perjalanan hidup manusia. Lo bisa mengunjungi museum ini secara gratis dari hari Selasa hingga Minggu pukul 09.00 - 16.00 WIB.

 

Apa saja hal unik yang bisa dijumpai wisatawan di Museum Bale Indung Rahayu? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1.  Bale Arsitektur

Ruangan ini menghadirkan rupa peta kampung sunda kepada para pengunjung. Saat menjelajahi Bale Arsitektur, lo bisa melihat aneka rumah tradisional khas Sunda yang dibangun di masa lampau. Contohnya seperti Tagog Anjing, Bada Heuay, Jolopong, Julang Ngapak, dan lain-lain. 

 

Di Bale Arsitektur, pengunjung akan mendapat penjelasan seputar sistem perkampungan sunda. Bangunan dengan gaya arsitektur khas Sunda biasanya terbagi atas tiga susunan berupa ruang depan (tepas), ruang tengah, serta ruang belakang. Area belakang bisa berbentuk dapur dan goah, padaringan, atau tempat penyimpanan padi.

 

Tiga susunan bangunan tersebut konon terinspirasi dari tiga keniscayaan dalam hidup yang disebut Tri Tangtu. Jadi, setiap ruangan memiliki makna filosofis tersendiri bagi masyarakat Sunda. Keren sekali, bukan?

 

2. Bale Pawon

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat. Photo Credit: portaljabar.net

Area ini diyakini melambangkan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Bale Pawon sebenarnya bermakna “dapur”. Ruangan ini menyimpan koleksi beragam jenis peralatan tradisional yang digunakan masyarakat tempo dulu. Di Bale Pawon, pengunjung juga bisa mengenal bermacam-macam kuliner khas Sunda.

 

Sejarah singkat Sate Maranggi juga dipaparkan di ruangan ini. Pengunjung bisa memahami seluk-beluk kuliner tersebut secara mudah di Bale Pawon. Kesempatan ini tentunya tak boleh dilewatkan oleh para penggila kuliner, khususnya lo yang penasaran terhadap sejarah Sate Maringgi. Oke, bro?

 

3.  Bale Musik

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat. Photo Credit: disporaparbud.purwakartakab.go.id

Berkunjung ke Museum Bale Indung Rahayu rasanya kurang afdol bila tidak menyambangi Bale Musik. Sesuai namanya, ruangan ini menghadirkan berbagai jenis alat musik daerah khas Sunda kepada pengunjung. Salah satu contohnya adalah angklung yang sudah ditetapkan Unesco sebagai warisan budaya asli Indonesia. Mantap, bukan?

 

4. Bale Kaulinan

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat. Photo Credit: antafoto.com

Pernahkah lo merindukan momen ketika permainan tradisional begitu populer di masa kanak-kanak dahulu? Jika iya, Bale Kaulinan adalah tempat yang cocok lo datangi untuk bernostalgia. Ruangan ini memamerkan sejumlah permainan khas Sunda yang terkenal di masa lampau seperti huhuian, congklak, ngadu muncang, oray-orayan, dan lain-lain.

 

Pengunjung Bale Kaulinan juga bisa menikmati keindahan lukisan hutan di Tatar Sunda. Lukisan-lukisan tersebut ditempatkan di sekeliling ruang bagian atas. Ruangan ini juga dihiasi kujang serta makna filosofis yang berkaitan dengan hidup masyarakat Sunda, misalnya seperti Tri Tangtu serta konsep trias politika Sunda mencakup silih asih, silih asah, dan silih asuh.

 

Saat memasuki bagian tengah ruangan ini, pengunjung akan melihat dua buah leuit yang biasa digunakan warga Sunda untuk menaruh padi hasil memanen. Ada juga wadah bernama lisung yang dahulu dipakai masyarakat untuk menumbuk padi menjadi beras. Bale Kaulinan bakal membuka wawasan pengunjung seputar dunia cocok tanam, mulai dari fase awal hingga fase panen. Seru sekali, ‘kan?

 

5. Bale Kabuyutan

Apakah lo tertarik merasakan sensasi masuk ke hutan terlarang di masa lampau? Percaya atau tidak, hal tersebut bisa dirasakan pengunjung ketika menjelajahi area Bale Kabuyutan. Pihak pengelola museum diketahui sengaja memberikan efek-efek suara binatang ke tempat ini, mulai dari bunyi kodok, jangkrik, serta harimau.

 

Bale Kabuyutan termasuk salah satu tempat yang disucikan oleh masyarakat suku Sunda. Hutan larangan tidak bisa dimasuki sembarang orang. Mereka yang diperkenankan menjelajahi area ini hanyalah para juru kunci. Wisatawan dapat menggali banyak informasi menarik di ruangan ini, entah itu berasal dari lukisan atau tulisan yang terdapat di dinding.

 

6. Bale Kelahiran

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat

6 Sisi Unik Museum Bale Indung Rahayu yang Sering Bikin Wisatawan Terpikat. Photo Credit: liputan6.com

Pengunjung akan disambut gambar bertuliskan lirik lagu “Indung” ketika memauki Bale Kelahiran. Desain ruangan ini berupa lorong panjang yang kian menyempit mendekati akhir. Hal tersebut kabarnya dimaksudkan agar pengunjung menghayati suasana bayi yang berada dalam rahim ibu. Wih, keren juga ya?

 

Ide bentuk Bale Kelahiran terinspirasi dari ukuran rahim ibu yang terus menyempit seiring dengan bertambahnya usia bayi. Usai keluar dari lorong rahim, lo bakal mendengar bunyi tangis bayi yang mengggema di suatu ruangan. Efek suara ini konon menggambarkan keadaan bayi yang baru saja dilahirkan ke dunia.

 

Pengunjung Bale Kelahiran nantinya bisa melihat beberapa display adat-istiadat mengenai proses kelahiran bayi yang dipajang di dinding ruangan. Contoh istilah yang ditampilkan di ruangan ini adalah mempet baju, ngaruju-nyawa ngan kari sajuru deui, kanjut kundang, ngaruang, paraji, dan lain-lain.

 

Demikian 6 sisi unik Museum Bale Undung Rahayu yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat. Rata-rata waktu yang dihabiskan pengunjung untuk menjelajahi seluruh ruangan berkisar dari 45 hingga 60 menit saja. Usai mendatangi museum ini, lo bakal mendapat pengalaman berharga karena dapat memahami kebudayaan Sunda sekaligus fase perjalanan hidup manusia.

 

Source: liputan6.com

Feature Image - prasastijabar.com

Urban Places Beginner jawa barat solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Ikbalagri
Mamtaaappp
Ikbalagri
Kenapa ya tidak bisa reedem?
Yumna Aditya Prakoso
nice gan
Agus Sungkawa
Sebagai generasi mudah hrus tahu sejarah khusnya sunda
dephy
Baru tau kalo dipurwakarta ada museum yang memberikan informasi lengakap
Asep Hilman Purnama
Demikian
Firgiawan
Baru tahu infonya keren tanks
Mochamad Iqbal Zakaria
Keren parah sejarah ada untuk diingat
Sandi L
Nice info
Fatmawati
Belum pernah kemuseum