4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

Beberapa pilihan desa unik yang ada di Indonesia ini memang patut untuk lo kunjungi karena keindahannya. Enggak percaya? Simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

Kebudayaan yang ada di Indonesia memang sangat beragam, tak heran apabila terdapat banyak sekali keunikan di negara ini. Bahkan sebagian di antaranya sangat ikonik. Bahkan terdapat beragam cerita dan keindahannya tersendiri. Laut dan daratan di Indonesia sendiri juga membentuk sebuah keindahan yang jarang ada di negara lain.

 

Selain dari alamnya, Indonesia juga memiliki desa-desa unik yang sangat kental akan budaya serta juga bisa menjadi destinasi wisata yang sangat menggiurkan. Buat lo para traveler, tentunya mengunjungi beberapa pilihan desa unik tersebut merupakan sebuah kewajiban. Karena memang mampu memberikan sebuah pengalaman indah serta sulit untuk lo lupakan.

 

 

Desa-desa unik di Indonesia juga sangat mempertahankan nilai kebudayaan dan tak sedikit yang menolak teknologi. Sehingga lo bisa mendapatkan sebuah desa dengan gaya tradisional, tak heran apabila juga menjadi daya tarik bagi para turis dari mancanegara untuk datang ke sana. Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan desa uniknya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini.

 

Pilihan Desa-Desa Unik di Indonesia – Desa Wae Rebo

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya! Credit: goodnewsfromindonesia.id

 

Bisa dikatakan ini merupakan desa unik yang sering menjadi bahan pembicaraan bagi para pelancong. Alasannya pun cukup sederhana, karena memiliki rumah-rumah adat yang masih dalam kondisi bagus serta juga akan memberikan sebuah suasana nan alami.

 

Kalau lo ingin melepaskan rasa penat, tentunya ini merupakan destinasi yang tepat untuk lo kunjungi. Desa Wae Rebo sendiri terletak di kecamatan Satarmase, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Setidaknya terdapat 7 rumah utama yang berbentuk kerucut dengan tinggi serta diameternya yang sama.

 

Rumah unik yang ada di desa ini bisa ditinggali oleh 6 hingga 8 keluarga. Kalau lo ingin berbicara mengenai pemandangannya sudah tak perlu lagi diragukan. Karena lo bisa melihat hamparan gunung dan hijaunya alam setiap harinya. Belum lagi dengan letak serta keberadaan rumah kerucutnya tersusun secara melingkar menjadikan desa ini terlihat begitu indah.

 

Pilihan Desa-Desa Unik di Indonesia – Desa Penglipuran

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya! Credit: .rentalmobilbali.net/

 

Pulau Bali memang sudah menjadi tempat destinasi wisata bagi banyak pelancong baik dari dalam maupun luar negeri. Sudah banyak kok pelancong mancanegara yang sudah mengakui keindahan yang di. Dimiliki oleh pulau ini. Selain pantainya, Pulau Dewata juga memiliki desa unik bernama Desa Penglipuran.

 

Desa unik ini terletak di Bangli, konon katanya desa ini disebut-sebut sebagai desa paling bersih yang ada di Pulau Dewata. Desa unik memang tidak terlalu besar, luasnya pun hanya sekitar 112 hektar dengan 9 hektarnya digunakan untuk pemukiman.

 

Udara dan keadaan desa ini masih sangat asri dan kental dengan budaya Bali. Rumah dengan gaya aksitektur Bali tampak berjejer di kiri dan kanan jalan. Pepohonan, rerumputan dan bunga aneka warna pun tampak tumbuh subur.

 

Salah satu keunikan dari desa ini ialah bebas dari kendaraan bermotor. Lo bisa puas memotret sambil mengenal lebih dekat budaya warga setempat tanpa harus takut kena poluasi asap. BIaya masuk ke desa ini juga terjangkau kok, hanya sekitar Rp 7.500 per orang.

 

Pilihan Desa-Desa Unik di Indonesia – Desa Baduy

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya! Credit: .pegipegi.com

 

Provinsi Banten juga memiliki desa unik yang sangat kental dengan budaya tradisionalnya yaitu Desa Baduy. Sesuai dengan namanya, desa ini memang dihuni oleh Suku Baduy, lalu desa ini terbagi menjadi dua yaitu Baduy Luar dan Baduy Dalam. Nah, buat lo yang ingin mengunjungi desa ini bisa memulai perjalanan lo dari Desa Ciboleger yang memang menjadi pintu masuk menuju pemukiman Suku Baduy.

 

Selain itu lo juga patut untuk menyiapkan kondisi mental serta fisik lo yaa, karena untuk bisa tiba di pemukiman Baduy Luar dan Baduy Dalam dibutuhkan waktu sekitar 5 jam. Lo harus trekking dari Desa Ciboleger. Perjalanannya memang melelahkan, namun di sepanjang jalan lo bisa menikmati udara sejuk dan perbukitan yang mempesona.

 

Ketika lo sudah tiba di kawasan pemukimannya, lo bisa melihat rumah-ruamh yang terbuat dari bamboo dan tertata rapi. Sungai yang mengalir di pemukiman ini jgua sungguh jernih, karena Suku Baduy sangat menghargai alam. Dari beberapa cabang sungai, yang digunakan untuk keperluan sehari-hari hanya satu.

 

Cabang sungai lain dengan airnya jernih juga bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar serta wisatawan yang datang. Hutannya juga terjaga karena masyarakat Baduy sendiri selalu menjaga kebersihan dan tidak merukan hutan.

 

Pilihan Desa-Desa Unik di Indonesia – Desa Kete Kesu

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya!

4 Desa Unik di Indonesia ini Memang Patut untuk Lo Kunjungi Karena Keindahannya! Credit: desainermales.com

 

Desa unik berikutnya yang patut untuk lo datangi di Indonesia ialah Desa Kete Kesu, karena memang terdapat banyak sekali keunikan yang tidak biasanya bisa lo dapatkan di tempat lain. Desa ini sendiri terletak di Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

 

Uniknya masyarakat di desa ini memiliki kepercayaan kalau menguburkan jenazah manusia di tebing batu merupakan hal yang baik. Sehingga jangan heran apabila lo bisa menyaksikan tengkorak berserakan di berbagai sisi tebing di Kete Kesu.

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau di desa ini terdapat dua cara pemakaman. Jenazah ada yang diletakkan di gunung batu dan gua alam atau makam rumah yang disebut “patane” dalam bahasa Toraja. Ketika lo berlibur ke desa ini, lo bisa melihat peti meti orang Toraja yang disebut “erong”. Peti mati tersebut ada yang usianya mencapai 500 tahun!

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar desa-desa unik yang ada di Indonesia? Semoga bisa menjadi panduan untuk lo mencari tempat wisata berikutnya. Karena Indonesia memiliki banyak sekali pilihan spot-spot unik, maka jangan berhenti mengeksplorasi keindahan yang ada di negara ini. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: goodnewsfromindonesia.id/

 

 

 
Featured Image: boombastis.com

 

Trending Beginner solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
mantap gan
Jadi kepengen
Desa wae rebo..pengen ke sanah..
2 tempat sudah perna saya datangi,dan betul2 indah dan bersih
Memang Patut untuk Lo Kunjungi
Daerahnya adem keliatannya.
tq info ya
bangga jd orang desa
Mau dong