4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

Gurun pasir Pantai Oetune menyuguhkan pemandangan cantik yang memikat. Banyak orang terpesona dengan destinasi wisata yang berada di Timor Tengah Selatan ini. Bagaimana cara menuju ke gurun pasir ini? Lalu, kapan momen terbaik untu datang ke sini? Cek jawaban lengkapnya dalam tulisan di bawah ya!

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

Jika mencari tempat wisata unik yang menawarkan nuansa berbeda, traveler bisa menjadikan gurun pasir Pantai Oetune sebagai destinasi liburan berikutnya. Lokasinya terletak di kabupaten Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Banyak orang terpikat dengan panorama gurun ini yang cantik dan menawan.

 

Terdapat beragam aktivitas seru yang bisa lo lakukan di gurun pasir Pantai Oetune, salah satunya adalah berburu foto. Hasil berfoto di sini tentu nantinya dapat diunggah ke media sosial atau blog pribadi lo. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati keindahan pemandangan sekitar sini sembari meminum kelapa muda.

 

Bagaimana cara menuju gurun pasir Pantai Oetune? Lalu, kapan waktu terbaik untuk mengunjungi tempat menawan ini? Berikut adalah 4 tips traveling ke gurun pasir Pantai Oetune. Silakan disimak ya bro!

 

1. Berangkat Waktu Dini Hari Bila Titik Keberangkatan Bermula dari kota Kupang

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune. Photo Credit: instagram.com/reylumantouw

Wisatawan dapat mengunjungi gurun pasir pantai Oetune dengan kendaraan bermotor dari pusat kota Kupang. Perjalanan biasanya menghabiskan waktu selama beberapa jam. Keindahan gurun ini paling pas dinikmati wisatawan pada waktu matahari terbit.

 

Untuk itu, lo sebaiknya mengatur strategi agar sampai ke tempat tujuan sebelum pagi hari tiba. Mulailah berangkat pada waktu dini hari supaya lo tidak melewatkan momen sunrise. Travel blogger Harival Zayuka menyarankan traveler sudah berangkat pada pukul 01.00 WITA dari kota Kupang.

 

Menurutnya, hal ini disesuaikan dengan durasi perjalanan menuju kabupaten Tomor Tengah Selatan yang memakan waktu sekitar 3-4 jam. Harival yakin bahwa wisatawan bakal melihat momen sunrise di gurun pasir pantai Oetune bila berangkat pukul 1 dini hari. Harap berhati-hati agar tidak kesiangan ya bro!

2. Menyiapkan Bekal sebelum Berangkat

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune. Photo Credit: twitter.com/harivalzayuka

Seperti yang sudah dipaparkan di poin sebelumnya, wisatawan bakal memulai perjalanan pada waktu dini hari. Lo sebaiknya tak lupa membawa bekal sarapan untuk nanti disantap di gurun pasir Pantai Oetune. Siapkan semuanya secara lengkap sebelum berangkat dari Kupang ya bro!

 

Kehadiran bekal bahkan menjauhkan wisatawan dari risiko kelaparan saat berwisata. Jika perut keroncongan, lo tinggal mengambil bekal dan memakannya di tengah-tengah perjalanan. Waktu memakannya pun bisa dipilih sesuai keinginan wisatawan, baik sebelum atau ketika berada di tempat tujuan.

 

Bawalah bekal sarapan yang kira-kira bisa menghilangkan lapar di gurun pasir pantai Oetune. Contohnya seperti mie rebus atau mie goreng. Jika benar-benar lupa membawa bekal, wisatawan tinggal membeli mie rebus atai mie goreng di warung sekitar gurun pasir. Usahakan lo sudah membawa bekal dari rumah ya bro!

3. Sudah Tiba di Tempat Tujuan Sejak Pagi Buta

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune. Photo Credit: tribunnews.com

Gurun pasir Pantai Oetune menyuguhkan pemandangan eksotis yang bakal menyihir mata traveler. Keindahan tempat ini sudah sering memukau wisatawan lokal maupun mancanegara. Nah, waktu terbaik untuk menikmati keelokan gurun pasir ini adalah pagi menjelang matahari terbit.

 

Panorama sunrise yang disajikan tempat ini sunguh memesona. Lo bakal puas melihat indahnya warna langit yang berpadu indah dengan pemandangan gurun. Pemandangan magis ini tentu sangat cocok diabadikan dengan kamera. Hasil jepretan foto di gurun pasir Pantai Oetune juga pas dipajang di media sosial.

 

Untuk itu, wisatawan dianjurkan berangkat menuju gurun pasir ini pada waktu dini hari. Aturlah alarm pada ponsel untuk mengurangi risiko bangun kesiangan. Menikmati eloknya pemandangan sunrise di gurun pasir Pantai Oetune tentu akan membuat pikiran lo kembali terasa segar. Jangan sampai melewatkannya ya bro!

 

4. Disarankan Menaiki Mobil Ketimbang Motor

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune

4 Tips Traveling ke Gurun Pasir Pantai Oetune. Photo Credit: tribunnews.com 

Ada banyak pilihan kendaran yang bisa lo naiki dari kota Kupang menuju gurun pasir Pantai Oetune. Traveler hendaknya memilih kendaraan yang benar-benar menunjang kenyamanan. Pasalnya, perjalanan bakal menghabiskan waktu berjam-jam sehingga cukup melelahkan. Oke, bro?

 

Lo disarankan memilih mobil ketimbang motor. Menurut Harival, hal ini dimaksudkan agar wisatawan tak merasa kerepotan atau kelelahan saat melintasi jalan bebatuan selama berjam-jam. Mobil tentunya bakal memudahkan perjalanan wisatawan ke gurun pasir Pantai Oetune.

 

Jika memungkinkan, traveler juga bisa menyewa supir agar bisa beristirahat selama perjalanan. Lo pun dapat tiba di tempat tujuan dengan perasaan lebih segar. Oke, bro?

 

Demikian 4 tips traveling ke gurun pasir Pantai Oetune. Semoga informasi di atas berguna buat lo yang hendak menempuh perjalanan wisata ke tempat ini dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk mengingat keempat tips di atas sebelum berangkat ya bro. Selamat jalan-jalan!

Source: tribunnews.com

Feature Image - instagram.com/alibufteim

Tips Beginner nusa tenggara timur solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Yumna Aditya Prakoso
makasih gan
Agus Sungkawa
Info dan tips yg bermanfaat
Asep Hilman Purnama
Traveling ke Gurun
Kristian Mustafa
Belum pernah nyoba travel ke Gurun.
agung
tq info ya
ditra nugraha
top tip, keren !
Firgiawan
Jadi pengen ke gurun ...
AMBO SOLLE
Panas cing
Mochamad Iqbal Zakaria
Keren banget sih
Muhammad arifudin
Keren juga