5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

Ini merupakan pilihan kuliner asli Indonesia yang melalui proses masak dengan rasa yang nikmat. Penasaran? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

Beragam macam pilihan kuliner di Indonesia juga menjadi daya tarik lainnya bagi seorang traveler, karena lo jadi bisa menikmati beragam pilihannya di setiap daerah. Bahkan setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Baik itu mulai dari rasanya hingga bentuk hingga cara masakanya. Nah, ada keunikan dari kuliner Indonesia yang memang dimasak melalui bambu.

 

Yaap, tentunya ketika melalui proses masak di dalam bambu, tentunya memiliki rasa yang cukup unik serta tak kalah nikmatnya dengan pilihan lainnya loh. Walaupun akan melewati waktu atau proses yang cukup lama, namun ketika sudah lo cicipi memiliki sebuah ciri khas yang sulit untuk ditolak.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kuliner Indonesia yang dimasak atau melalui proses pematangan di bambu, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah satu panduan ataupun informasi agar lo lebih mengetahui ragam kuliner di Indonesia.

 

Pilihan Kuliner yang Terbuat di Dalam Bambu – Lemang

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu! Credit: .dutamedan.com

 

Untuk pilihan pertama mengenai kuliner yang terbuat di dalam bambu tentunya Lemang menjadi makanannya. Lemang sendiri merupakan kebanggaan dari masyarakat Minang. Makanan yang terbuat dari beras ketan ini tersedia sepanjang tahun dan permintaan Lemang sendiri akan melonjak menjelang hari besar.

 

Lo akan mudah untuk menemukan Lemang di kawasan Tebing Tinggi, bahkan daerah tersebut dikenal dengan sebutan Kota Lemang. Untuk proses pembuatannya sendiri dibutuhkan bahan utama beras ketan dan santan kelapa. Dua bahan ini dimasukkan ke dalam bilah bambu yang sudah dialasi daun pisang dan kemudian dibakar hingga matang.

 

Ketika Lemang sudah matang, batang bambu pun dibelah dua agar bisa mengeluarkan isinya. Biasanya Lemang disantap dengan tapai, sehingga kuliner ini juga dikenal dengan sebutan Lemang Tapai. Aromanya pun sangat unik dan tercium tipis-tipis pada sajian lemang.

 

Pilihan Kuliner yang Terbuat di Dalam Bambu -  Ayam Bambu

 

Memang sesuai dengan namanya, kuliner satu ini melalui proses masak di dalam bambu. Bahkan menjadi salah satu masakan khas Palu dan banyak diolah di daerah Kulawi, Sigi. Untuk di kawasan Manado sendiri ayam ini disebut Ayam di Buluh atau Ayam dalam Bambu.

 

Ayam Bambu sebelum dimasukkan ke dalam bambu, ayam lebih dulu dipotong-potong kemudian dilumuri bumbu. Setelah ayam sudah siap barulah dimasukkan ke dalam bambu sambil ditambahkan air. Yaap, kuliner unik ini memang memiliki cita rasa nan unik.

 

Lalu Ayam Bambu dimasak perlahan dengan cara membakar bagian luar bambu di atas bara api. Dengan cara ini, bumbu akan meresap sempurna hingga bagian tulang ayam. Ayam bambu paling enak dinikmati hangat dengan nasi putih.

 

Pilihan Kuliner yang Terbuat di Dalam Bambu -  Bebek Timbungan

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu! Credit: .buletindewata.com

 

Kalau lo sedang berkunjung ke Bali, jangan sampai lupa untuk mencicipi Bebek Timbungan yaa. Karena ini merupakan kuliner legendaris yang dahulunya merupakan makanan istimewa keluarga kerajaan. Tentunya makanan ini melalui proses pemasakan di dalam bambu.

 

Bebek Timbungan juga diolah dengan bumbu khas Bali yang dikenal dengan sebutan bumbu basa gede. Lalu bebek yang sudah dibersihkan akan dilumuri bumbu lalu dimasukkan k edalam bambu ukuran besar untuk kemudian dibakar. Untuk proses memasaknya terbilang cukup lama. Sehingga tak heran apabila teksturnya terasa sangat empuk dan bumbunya pekat.

 

Walaupun sudah berbumbu kuat, biasanya orang Bali tetap menyantapnya dengan tambahan sambal matah. Bebek Timbungan memang tidak begitu populer namun menu legendaris ini bisa dinikmati di beberapa tempat di Bali.

 

Pilihan Kuliner yang Terbuat di Dalam Bambu – Pa’piong

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu! Credit: travelingyuk.com

 

Berikutnya merupakan kuliner yang berasal dari Tana Toraja dan juga makanan khas yang diolah di dalam bambu. Konon katanya, Pa’piong juga merupakan salah satu makanan untuk keluarga bangsawan di Tana Toraja pada zaman dahulu.

 

Resepnya sendiri sekarang sudah bisa dinikmati oleh siapa saja dan tersebar luas. Untuk bisa mencicipinya biasanya disajikan sebagai makanan upacara besar atau tradisi adat. Untuk membuat Pa’piong dibutuhkan bambu ukuran besar. Nantinya bambu ini diisi dengan ikan mas, ayam ataupun daging babi yang sudah dibumbui.

 

Proses memasaknya juga cukup lama karena membutuhkan waktu minimal 1 hingga 2 jam hingga Pa’piong ini benar-benar matang sempurna. Proses masaknya juga dibakar perlahan di atas bara api. Pa’piong kerap disajikan sebagai lauk makan nasi. Tentunya cita rasa dari kuliner ini sangat unik dan sangat nikmat.

 

Pilihan Kuliner yang Terbuat di Dalam Bambu – Kue Putu

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu!

5 Kuliner Asli Indonesia yang Melalui Proses Masak di Dalam Bambu! Credit: en.wikipedia.org

 

Ternyata bukan hanya makanan berat saja loh yang bisa melalui proses masak di dalam bambu loh. Karena proses memasak ini juga bisa untuk membuat Kue Putu. Di Pulau Jawa, kue ini cukup populer dan dikenal dengan sebutan Puthu.

 

Kue yang terbuat dari tepung beras kasar dan kelapa parut ini dimasukkan ke dalam bambu berongga kecil. Kemudian dimasak dengan cara dikukus. Kue Putu juga biasa diberi isian gula merah yang akan melumer saat baru matang.

 

Penjual Kue Putu dahulunya mengolahnya dengan kukusan khas yang menghasilkan suara unik. Sayangnya sekarang penjual Kue Putu tradisional sudah semakin sulit untuk ditemukan. Kue ini juga akan nikmat sekali sebagai teman di waktu sore lo dengan secangkir kopi.

 

**

 

 

Jadi bagaimana dengan informasi seputar pilihan kuliner yang terbuat di dalam bambu? Semoga bisa menjadi salah satu pilihan kuliner favorit lo yaa. Coba deh untuk langsung mengunjungi tempat asalnya agar lo bisa merasakan cita rasa aslinya. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam kuliner di Indonesia!

 

Source: food.detik.com

 

 

 

Featured Image: lagimakan.com

 

Trending Beginner foodventure

22 COMMENTS

SHARE
Galuh Gumilang
mantaaaaaaapp
Andi Syafruddin
Jadi lapeerr
AMBO SOLLE
Ada sambusa kah?
SRI YAYA ASTUTI
BELUM PERNAH NGRASAIN Pa’piong
Laudu
putu ni yang adalang
Fatmawati
Mari makan
Agus Sungkawa
Kue putu...enak,masih sering beli kue ini
Kristian Mustafa
Putu is the best Classik Food.
Ikbalagri
Enak sih
Yumna Aditya Prakoso
makasih gan