6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

Perlu lo ketahui, Indonesia ternyata punya beberapa kawasan wisata bahari cantik yang jarang dijelajahi orang. Daerah mana sajakah itu? Apa keistimewaan tempat-tempat tersebut? Cek jawabannya di bawah ya bro!

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

Keindahan alam Indonesia tak habis-habisnya menyita perhatian dunia internasional. Banyak turis mancanegara takjub dengan kekayaan alam bahari negeri ini yang indah dan melimpah. Tak heran, Indonesia menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan dunia ketika liburan.

 

Perlu lo ketahui, Indonesia ternyata punya beberapa kawasan wisata bahari cantik yang jarang dijelajahi orang. Daerah mana sajakah itu? Apa keistimewaan tempat-tempat tersebut? Berikut adalah 6 di antaranya. Silakan simak tulisan di bawah ya bro!

 

1. Kepulauan Mandeh

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang. Photo Credit: nonahikaru.com

Destinasi wisata ini berjarak sekitar 65 kilometer dari kota Padang, Sumatera Barat. Kepulauan Mandeh bisa dijumpai traveler di wilayah Pesisir Selatan. Lama waktu perjalanan ke pulau ini memang relatif lama. Meski demikian, hal tersebut sepadan dengan pemandangan yang bakal lo lihat di tempat tujuan.

 

Di Kepulauan Mandeh, lo bisa menemukan delapan spot menyelam yang sungguh menawan seperti Pagang, Seronjok, Cubadak, dan lain-lain. Daya tarik Kepulauan Mandeh tak hanya terletak pada terumbu karangnya yang memesona. Traveler juga berkesempatan melihat bangkai kapal Belanda di spot diving dengan kedalaman hingga 27 meter. Pencinta diving tentu tak boleh melewatkannya!

 

2. Pulau Rote

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang. Photo Credit: instagram.com/ervan_dimu

Lo bisa menyambangi pulau cantik di Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Pulau Rote menjanjikan pengalaman libur yang mengesankan. Di sini, traveler dapat memperluas wawasan seputar budaya dan sejarah ketika melihat Porselen China dan alat musik Sasando.

 

Pulau Rote merupakan salah satu destinasi yang didamba-dambakan para peselancar. Kawasan ini terdiri atas puluhan pulau, 6 di antaranya terkenal indah serta dihuni masyarakat lokal. Traveler juga bisa mengunjungi Pantai Nemberala yang pernah dinobatkan sebagai Most Popular Surfing Spot dalam Anugerah Pesona Indonesia 2016. Letak pulau ini terletak di Desa Nemberala, Kabupaten Rote Ndao.

 

3. Taka Bonerate

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang. Photo Credit: triptrus.com

Sulawesi Selatan terkenal dengan kekayaan alamnya yang sungguh menakjubkan. Salah satu wilayah  asal Sulsel yang menarik perhatian wisatawan adalah Taka Bonerate. Daerah ini menyuguhkan panorama alam bawah laut yang memukau. Tak heran, Taka Bonerate kerap dikunjungi diver dari berbagai daerah.

 

Lo bisa menyambangi Taka Bonerate di kabupaten Selayar. Daerah siap memanjakan mata wisatawan lewat spot diving-nya yang berjumlah 50 titik. Ada beberapa fauna laut langka yang tinggal di sekitar daerah ini, contohnya seperti penyu sisik, penyu belimbing Pasifik, dan penyu hijau. Terumbu karangnya pun sungguh asri sehingga wisatawan bakal puas ketika menyelam di sini.

 

Total hamparan karang yang dimiliki daerah ini kabarnya melebih 242 buah. Taka Bonerata juga mempunyai air laut yang jernih bak kristal. Jika berangkat dari Makassar, lo bisa menempuh wilayah ini dalam waktu sekitar 10 jam.

 

4. Pulau Pahawang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang. Photo Credit: limakaki.com

Keindahan tempat wisata ini juga sayang dilewatkan begitu saja pada masa liburan. Pulau Pahawang berlokasi di kawasan Kecamatan Panduh Padada, Kabupaten Pasawaran, Lampung Selatan. Pulau ini sangat cocok dikunjungi traveler yang ingin melupakan sejenak hiruk pikuk perkotaan.

 

Jarak Pulau Pahawang dengan pusat kota Bandar Lampung adalah sekitar 25 kilometer. Untuk sampai ke sini, lo harus mendatangi Pelabuhan Ketapang terlebih dahulu. Setelah itu, traveler dapat melanjutkan perjalanan dengan perahu boat selama 40 menit. Tak begitu lama, ‘kan?

 

Wisatawan sebaiknya tidak menyambangi Pulau Pahawang pada bulan September hingga Desember. Kala itu, angin barat akan berhembus besar sehingga ombak sekitar pantai menjadi lebih liar dari biasanya. Harap berhati-hati ya bro!

 

5. Pulau Kapoposang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

6 Destinasi Wisata Bahari Indonesia yang Jarang Diketahui Orang. Photo Credit:  twitter.com/Parekraf_RI

Banyak dari lo mungkin kurang begitu familiar dengan nama pulau ini? Pulau Kapoposang direkomendasikan bagi traveler penyuka diving atau snorkeling. Pesona bahari pulau ini sungguh layak disaksikan wisatawan secara langsung.

 

Kawasan ini terdiri atas 14 spot diving indah yang menyimpan biota laut menawan. Contohnya seperti Tanjung Point, Januar Point, dan Aquarium Point. Penyelam tentu tak boleh lupa mencicipi keindahan alam bawah laut di sini. Momen liburan lo tentu bakal terasa komplit bro!

6. Pantai Blanakan

Pantai ini bisa dijumpai pelancong di daerah Subang, Jawa Barat. Mata lo bakal dimanjakan pemandangan hutan dan panai yang begitu asri. Pengunjung Pantai Blanakan masih terbilang sedikit. Dengan demikian, pantai ini sangat cocok dikunjungi para solo traveler untuk menenangkan pikiran.

 

Daya tarik Pantai Blanakan tak hanya nampak pada panorama alamnya saja. Di sini, traveler juga bisa menikmati beragam pertunjukkan seni dan budaya yang dibawakan warga lokal. Contohnya seperti ritual upacara Nadran. Oleh sebab itu, Pantai Blanakan juga layak dikunjungi pelancong penikmat seni.

 

Demikian 6 destinasi bahari Indonesia yang jarang diketahui orang. Daerah-daerah ini tentu bisa menjadi referensi tempat berlibur yang seru untuk dikunjungi pada waktu akhir tahun. Penat dan suntuk tentu bakal menguap ketika lo menikmati keindahan tempat-tempat di atas secara langsung. Jangan lupa menjelajahi semua tempat di atas ya bro!

 

Source: merdeka.com

Feature Image - twitter.com/Parekraf_RI

Wilderness Beginner pantai solo traveling

25 COMMENTS

SHARE
jangan diviralkan
Ok mmpkjjj
Next buat traveling
Sangat indah
Semoga bisa kesana
Pulau kapoposang..indah bener
.nice info
Jarang Diketahui Orang
Pulau Kapoposang ini Sulawesi selatan Bukan Ya?
tq info ya