5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana!

Pulau Lombok ternyata juga memilki tradisi unik yang patut untuk lo ketahui, penasaran? Lihat saja beberapa pilihannya di bawah ini!

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana!

Lombok tak hanya terkenal dengan bentangan alamnya yang indah, namun lo juga bisa mendapatkan ragam pilihan tradisi menarik. Tak heran apabila pilihan tradisi tersebut bisa menjadi sebuah daya tarik atau aktivitas yang bisa lo lakukan di sana. Bahkan beberapa pilihan tradisinya telah dikelola secara profesional loh. Sehingga jangan sampai terlewatkan ketika lo berkunjung ke sana yaa.

 

Tradisi yang ada di pulau ini pun juga memiliki keunikan serta karakteristiknya. Ikonik bisa menjadi kata paling tepat untuk menggambarkan beberapa pilihan tradisinya. Belum lagi lo juga bisa mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan apabila bisa melihat atraksi-atraksi atau proses dari tradisi yang dimaksud. Pilihan tradisi Lombok sendiri juga cukup banyak loh.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasran terhadap pilihan-pilihan tradisinya, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga lo bisa lebih mengenal secara dekat seputar budaya atau tradisi yang ada di Indonesia yaa. Karena Lombok sendiri juga merupakan kawasan paling tepat untuk lo bisa menghabiskan waktu luang atau bisa menjadi destinasi traveling lo.

 

Macam-Macam Tradisi di Lombok – Gendang Beleq

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: lifestyle.okezone.com

 

Bisa dikatakan ini merupakan salah satu tradisi di Lombok yang paling terkenal. Tradsi ini disebut Gendang Beleq karena salah satu alatnya merupakan gendang besar. Tradisi ini sendiri memiliki bentuk seperti orkestra dan terdiri dari dua buah Gendang Beleq yang disebut Gendang Mama (laki-laki) dan Gendang Nina (perempuan).

 

Untuk komposisi musiknbya sendiri bisa dimainkan dengan posisi duduk, berdiri dan berjalan untuk mengarak iring-iringan. Lalu terdapat Gendang Kondeq atau gendang kecil sebagai pembawa melodinya. Sedangkan sebagai alat ritmis terdapat dua buah reoq, 6-8 buah perembak kodeq, sebuah petuk, sebuah gong besar, gong penyentak, gong oncer dan dua buah lelontek.

 

Konon dahulunya Gendang Beleq dimainkan bila ada pesta-pesta yang diselenggarakan oleh pihak kerajaan. Bila terjadi perang, gendang ini berfungsi sebagai penyemangat prajurit yang ikut berperang. Hari ini alat musik ini kemudian digunakan untuk mengiringi acara adat, budaya dan hiburan.

 

Macam-Macam Tradisi di Lombok – Bau Nyale

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: eviindrawanto.com

 

Berikutnya mengenai macam-macam tradisi yang ada di Lombok ialah Bau Nyale. Tradisi ini sendiri dilakukan setiap tanggal 20 dan bulan 10 setiap tahun. Nyale sendiri merupakan sebuatan bagi jenis cacing laut oleh orang Lombok yang dipercaya merupakan jelmaan dari Putri Mandalika. Konon seorang putri cantik kerajaan yang memilih menceburkan dirinya ke laut lepas.

 

Nah, dengan menangkan Nyale, warga mengartikan telah bertemu dengan Putri Mandalika yang menjelma sebagai cacing. Sehingga tak heran apabila tradisi ini diselenggarakan selalu dipenuhi oleh ribuan warga dari berbagai usia untuk menangkap cacing tersebut.

 

Tradisi ini sendiri memang menjadi salah satu ikonik pariwisata yang berhasil menarik perhatian para wisatawan, baik untuk lokal maupun mancanegara. Tradisi ini dilakukan tepat di tengah laut sebelum fajar tiba, sekitar pukul 4 pagi.

 

Macam-Macam Tradisi di Lombok – Begasingan

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana!

5 Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu untuk Lo Temukan Ketika Berkunjung ke Sana! Credit: youtube.com

 

Tradisi satu ini merupakan permainan rakyat yang mempunyai unsur seni dan olahraga, bahkan termasuk permainan tradisional yang tergolong tua di masyakarat Lombok. Permainan tradisional ini juga dikenal di beberapa wilayah lain di Indonesia.

 

Hanya saja, Begasingan ini berbeda mulai dari bentuk maupun aturan permainannya. Gasing besar, mereka namai pemantok, digunakan untuk menhantam gasing pengorong atau pelepas yang ukurannya lebih kecil. Begasingan sendiri merupakan permainan yang mengandung unsur seni dan olahraga.

 

Untuk nama dari Begasingan sendiri terdiri dari 2 kata, yaitu Gang yang artinya lokasi atau tempat dan Sing yang artinya Suara. Sehingga Begasingan adalah permain dengan tempat yang cukup luas dan dapat menimbulakn suara keras. Bahkan kesenian ini juga memiliki tujuannya loh.

 

Begasingan sering ditampilkan dengan tujuan mengingatkan masyarakat untuk saling menghormati dan memiliki rasa kebersamaan dalam menjunjung tinggi nilai leluhur. Dengan begitu, kesenian ini juga menjadi bukti kalau Indonesia memiliki kekayaan budaya dan kesenian yang tidak tertandingi. Tak heran apabila Begasingan merupakan sebuah daya tarik bagi masyarakat lokal ataupun mancanegara.

 

Macam-Macam Tradisi di Lombok – Memaos

 

Memaos merupakan kesenian yang sering dijadikan lomba di beberapa wilayah Lombok. Lomba Memaos memiliki tema yang menceritakan hikayat kerajaan di masa lampau. Perlu untuk diketahui juga kalau lomba ini dibawakan secara kelompok yang terdiri dari 3 hingga 4 orang. Adapun susunannya adalah 1 orang menjadi pembawa, 1 orang menjadi penjangga dan sisanya menjadi pendukung vokal.

 

Tujuan dari kesenian untuk menanamkan nilai budaya kepada generasi mudah dan penerus untuk mengetahui kebudayaan di masa lampau yang keberadaannya hampir tidak diketahui. Melalui kesenian ini, diharapkan menjadi daya tarik baru untuk wisatawan mancanegara akan budaya Indonesia.

 

Bisa dikatakan juga kalau Memaos merupakan sebuah tradisi yang mampu menarik perhatian banyak dari wisatawan mancanegara maupun lokal. Tak heran apabila banyak pula wisatawan tersebut yang penasaran terhadap kesenian atau tradisi satu ini.

 

Macam-Macam Tradisi di Lombok – Perang Topat

 

Tradisi di Lombok tidak berhenti sampai di situ saja, karena masih ada Perang Topat yang merupakan tradisi turun temurun yang mulai dilakukan sepeninggal penjajahan Bali di Lombok pada masa lampau. Tradisi ini dilakukan dengan cara saling melempat dengan menggunakan ketupat antara Umat Islam dan Umat Hindu Lombok.

 

Dengan menggunakan pakaian adat khas Sasak dan Bali, ribuan warga pun bersama-sama dengan damai merayakan upacara keagamaan yang dirayakan tiap tahun di Pura Lingsar, Kecamatan Lingsar, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

 

Prosesi Perang Topat dimulai dengan mengelilingkan sesaji berupa makanan, buah dan sejumlah hasil bumi sebagai sarana persembahyangan dan prosesi ini didominasi masyarakat Sasak dan beberapa tokoh Hindu yang ada di Lombok.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar macam-macam tradisi di Lombok? Semoga bisa menjadi acuan atau panduan lo ketika ingin berkunjung ke sana. Ingat bukan hanya keindahan alamnya saja loh yang menjadi daya tariknya, sehingga lo patut untuk mengeksplorasi secara lebih pulau ini hingga ke ujungnya yaa.

 

Source: selametmuliadi.com

 

 
Featured Image: .lombokmandalika.co.id

 

 

 

Trending Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Hari Tristiyanto
Unik dan memarik
AMBO SOLLE
Otw Lombok
dephy
KEBUDAYAAN YANG HARUS SELALU DILESTARIKAN
SRI YAYA ASTUTI
Tradisi Unik di Pulau Lombok yang Perlu DILESTARIKAN
Yuniarto ( Tato )
Pengin banget
agung
tq info ya
ditra nugraha
tradisi yg perlu digalakkan terus
Agus Sungkawa
Indonesia yang kaya akab ragam kebudayaan
Firgiawan
Keren banget
Fatmawati
Budaya Indonesia