Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

6 senjata tradisional di bawah ini mereprentasikan kekayaan budaya yang dimiliki oleh Indonesia! Enggak percaya? Simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Indonesia memang sudah terkenal sebagai negara yang terdiri dari beragam suku. Tak heran apabila kebudayaan di dalam negara ini pun juga sangat beragam. Lo akan banyak menemukan keunikan, mulai dari kuliner hingga senjata tradisional. Nah, senjata tradsional sendiri memilki banyak pilihan dari berbagai daerah loh. Tak heran hingga hari ini masih ada kolektor yang mengincarnya.

 

Bayangkan saja dari Sabang hingga Merauke memiliki keunikannya tersendiri apabila berbicara mengenai senjata tradisional loh. Bahkan karakteristiknya pun cukup kuat, bisa langsung terlihat dari bentuk hingga kegunaannya. Pada zamannya senjata-senjata tradisional cukup populer dan hampir setiap orang memilikinya.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan senjata tradsional Indonesia yang unik serta memiliki karakteristik kuat, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo jika ingin mengenal lebih dalam mengenai budaya Indonesia satu ini. Oo iyaa, kalau bukan lo yang mau untuk lebih tahu, siapa lagi?

 

Senjata Tradisional Indonesia – Keris

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: bukalapak.com

 

Tentu sudah banyak orang yang mengetahui mengenai senjata tradisional satu ini, bahkan kalau lo hanya melihat bentuknya saja pasti sudah tahu. Keris sendiri merupakan senjata khas suku Jawa, terutama Yogyakarta serta Jawa Tengah dan kerap pula disebut sebagai senjata yang mengandung unsur mistis dan nilai sakral.

 

 Banyak juga orang yang fanatik terhadap keris, hingga mereka beranggapan kalau keris memiliki nyawa sendiri dan harus dirawat dengan baik, bahkan hingga dimandikan. Keris memiliki panjang seperti pisau dan keunikannya terletak di gagangnya.

 

Gagang dari Keris berbentuk seperti ular meliuk. Senjata tradisional satu ini juga sering digunakan sebagai simbol status kebangsawanan yang diselipkan di pinggang sebelah kiri sebagai tanda keberanian dan status priyayi. Keunikan-keunikan itu lah yang menjadi keris sebagai senjata tradisional paling dikenal.

 

Senjata Tradisional Indonesia – Mandau

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: .bukalapak.com/

 

Setelah Keris ada pilihan senjata tradisional Indonesia yang ternyata juga tak kalah menariknya, bahkan juga sering dibicarakan oleh para kolektor loh, yaitu Mandau. Senjata ini juga memiliki bentuk yang unik serta berkaraktek, tak heran apabila ketika lo pertama kali melihatnya akan langsung mengenalinya.

 

Senjata tradisional suku Dayak ini lebih mirip seperti pedang karena bentuknya lumayan panjang. Bahkan eksistensinya pun terkenal hingga luar negeri loh, tak terhitung banyaknya wisatawan asing yang membawa Mandau ke negaranya masing-masing untuk dijadikan suvenir.

 

Konon sejata ini sempat jadi andalan untuk menebas kepala lawan, ketika suku-suku Dayak yang ada di Kalimantan mengadakan perang sesama mereka sendiri. Tentu hal tersebut terjadi ketika zaman dahulu yaa bro, sekarang sudah damai-damai saja kok.

 

Senjata Tradisional Indonesia – Rencong

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: /steemit.com

 

Berpindah ke Aceh terdapat sebuah senjata tradisional yang cukup unik, karena bentuknya sangat pendek, yaitu Rencong. Rencong sendiri memang sudah sangat terkenal karena memilik bentuk yang unik serta ukirannya pun cukup menarik perhatian.

 

Pada masa lalu, Rencong merupakan pertanda status kebangsawanan dan melambangkan kehormatan serta sisi maskulin dari pemegangnya. Walaupun memiliki ukuran yang kecil, konon senjata ini juga sering digunakan ketika perang pada zaman dahulu loh.

 

Selama perang melawan penjajah, Rencong menjadi salah satu senjata paling penting bagi penduduk Aceh. Sementara bagi sebagian kecil komuniatas di tempat asalanya, senjata ini dianggap sebagai benda sakral. Sehingga mempunyai kemiripan dengan Keris.

 

Senjata Tradisional Indonesia – Badik

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: badiksulawesi.com

 

Senjata tradisional lainnya yang perlu untuk lo ketahui ialah Badik. Bukan tanpa sebab, karena senjata ini memiliki bentuk unik serta cerita yang tak kalah menariknya. Badik sendiri merupakan senjata tradiisonal suku Bugis dan Makassar.

 

Bentuknya memilki kemiripan dengan Rencong, namun memang memiliki ukuran yang lebih besar. Senjata ini memiliki sejarah panjang sejak dimulainya zaman kerajaan Sulawesi dan sudah lama digunkaan sebagai alat membela diri dan juga pertarungan antara individu atau kelompok.

 

Karena bentuknya yang memiliki karakter cukup kuat, tak heran apabila banyak dari para kolektor yang ingin memilikinya. Belum lagi dengan ukiran-ukiran khas Sulawesi Selatan menjadi daya tarik utamanya. Senjata ini tidak memiliki unsur mistis kok.

 

Senjata Tradisional Indonesia – Kujang

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: tkardinpisau.co.id

 

Kalau lo tinggal di kawasan Jawa Barat pasti udah enggak asing lagi dengan senjata tradsional satu ini, karena eksistensinya cukup tinggi. Kujang merupakan senjata yang umum digunakan oleh masyarakat Sunda di masa lalu.

 

Namun memang sekarang keberadaannya pun kian langka, tergusur oleh Bedok, parang untuk berkebun dengan bentuk yang lebih panjang dan praktis. Kujang sendiri juga memiliki bentuk unik, hampir mirip dengan Rencong ataupun Keris.

 

Ukurannya yang kecil hingga ukirannya membuatnya sering sekali menjadi incaran bagi para kolektor. Tak hanya itu saja, Kujang juga sering digunakan sebagai hiasan atau barang koleksi bagi para penikmat benda-benda antik. Bisa dikatakan pula ini merupakan senjata tradisional yang langka loh.

 

Senjata Tradisional Indonesia – Clurit

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik!

Kaya akan Budaya, Indonesia Juga Memiliki 6 Senjata Tradisional yang Ikonik serta Menarik! Credit: /tkardinpisau.co.id/

 

Bisa dikatakan ini merupakan senjata tradisional yang paling banyak dikenal, karena hingga hari ini masih sering digunkaan untuk berkebun. Dahulunya Clurit digunakan oleh suku Madura untuk memotong rumput. Yang nantinya rumput tersebut diberikan untuk para sapi.

 

Namun tak jarang Clurit sendiri digunakan sebagai senjata untuk duel antar individu loh. Bentuk Clurit sendiri mirip seperti bulan sabit dan sangat praktis untuk digunakan sebagai alat memotong rumput. Untuk menemukannya juga tidak sulit kok bro.

 

**

 

 

Jadi bagaimana dengan informasi seputar pilihan senjata tradisional Indonesia di atas? Semoga lo bisa lebih mengetahui mengenai budaya negara ini. Walaupun berbagaya, senjata tradisional sudah masuk ke dalam bagian hidup orang Indonesia. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: nasional.sindonews.com

 

 

 

Featured Image: iqra.id

 

Trending Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Sunda ada kujang
SRI YAYA ASTUTI
Senjata Tradisional Indonesia untuk melawan para penjajah
Resatya Oktafitullah SAV
Mantapssss Indonesia kaya akan budaya
ditra nugraha
iwonderful Indonesia
agung
tq info ya
Sandi L
Mantappp
AMBO SOLLE
Ada badik Makassar
Kristian Mustafa
Pusaka Ciri khas setiap daerah
Andi Syafruddin
Warisan yang perlu dilestarikan
Laudu
.warisan yang hrus dilestarikan