Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak?

Eco Traveling merupakan sebuah istilah di mana lo bisa melakukan banyak hal loh. Penasaran apa sih sebenarnya istilah tersebut? Lihat saja beberapa informasinya di bawah ini!

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak?

Eco Travel atau biasa juga disebut Eco Tourism tenyata memiliki perkembangan yang cukup pesat akhir-akhir ini, apalagi untuk kalangan traveler. Alasannya pun cukup sederhana, karena kesadaran akan pelestarian dari bumi. Yaap, sesuai dengan namanya, Eco Travel memang mengajak para penggiat traveling untuk tetap melakukan kegiatan favoritnya namun tidak lupa untuk tetap menjaga kelestarian alam.

 

Namun apakah makna dari Eco Travel hanya sebatas itu saja? Tentu saja tidak, jenis atau sub kegiatan ini memiliki jangkauan luas. Bahkan memiliki efek atau impact loh untuk kehidupan manusia ke depannya. Tentu efek tersebut juga bisa berguna untuk diri lo sendiri. Rasa peka terhadap kondisi dunia saat ini, apalagi bila membicarakan mengenai alam sudah seharusnya tumbuh.

 

 

Oleh karena jangkauan luasnya tersebut, di dalam artikel ini akan memberikan sebuah informasi seputar Eco Travel, keuntungan apa yang bisa didapatkan hingga sebenarnya makna sesungguhnya dari jenis kegiatan ini. Tentunya agar semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya kehadiran alam beserta kondisinya untuk kelangsungan hidup.

 

Eco Travel itu Apa Sih?

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak?

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak? Credit: .tourradar.com

 

Enggak perlu malu kok untuk bertanya seputar jenis kegiatan satu ini, malahan lebih baik lo bertanya daripada sok tahu dan bisa merusak citra dari Eco Travel itu sendiri. Langsung saja masuk ke dalam pembahasannya yaa.

 

Eco Travel sendiri berarti lo akan melakukan travel secara lebih bertanggung jawab. Sehingga lo tidak hanya menikmati keindahan yang ada di destinasi lo, namun lebih dari itu. Perlu untuk diakui kok, sudah banyak tempat-tempat wisata baik itu di dalam negeri maupun luar yang sudah memiliki kondisi cukup miris. Bahkan bukan hanya tempat wisatanya saja, kondisi alamnya pun juga memiliki kondisi yang sama.

 

Nah, dengan kehadiran dari Eco Travel ini bisa menjadi cara paling mudah untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap alam. Bahkan juga memberikan sebuah efek terhadap destinasi lo. Ambil contoh saja, lo pergi ke sebuah desa, lalu lo akan memberikan sebuah dampak positif dalam bentuk pelestarian alamnya hingga memberikan sebuah arahan.

 

Memberikan Efek Berarti untuk Warga Lokal

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak?

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak? Credit: kemdikbud.go.id

 

Yaap, Eco Travel bukan hanya mengajak lo untuk menjaga kelestarian alam loh. Karena lo juga patut untuk memberikan sebuah dampak untuk masyarakat lokal di tempat di mana lo datang. Caranya pun cukup mudah kok, selain memberikan arahan, lo juga patut untuk memberikan contoh terhadap warga lokal.

 

Membangun rasa peka serta hormat terhadap alam pun menjadi faktor paling penting untuk bisa lo informasikan kepada warga lokal. Karena kedua hal tersebut merupakan pondasi kepada orang yang dituju. Selain dari itu lo juga harus memberikan sebuah pengalaman positif.

 

Jangan lupa juga untuk memberikan efek berarti dalam jangka waktu yang panjang yaa, seperti pengajaran bagaimana mengelola alam dengan cara lebih baik, mungkin dengan campur tangan teknologi hingga memberikan kemampuan khusus atau skill kepada warga lokal.

 

Keuntungan yang Bisa Didapatkan

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak?

Mengenal Istilah Eco Travel, Apakah Semua Orang Bisa Melakukannya atau Tidak? Credit: /medium.com

 

Keuntungan yang dimaksud bisa untuk alamnya itu sendiri ataupun warga lokalnya, bahkan bisa dikatakan juga kalau eco travel ini sendiri merupakan sebuah kegiatan yang mampu memajukan serta terus menjaga kelestarian alam. Oo iyaa, perlu untuk diketahui juga untuk melakukannya lebih baik dalam bentuk kelompok yaa.

 

Tentunya proteksi terhadap lingkungan alam menjadi keuntungan pertama yang bisa didapatkan dari Eco Travel, lalu juga bisa memberikan keuntungan dalam bidang ekonomi bagi para masyarakat lokal, lalu juga mampu memperkuat komunitas lokal.

 

Tak heran apabila Eco Travel itu sendiri merupakan kegiatan paling berkesan di dalam hidup lo kelak. Lo enggak perlu langsung mulai dari skala besar. Coba saja mulai dari skala kecil, karena tujuannya itu sendiri memberikan sebuah dampak. Akan disayangkan apabila lo sudah melakukan hal dalam skala besar namun tidak memiliki dampak sama sekali.

 

Bagaimana Cara untuk Merealisasikannya?

 

Biasanya kalau lo melakukan traveling, tujuan lo mungkin akan ke tempat-tempat yang sudah terkenal akan keindahan alam ataupun memang sudah merupakan tempat di mana lo bisa menikmati pemandangan alam nan indah.

 

Berbeda dengan Eco Travel, coba deh untuk mendatangi tempat-tempat yang jauh dari peradaban atau susah untuk digapai. Seperti hutan Kalimantan yang menjadi tempat tinggal bagi para Suku Dayak asli. Dari situ lo bisa mendapatkan banyak hal loh, serta bisa memberikan sebuah dampak positif.

 

Jangan lupa pula untuk mengajak orang yang sudah mengerti atau memiliki pengetahuan seputar tempat atau destinasi lo yaa. Dengan melakukan Eco Travel, lo juga berlibur melepaskan penat dan juga bisa memberikan efek. Tentu perpaduan dua hal ini menjadi sebuah pengalaman berarti di dalam hidup.

 

Sebenarnya tak ada yang sulit untuk dilakukan selama lo memiliki niat untuk melakukannya. Sehingga Eco Travel itu sendiri bisa kok dilakukan oleh siapapun. Kalau memang lo memiliki kesempatan serta niat membara, kenapa harus ditunda lagi?

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan Eco Travel? Apakah dalam waktu dekat ini lo akan melakukannya? Yaap, bisa dikatakan juga kalau jenis kegiatan atau sub dari traveling ini merupakan sebuah perpaduan antara liburan dengan kegiatan kemanusiaan.

 

Kalau memang hati lo tergerak untuk melakukannya, langsung saja siapkan segala keperluan yang dibutuhkan, mulai dari destinasi, hingga cara paling mudah untuk merealisasikannya. Semangat selalu dan jangan berhenti melakukan kebaikan baik untuk alam dan sekitar. Semoga hari lo menyenangkan!

 

 

 
Featured Image: adventurespartner.blogspot.com

 

 

In Depth Beginner solo traveling

18 COMMENTS

SHARE
Mochamad Iqbal Zakaria
Jadi pengen liat yang seger2
Firgiawan
Keren banget
Galuh Gumilang
Eco Travel
dephy
TRAVELING SEHAT
ditra nugraha
seharusnya seperti itu,
Ldr_Lstyd
Mantap gan
Agus Sungkawa
Siap berangkat.. eco travel
agung
tq info ya
AMBO SOLLE
Yg penting niat Aja dulu
Monides Sagala
Menjaga kelestarian alam