Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Tak hanya Jepang saja loh yang memiliki kereta tercepat di dunia, kalau enggak percaya simak saja beberapa pilihannya di bawah ini!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Kemajuan teknologi tidak hanya sebatas dari alat komunikasi saja loh, tentunya terdapat banyak sekali cabang lainnya, termasuk transportasi. Yaap, hal tersebut bisa terlihat dari beberapa pilihan kereta cepat yang uniknya tidak perlu lagi menggunakan roda. Tak hanya itu saja, kereta-kereta cepat yang dimaksud benar-benar bisa melesat seperti kilat.

 

Memang Jepang menjadi salah satu negara yang paling terkenal bila membicarakan mengenai kereta dengan kecepatan tinggi. Namun jangan salah loh, masih banyak negara-negara lain di dunia ini dengan pilihan kereta lebih cepat bahkan lebih maju teknologinya.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kereta cepat di dunia, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah. Tak hanya cepat, ternyata kereta-kereta tersebut juga memiliki kenyamanan, sehingga buat siapapun yang mencobanya benar-benar merasakan rasa nyaman serta aman.

 

Kereta Tercepat di Dunia – Shanghai Maglev, Tiongkok

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui! Credit: id.wikipedia.org

 

Yaap, ternyata kereta tercepat di dunia bukan berasal dari Jepang loh, nyatanya berasal dari Tiongkok. Negara dengan populasi paling banyak di dunia ini memang memiliki inovasi atau terobosan mengenai transportasi massal cepat.

 

Kereta dengan nama Shanghai Maglev ini bisa melaju pada kecepatan 267,8 mph (Miles Per Hour). Tak heran apabila kereta ini layak untuk dinobatkan yang paling cepat. Uniknya kereta ini juga tidak menggunakan roda, karena sudah terdapat teknologi levitasi magnetik.

 

Fakta menarik seputar kereta selain dari kecepatannya yaitu dari kenyamanannya. Percaya atau tidak, para penumpang tidak akan merasakan adanya bunyi atau gesekan loh. Hal tersebut dikarenakan kereta diangkat 1 cm di atas track.

 

Shanghai Maglev sendiri melayani perjalanan dari Bandara Internasional Pudong Shanghai ke Stasiun Metro Longyang di Shanghai. Perjalanan dengan jarak tempuh sekitar 30 km, kereta hanya perlu meluncur selama 7 menit saja loh.

 

Kereta Tercepat di Dunia – Harmony CRH 380A, Tiongkok

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui! Credit: en.wikipedia.org

 

Tiongkok masih memiliki pilihan kereta dengan kecepatan cukup tinggi loh, yaitu Harmony CRH 380A. Kereta ini sendiri pertama kali dioperasikan sejak Oktober 2010, kereta ini juga melaju dari Shanghai-Nanjing dan Shanghai-Hangzhou, serta juga melayani sepanjang rute Wuhan ke Guangzhou.

 

Kereta dengan kecepatan 236,12 mph ini dirancang dari hasil penelitian oleh berbagai universitas di Tiongkok. Lalu dikembangkan oleh CSR Corporation Limited dan saat ini diproduksi oleh SCR Qindao Sifang Locomotive & Rolling Stock Co., Ltd.

 

Fitur dari kereta ini ternyata tak hanya dari kecepatannya saja, karena ketika berada di dalam Harmony CRH 380A ini para penumpang pun diberikan pilihan untuk memilih beberapa kelas, salah satunya ialah zona VIP. Penumpang yang memilih kelas ini akan duduk di dekat kabin kemudi, sehingga menyuguhkan pemandangan spektakuler.

 

Selain itu, di dalam kereta ini juga terdapat tempat makan bernama Bistro Bar dengan layanan makanan ringan, beserta dengan bartender yang siap menyajikan minuman pilihan. Lalu setiap kursi di kereta juga dilengkapi dengan layar, dashboard, lampu baca, stop kontak, hingga kursi berputar.

 

Kereta Tercepat di Dunia – AGV Italo, Italia

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui! Credit: commons.wikimedia.org

 

Berpindah ke benua Eropa lo bisa menemukan kereta dengan kecepatan tinggi tepat di Italia, yaitu AGV Italo. Kereta ini melayani perjalanan dengan rute Napoli – Roma – Firenze – Bologna – Milano dengan kecepatan 223,6 mph.

 

Ternyata bukan hanya tercepat, kereta ini juga dianggap sebagai kereta paling modern di dataran Eropa, AGV Italo sendiri mulai beroperas pada April 2012. Perlu untuk diketahui juga kalau kereta ini merupakan hasil rancangan dari Alstom.

 

Kereta ini juga memiliki 7 hingga 14 gerbong, dengan kapasitas sekitar 245 hingga 446 orang. Uniknya lagi 98 komponen kereta bisa didaur ulang. Tak hanya itu saja, biaya pembuatannya juga jauh lebih murah bila dibandingkan dengan kereta sejenis.

 

Berbicara mengenai fasilitasnya, kereta ini menawarkan Wi-Fi gratis, televise hingga kursi yang bisa disesuaikan tinggi rendahnya. Selama berada di dalam kereta, penumpang juga akan dimanjakan dengan desain interior yang menggabungkan tiga atmosfer, yaitu Club, Prima, dan Smart.

 

Kereta Tercepat di Dunia – Siemens Velaro, Spanyol

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui! Credit: commons.wikimedia.org

 

Masih berada di dataran Eropa, terdapat satu kereta dengan kecepatan cukup tinggi, yaitu Siemens Velaro. Kereta ini bisa lo dapatkan di Spanyol serta mampu melaju hingga 217,4 mph. Kereta cepat ini beroperasi di jalur Barcelona – Madrid dengan waktu tempuh sektiar 2 jam 30 menit saja.

 

Siemens Valero juga dilengkapi dengan beragam teknologi canggih, salah satunya pada pengurangan suara bising. Keunggulan dari kereta ini juga bisa menerjang hujan es serta salju dan masinis bisa melihat jalur dengan jelas walaupun kondisi bersalju.

 

Kereta ini sendiri dipesan oleh Spanish National Railways Renfe. Selain beroperasi di Spanyol, kereta ini juga digunakan di Jerman, Belgia, Perancis, Inggris, Belanda, Tiongkok, Rusia dan Turki. Tak heran apabila kereta ini pun cukup populer di Eropa.

 

Kereta Tercepat di Dunia – Talgo 250, Spanyol

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui!

Selain Jepang, Ini Merupakan Kereta Tercepat di Dunia yang Patut untuk Lo Ketahui! Credit: .talgo.com

 

Spanyol ternyata juga memiliki pilihan lainnya apabila berbicara mengenai kereta tercepat yaitu Talgo 350 yang bisa melaju hingga 217,4 mph. Kereta yang dikembangkan oleh Patetes Talgo (sebuah perusahaan Spanyol).

 

Talgo 350 sendiri punya bentuk yang unik, karena menyerupai hidung bebek atau pato. Sementara untuk fasilitas, kursi di dalam kereta ini empuk serta dilengkapi dengan perangkat video dan audio, lampu baca, meja, serta stop kontak.

 

**

 

 

Jadi bagaimana dengan informasi seputar kereta tercepat di dunia selain Jepang? Bisa dikatakan juga kalau kemajuan teknologi di dunia ini memang sangat pesat. Adakah yang sudah mencoba beberapa pilihan kereta cepat di atas?

 

Source: kumparan.com

 

 

 

Featured Image: /turnbackhoax.id

 

Trending Beginner solo traveling

19 COMMENTS

SHARE
Firgiawan
Indonesia kapan nih
SRI YAYA ASTUTI
semoga indonesia bisa punya kereta seperti ini
Sandi L
.nice info
Ldr_Lstyd
Kapan Indonesia ya
Laudu
Indonesia kpn
Fatmawati
Keren ..
AMBO SOLLE
Semoga DI Makassar juga nanti ada
Masni
Mudah mudahan di Sulselbar ada
Yumna Aditya Prakoso
indonesia ga ada ya
Resatya Oktafitullah SAV
Teknologi semakin maju