Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya!

Mabuk darat sering menjadi momok menyebalkan ketika sedang melakukan perjalanan jauh. Ingin tahu kenapa hal itu bisa terjadi dan bagaimana solusinya? Simak saja beberpa informasinya di bawah ini!

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya!

Ketika lo melakukan perjalanan darat jauh tentunya ada banyak rintangan yang akan dihadapi, mulai dari tingkat konsentrasi tinggi hingga mabuk darat. Nah, mabuk darat memang bisa menyerang siapa saja, sehingga ada nih bro beberapa cara agar lo bisa terhindar darinya. Caranya pun cukup sederhana serta cukup ampuh loh.

 

Memang perjalanan darat sendiri tidak selalu manis atau mulus, terkadang faktor-faktor bisa terjadi serta akan membuat lo tidak nyaman. Tak heran apabila mabuk darat sendiri menjadi sebuah permasalahan cukup signifikan bagi beberapa orang. Mabuk darat sendiri sangat identik dengan perasaan mual, pusing, keringat dingin hingga muntah.

 

 

Untuk itu di dalam artikel ini akan membahas mengenai bagaimana sih cara paling ampuh untuk mengatasinya, bukan hanya sekedar memakan makanan yang manis seperti permen atau buah-buahan saja loh. Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa.

 

Kok Bisa Mabuk Darat Yaa?

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya!

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya! Credit: .kaskus.co.id

 

Pertanyaan ini sering muncul di benak banyak orang apabila gejala ataupun mabuk darat itu sering datang ketika sedang melakukan perjalanan darat tentunya. Sebenarnya ada beberapa faktor atau kemungkinan yang bisa membuat lo merasakan mabuk darat itu sendiri.

 

Faktor yang paling besar bisa terjadi ialah dengan adanya gangguan keseimbangan, terjadi karena mata dan telinga lo terganggu. Mengapa bisa begitu? Alasannya pun cukup sederhana, karena kendaraan terus bergerak, sehingga menimbulkan gejala kepala berputar, mual hingga muntah.

 

Namun bisa juga terjadi akibat adanya riwayat penyakit yang menyerang organ keseimbangan, di mana gejala akan muncul apabila dipau dengan hal-hal yang mengganggu organ keseimbangan serperti naik kendaraan. Namun tenang saja, ada kok langkah-langkah penting yang bisa membuat lo terhindar dari mabuk darat.

 

Langkah-Langkah Mencegah Mabuk Darat

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya!

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya! Credit: vox.com

 

Ada kok langkah-langkah penting yang bisa lo lakukan agar terhindar dari mabuk darat, serta langkah-langkahnya pun cukup mudah untuk lo lakukan. Daripada lo semakin penasaran bagaimana caranya untuk terhindar dari mabuk darat, langsung saja simak beberapa informasinya ini.

 

Hal pertama yang patut untuk lo lakukan ialah dengan mengisi perut lo terlebih dahulu, jangan sampai perut dalam kosong sebelum berangkat yaa. Lalu coba deh untuk meminum obat anti muntah, kalau memang diperlukan.

 

Ketika naik kendaraan usahakan jangan meminum minuman bersoda, makan makanan yang sekira dapat memicu mual. Lalu saat naik kendaraan, posisikan badan senyaman mungkin dan hindari aktivitas membaca buku atau bermain HP. Usahakan mata agar tetap fokus. Ingat selalu untuk memposisikan kepala dalam keadaan stabil.

 

Kalau bisa lo jangan makan berlebihan nih bro, karena akan membuat perut lo terlalu penuh sehingga bisa mendatangkan kemungkinan lo akan muntah. Konsumsi permen mint juga bisa menjadi solusinya atau pejamkan mata untuk mencegah gejala mual. Pejamkan mata lo ketika gejala mual, pusing, dan keringat dingin mulai muncul. Lakukan hal ini hingga kondisi tubuh lo sudah mereda atau membaik yaa.

 

Hal yang Patut untuk Dihindari

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya!

Ini Dia Alasan Mengapa Lo Bisa Terkena Mabuk Darat serta Solusinya! Credit: menshealth.com.au

 

Selain dari langkah-langkah untuk mencegah mabuk darat, ternyata juga terdapat beberapa hal yang patut lo lakukan loh. Paling mudah ialah untuk memperhatikan makanan yang akan lo konsumsi, bahkan beberapa pilihan makanan bisa menjadi penyebab utama mabuk darat.

 

Nah, apa saja sih makanan atau minuman yang dimaksud? Coba deh untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan bersoda, baik itu sebelum perjalanan ataupun tidak. Lalu jangan minum kopi secara berlebihan, kandungan kafein memang bisa membuat mata terjaga, namun juga bisa membuat ketegangan saraf kepala sehingga pusing bisa memicu mual dan muntah.

 

Selain dari apa yang lo konsumsi, sangat disarankan juga untuk tidak makan secara berlebihan atau terlalu kenyang karena hal tersebut juga bisa memicu mabuk perjalanan, sehingga jangan pernah membuat perut lo dalam kondisi terlalu kenyang.

 

Apa yang Harus Lo Lakukan Ketika Sudah Mual

 

Memang rasa mual itu akan susah sekali untuk dihindari, walaupun beberapa cara di atas sudah dilakukan namun tetap saja tidak ampuh, ada nih beberapa hal sederhana yang bisa lo lakukan untuk mengatasinya. Jika memang sudah mual, muntahkan saja. Jangan ditahan, oleh sebab itu, sangat disarankan untuk membawa kantung muntah apabila lo merasa diri lo sering mabuk darat.

 

Setelah sudah muntah, minumlah air putih untuk mencegah dehidrasi. Lalu cobalah untuk makan makanan ringan. Jika rasa sakit kepala sudah reda, coba untuk memfokuskan mata lo. Agar tubuh semakin  rileks, stabilkan kepala dan gunakan minyak kayu putih agar tidak mual.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau mabuk darat tidak hanya bisa menyerang penumpang saja loh, bahkan untuk pengemudinya pun bisa terserang hal ini loh. Untuk itu ada nih beberapa langkah juga kalau memang lo sudah merasa mual ketika sedang mengemudi.

 

Coba deh untuk menyediakan permen karet untuk memberikan efek rileks ketika mengemudi atau juga bisa diganti dengan permen mint untuk menghilangkan mual. Membuka sedikit jendela mobil agar lebih fresh juga bisa menjadi langkah tepat loh. Kalau memang sudah tidak bisa dikendalikan, sangat disarankan untuk menepi yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar cara dan alasan mengapa mabuk darat itu bisa datang ketika melakukan perjalanan darat cukup jauh? Semoga bisa menjadi salah satu panduan atau acuan lo yaa. Yang paling terpenting ialah untuk selalu utamakan keselamatan ketika mengemudi yaa dan coba untuk menjalni beberapa langkah di atas agar lo bisa terhindar yaa.

 

Source: phinemo.com

 

 

 

Featured Image: bandung.merdeka.com

 

 

 

Trending Beginner solo traveling

22 COMMENTS

SHARE
AMBO SOLLE
Jangan lihat HP aja
Masni
Wow sangat bermanfaat, makasih infonya
SURIANTO
Sangat bermanfaat
Yumna Aditya Prakoso
makasih infonya min
Resatya Oktafitullah SAV
Aku gapernah kok
Firgiawan
Nice info.. jangan terlalu banyak pegang handphone
Sandi L
Nice info
Sandi L
Ngiler jadinya
Fatmawati
Mantappp
Hari Tristiyanto
Makasih info nya