6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

Indonesia memang kaya akan kebudayaan, tarian perang merupakan salah satunya. Nah, ini dia 6 pilihan tarian perang yang patut untuk lo ketahui bro!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

Tarian memang menjadi sebuah budaya yang sudah ada di tengah-tengah kehidupan orang Indonesia dari zaman dahulu. Bahkan tarian-tariannya itu sendiri terdapat beberapa jenisnya, termasuk tarian perang loh. Nah, di Indonesia terdapat pilihan tarian perang yang memang sudah lama ditinggalkan oleh nenek moyangnya. Namun hingga hari ini semangat untuk terus menjaga serta melestarikannya pun masih cukup tinggi.

 

Namun jangan salah sangka terlebih dahulu kalau tarian perang itu sendiri tidak akan terjadi pertumpahan darah, melainkan sebuah pertunjukan seni tinggi serta sangat menarik untuk ditonton. Belum lagi dengan keberagaman suku dari Sabang hingga Merauke, sehingga ada banyak varian dari tarian perangnya dengan keunikannya tersendiri.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan tarian-tarian perang yang ada di Indonesia, langsung saja simak beberapa pilihannya di bawah ini. Semoga lo bisa mengenal kebudayaan negeri ini lebih dalam lagi. Karena memang tarian-tarian perang di Indonesia sendiri memiliki sebuah daya tarik yang akan membuat lo lebih bangga loh.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tari Perang Nias

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat! Credit: /id.diversity.id/

 

Nias memang sebuah pulau yang terkenal dengan keindahan alamnya, lo bisa mendapatkan pilihan pantai serta ombak nan memukau di sana. Namun bukan hanya itu saja yang bisa lo dapatkan di sana, karena terdapat tarian perang yang sangat seru sekali apabila bisa lo saksikan loh.

 

Tari Perang Nias pun menggambarkan perjuangan nenek moyang Suku Nias dalam mempertahankan kampung/desanya dari serangan kampung lain. Tarian ini masih ada hubungannya dengan budaya lompat batu.

 

Budaya lompat batu sendiri merupakan salah satu cara yang ditempuh oleh Suku Nias dalam mempersiapkan para pemudanya untuk berperang. Dengan menggunakan baju adat yang didominasu dengan warna merah dan hitam akan membuat tarian ini pun semakin unik.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tua Reta Lo’u

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat! Credit: /twitter.com

 

Berikutnya mengenai tarian perang di Indonesia, lo harus jalan-jalan ke Maumere, karena di sana terdapat tarian bernama Tua Reta Lo’u yang akan membuat lo terpukau akan keunikannya. Tua Reta Lo’u sendiri merupakan tarian tradisional Maumere.

 

Tarian ini menggambarkan teknik perang Suku Maumere dan Sikka Krowee pada zaman dahulu. Sehingga hampir semua gerakannya pun memang akan memperlihatkan bagaimana kedua suku tersebut berperang dahulunya.

 

Biasanya seorang pria dalam balutan busana tradisional akan meliuk di udara dengan tumpuan bambu setinggi tiga hingga empat meter. Lalu ia akan mengayunkan pedangnya, sementara beberapa orang di bawah sibuk memegangi bambu yang memang dijadikan tumpuan.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tari Hedung

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat! Credit: aryegedeona1985.blogspot.com

 

Ketika lo sedang berada di Flores, jangan lupa untuk melihat keindahan tarian perangnya yaa, yaitu Tari Hedung. Tarian ini merupakan kebudayaan Suku Adonara yang memang berada di Flores, Nusa Tenggara Barat.

 

Tarian ini menggambarkan semangat juang para nenek moyang ketika berada di medan perang. Sehingga gerakannya pun benar-benar memperlihatkan apa yang biasanya terjadi ketika perang pada zaman dahulu. Bahkan penarinya sendiri bebas, bisa wanita atupun pria.

 

Para penarinya pun akan menggunakan pakaian tradisional sembari membawa benda panjang yang memiliki kemiripan dengan tombak. Tak heran apabila tarian ini juga menarik banyak perhatian baik dari wisatawan dalam maupun luar negeri.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tari Ajay Kenyah

 

Berpindah ke Kalimantan Timur, di sana lo juga bisa melihat tarian perang nan megah. Mulai dari pakaian adat hingga peralatan yang digunakan pun semuanya benar-benar megah, Belum lagi dengan perpaduan warna hitam dan kuning akan mudah sekali menjadi pusat perhatian.

 

Tari Ajay Kenyah biasanya ditampilkan oleh Suku Dayak Kenyah dari Kalimantan Timur. Ajay sendiri merupakan kata dari bahasa tradisional setempat, yang berarti teriakan perang atau bentuk semangat untuk membela suku.

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau tarian perang satu ini sering juga ditampilkan dalam pertunjukan budaya atau kala menyambut tamu penting loh. Sehingga jangan pernah salah pemikiran yaa kalau tarian perang itu selalu mengerikan bro.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tari Caci

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat! Credit: commons.wikimedia.org

 

Ternyata Flores memiliki tarian perang lagi loh selain dari Tua Reta Lo’u, yaitu Tari Caci. Tarian ini bisa digolongkan sebagai tarian atau permainan. Dalam tarian ini terdapat dua orang laki-laki yang akan saling bertarung menggunakan cambuk dan perisai.

 

Satu orang akan bertahan menggunakan tameng, sementara lainnya akan aktif menyerang. Sama halnya dengan Tari Ajay Kenyah di Kalimantan Timur, Tari Caci juga sering diperagakan untuk menyambut tamu penting loh. Percayalah kalau Tari Caci akan sangat seru sekali untuk bisa lo saksikan.

 

Pilihan Tarian Perang di Indonesia – Tari Perang Papua

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat!

6 Pilihan Tarian Perang di Indonesia yang Unik serta Memiliki Karakteristik Kuat! Credit: riskangilan.com

 

Papua juga memilki tarian perang yang enggak luput untuk diperhatikan loh, karena tariannya memiliki gerakan unik serta memiliki karakter cukup kuat. Bahkan tarian ini juga sering ditampilkan dalam beragam acara, seperti pertunjukan budaya, upacara adat, maupun jika ada tamu penting datang.

 

Dalam tarian ini, para pria akan berdandan dengan pakaian adat papua serta membawa beragam atribut perang seperti tombak dan busur panah. Memang terdengar cukup agresif, namun tarian perang ini bermaksud untuk menggambarkan jiwa kepahlawan Suku Papua di medan perang.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan pilihan tarian perang yang ada di Indonesia? Semoga lo lebih tahu lagi mengenai budaya di negeri ini yaa. Karena memang kebudayaan di Indonesia sangat beragam serta unik. Sehingga akan sangat disayangkan apabila lo tidak mengetahuinya yaa. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan!

 

Source: /travelingyuk.com/

 

 

 

Featured Image: faktualnews.co

 

 

 

Trending Beginner solo traveling

12 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Ragam budaya Nusantara,menjaga dan melestarikannya tugs kita bersma
Amin Rois
Mari lestarikan warisan leluhur bangsa, demi kejayaan Nusantara
Masni
Melestarikan budaya dan adat, Indonesia mantap
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
AMBO SOLLE
Kotekanya panjang2
Galuh Gumilang
mantaaap
samsul hadi
indonesia banget ... keren
dephy
Kekayaan Budaya indonesia yang harus dijaga
J Apriansyah
Kearifan lokal yg selalu hrs d jaga
Laudu
Mantappp