Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular!

Musim hujan memang menjadi waktu paling tepat untuk para ular bertelur. Secara tidak langsung, maka akan banyak sarang ular bertebaran. Nah, gimana sih cara mengetahui keberadaannya? Simak saja informasinya di bawah ini!

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular!

Akhir-akhir ini banyak sekali munculnya sarang ular, bahkan sangat dekat sekali dengan rumah atau tempat beraktivitas manusia. Bukan hanya satu, namun sudah banyak sarang ular ditemukan. Tentunya hal ini bukan tanpa alasan, sebab perlu untuk lo ketahui kalau akhir tahun merupakan musim di mana para ular akan bertelur.

 

Tidak bisa dipungkiri juga kalau fenomena munculnya ular ini membuat banyak orang ketakutan hingga bingung harus berbuat apa. Tentu hal pertama yang paling ditakutkan ialah apabila terkena gigitan dari ular, apalagi kalau ular tersebut berbisa. Sarang ular pun bisa ada di mana-mana loh, sehingga jangan lupa untuk menjaga kebersihan lingkungan yaa.

 

 

Nah, bagaimana cara paling ampuh untuk menanggulangi masalah ini? Daripada lo kebingungan agar bisa mengetahui keberadaan dari sarang ular maupun keberadaan dari ular itu sendiri, langsung saja simak beberapa informasi di bawah ini. Semoga bisa berguna dan lo bisa terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Tanda-Tanda Keberadaan Sarang Ular

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular!

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular! Credit: simomot.com

 

Langkah pertama yang perlu untuk lo ketahui ialah bagaimana cara mendeteksi keberadaan dari sarang ular. Sehingga langkah ini pun menjadi sangat penting agar lo bisa menghindar atau bahkan mengusir ular agar tidak tinggal di dekat tempat tinggal.

 

Keberadaan sarang ular itu sendiri biasanya ditemukan di area taman, ruang terbuka semak-semak atau rumput panjang yang belum terpangkas. Nah, untuk tanda-tanda umum untuk melihat apakah ada ular di dekat tempat tinggal atau sekitar lo, bisa dilihat dari adanya bekas kulit. Perlu untuk diketahui juga kaalu ular akan berganti kulit sekitar 6 kali dalam setahun. Proses ini juga dikenal dengan moulting.

 

Juga terdapat tempat-tempat tertentu di mana ular mungkin bisa bersembuyi loh, bisa di lahan terbuka seperti lapangan atau daerah semak. Taman dengan kolam, kayu, batu atau puing-puing menumpuk di sekitar. Sehingga kebersihan itu sendiri merupakan faktor paling penting untuk selalu lo jaga.

 

Tempat-Tak Tak Terduga yang Bisa Menjadi Sarang Ular

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular!

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular! Credit: idntimes.com

 

Ular memang merupakan hewan reptil yang akan membuat banyak orang ketakutan ketika melihatnya, karena hewan ini juga terkenal mampu melumpuhkan mangsa lewat lilitannya atau bisa. Memiliki bentuk tubuh elastis membuatnya mudah untuk masuk ke tempat-tempat sempit yang tak terpikirkan sekalipun.

 

Percaya atau tidak, pernah ditemukan di Thailand pada tahun 2016 silam seekor ular kobra sepanjang satu meter muncul dari lubang toilet. Bahkan ular tersebut berada di rumah salah satu warga loh. Untungnya langsung ditangani oleh pihak berwajib.

 

Selain dari toilet, ternyata sepatu pun juga bisa menjadi tempat di mana ular bisa bersarang loh. Bayangkan saja apabila lo ingin menggunakan sepatu favirut, lalu menemukan ular di dalamnya. Tentu hal ini menjadi fenomena yang tidak diinginkan bukan?

 

Percaya atau tidak, ular juga bisa loh berada di dalam mesin mobil, sehingga kalau lo ingin melakukan perjalanan menggunakan mobil, jangan lupa untuk mengecek terlebih dahulu kap mobil atau bagian bawah mobil, apalagi sekarang lagi musim bertelur ular.

 

Bahkan bagian bawah dari kulkas juga bisa menjadi tempat bersembunyi atau saran gular nih bro. Yaap, bagian bawah kulkas ternyata menjadi tempat menyenangkan bagi ular karena gelap dan lembab. Bahkan bisa-bisa spot tersebut menjadi tempat bertelur loh.

 

Ular juga bisa bersembunyi di atap rumah loh. Sudah banyak kasus baik itu di dalam maupun luar negeri yang kedatangan ular di atas atap. Dari beberapa tempat tak terduga ini bisa disimpulkan kalau ular itu memang bisa memunculkan wujudnya di mana pun loh, biasanya di tempat-tempat kotor atau tempat yang kemungkinan terdapat tikus.

 

Cara Mengusir Ular

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular!

Memasuki Musim Bertelurnya, Ini Merupakan Cara untuk Mengetahui Keberadaan Sarang Ular! Credit: paradase.id

 

Garam memang sudah lama dipercaya mampu untuk mengusir ular, ternyata cara tersebut tidak ampuh atau mempan loh. Ingat, ular ialah hewan bersisik bukan berlendir, sehingga keberadaan garam tidak akan mengubah keadaan secara signifikan.

 

Percaya atau tidak, salah satu cara untuk mengusir ular ialah dengan aroma pengharum loh. Karena ular sangat benci dengan aroma tersebut. Oleh sebab itu, coba saja untuk menyemprotkan pengharum seperti parfum atau pewangi ruangan, ular pun akan pergi dengan sendirinya.

 

Jangan lupa pula untuk selalu membersihkan halaman rumah atau tempat tinggal lo. Karena ular itu sendiri sangat menyukai untuk tinggal di tempat yang terdapat banyak semak serta rumput tinggi. Sehingga lo patut untuk menyingkirkan semak-semak serta tanaman rimbun lainnya serta juga bersihkan puing-puing bangunan yaa.

 

Lo juga bisa mencoba untuk membuat perangkap ular, bahkan bentuk perangkapnya bisa bermacam-macam tergantung kebutuhan. Mungkin yang paling mudah untuk dilakukan ialah dengan perekat dan kandang pemancing yang ditaruh dengan irisan daging.

 

Kalau lo menangkap ular tidak berbisa, tempatkan perangkap di dalam ember, kemudian bawalah ular tersebut jauh-jauh. Namun jika lo menangkap ular berbisa, keluarkan secara perlahan lalu segera gunakan pengaman, khususnya dekat area tangan. Jangan lupa juga untuk menghubungi petugas yang memang ahli mengatasi hewan berbisa agar lebih aman.

 

**

 

 

Ular memang menjadi sebuah momok cukup mengerikan apabila sudah mendekat dengan kawasan tempat tinggal. Oleh sebab itu, sebagai seorang petualang sudah sepatutnya tahu bagaimana cara menanggulanginya. Semoga beberapa informasi di atas bisa menjadi panduan lo agar lebih mahir lagi serta bisa menjauhkan ular dari tempat tinggal yaa.

 

Yaap, memang akhir tahun beserta dengan musim hujan menjadi waktu paling tepat untuk para ular bertelur. Sehingga tak heran apabila terdapat banyak sekali berita di luar sana yang menyatakan banyaknya kemunculan dari ular-ular baik itu berbisa atau tidak. Semangat selalu dan semoga hari lo menyenangkan bro!

 

 

 

 

Featured Image: faunalam.blogspot.com

 

 

 

In Depth Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
SRI YAYA ASTUTI
tetap waspada
Agus Sungkawa
Selalu waspada memasuki musim penghujan,akan perkembangbiakn ular,agar tdk terjadi hal2 yg tdk d inginkan
Yudha Pratama
nice info gan
Galuh Gumilang
Rekomendasi
agung
tq info ya
Muhammad arifudin
Yang lagi meresahkan
Firgiawan
Ihhhh gila. Saya takut banget ular
AMBO SOLLE
Salah Satu hewan pembunuh
Muhammad arifudin
Lagi musim
Cecep Jajang
Harus hati-hati