7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

Jika hendak bermalam di hotel, lo hendaknya menjauhi beberapa hal buruk yang dapat menganggu keamanan dan kenyamanan. Apa sajakah itu? Cek jawabannya di bawah bro

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

Hotel bisa menjadi tempat menginap yang nyaman untuk ditempati traveler selama liburan. Lo tentu dapat menjadikannya sebagai tempat bermalam bila hendak menyambangi destinasi wisata jauh dalam kurun waktu lama. Jika menginap bersama teman atau keluarga, lo tentu bisa membagi-bagi uang sewa sesuai kesepakatan.   

Sejumlah tamu terkadang melakukan kebiasan buruk selama menginap. Sadar atau tidak, hal ini sebenarnya dapat menganggu keamanan dan kenyamanan mereka sendiri. Apa sajakah itu? Berikut adalah 7 kebiasaan buruk traveler selama menginap di hotel. Silakan dicek ya bro!

 

1. Meletakkan Barang Berharga Sembarangan

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: viktoriapanzio.eu

Saat berlibur, traveler perlu mewaspadai tindak pencurian yang mungkin terjadi di hotel. Jumlah kasus pencurian di hotel berbintang saat ini memang terbilang jarang. Meski begitu, lo tetap harus berhati-hati ketika meletakkan barang bawaan. Taruhlah semuanya dalam posisi aman untuk meminimalisir segala risiko pencurian.

 

Kamar hotel umumnya disertai fasilitas brankas. Jika membawa barang berharga, lo dianjurkan menaruhnya ke dalam brankas. Hal ini tentu akan membuat perasaan lo tetap tenang saat pergi meninggalkan hotel. Jangan taruh barang bawaan lo sembarangan ya bro!

 

2. Memberi Tahu Nomor Kamar

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: .pinterest.com/curterkullis

Informasi nomor kamar baiknya disebarkan kepada siapapun. Hal ini perlu lo terapkan baik ketika melakukan check-in, makan di restoran, atau bermain media sosial. Simpan informasi ini hanya untuk diri sendiri demi terjaganya privasi selama liburan.

 

Menjaga kerahasiaan nomor kamar hotel juga bakal menjauhkan traveler dari berbagai risiko buruk. Traveler bakal merasa lebih aman karena tidak ada orang lain yang bisa masuk seenaknya ke kamar. Jangan lupa menerapkan hal ini ketika menginap di hotel ya bro!

3. Membuang Sampah Sembarangan di Kamar

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: travelblog.org

Selain keamanan, hal penting lainnya yang perlu diperhatikan traveler selama menginap di hotel adalah kebersihan. Buanglah setiap sampah ke tempat yang sudah sediakan oleh pihak hotel. Bagi traveler wanita, hindari kebiasaan membuang pembalut di lubang toilet.

 

Biasakan untuk membungkusnya dengan kertas dan plastik terlebih dahulu. Setelah itu, taruhlah di tempat sampah. Status pelanggan hotel baiknya tidak dijadikan alasan bagi traveler untuk bersikap sebebas-bebasnya, terutama jika itu dapat merusak fasilitas hotel. Yuk belajar jadi pelanggan yang beretika!

 

4. Sering Menggunakan Remote Control di Kamar

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: scmp.com

Seperti yang lo ketahui, kamar hotel telah ditempati banyak orang dari berbagai tempat. Berdasarkan hasil sejumlah penelitian, ada kemungkinan beberapa bakteri masih menetap di dalam kamar. Hal ini tentu juga tentu perlu diketahui wisatawan yang sering menginap di hotel.

 

Kamar hotel diketahi melewati proses pembersihan secara rutin dari petugas. Meski begitu, terdapat kemungkinan bahwa salah satu fasilitas hotel tidak sempat dibersihkan. Salah satu contohnya seperti remot televisi dan AC yang sering disentuh banyak tamu hotel.

 

Agar tidak terkena bakteri yang hinggap di remot, lo baiknya menggunakan aplikasi smartphone saat hendak mengoperasikan televisi atau AC. Cara lainnya adalah membersihkan remot dengan tisu basah sebelum memakainya. Semoga bermanfaat!

 

5. Membuka Pintu Hotel Secara Tiba-tiba

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: traveldailymedia.com

Sejumlah orang diketahui membuka pintu kamarnya begitu saja saat mendengar bunyi ketukan dari luar. Nah, hal ini sebaiknya tidak dilakukan traveler yang sedang menginap di hotel. Lo sebaiknya memastikan identitas orang yang mengetuk terlebih dahulu sebelum membuka pintu.

 

Salah satu caranya adalah dengan mengintip wajah pengetuk dari lubang kaca kecil yang ada di pintu. Cara ini akan menjauhkan lo dari berbagai kemungkinan buruk, khususnya yang berkaitan dengan keamanan. Dengan mengetahui identitas orang yang mengetuk, traveler tentu juga bakal merasa lebih nyaman dan tenang.

 

6. Lupa Menaruh Tanda “Don’t Disturb” di Gagang Pintu

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: fstsb.com

Pihak hotel wajib menghargai privasi masing-masing tamu hotel. Apabila tidak ingin diganggu, lo dianjurkan tak lupa menaruh tanda “don’t disturb” atau “jangan diganggu” di depan pintu. Pemasangan tanda ini akan mencegah petugas kebersihan hotel masuk ke dalam kamar lo.

 

Mereka juga takkan menganggu kenyamanan tamu hotel melalui ketukan di pintu. Lo pun bisa mendapatkan waktu privat seutuhnya di dalam kamar hotel tanpa gangguan orang luar. Intinya, gunakan tanda “don’t disturb” jika benar-benar tak ingin digangu orang lain ya bro!

 

7. Menuduh Sembarangan Petugas Hotel Sebagai Pelaku Pencurian

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru!

7 Kebiasaan Buruk Traveler Selama Menginap di Hotel, Jangan Ditiru! Photo Credit: eurotek-me.com

Banyak tamu hotel mudah merasa panik saat kehilangan barang di dalam kamar. Beberapa di antaranya terkadang menuduh petugas hotel sebagai pelaku yang terlibat atas kasus pencurian. Hal ini baiknya tidak dihindari para traveler. Jika tidak menemukan barang milik sendiri, lo sebaiknya meminta manajer hotel untuk melaporkan kejadian ini kepada polisi. Oke, bro?

 

Demikian 7 kebiasaan buruk yang perlu dihentikan traveler selama menginap di hotel. Semoga informasi ini berguna buat lo yang hendak menetap di hotel saat pergi liburan. Awasi barang bawaan lo dengan baik agar terhindar dari kasus pencarian. Jangan lupa untuk menjauhi 7 hal di atas selama menginap ya! Selamat berlibur!

Source: grid.id

Feature Image - travelbusiness.com

 

Tips Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
Masni
Info yang penting
Yudha Pratama
nice info gan
Asep Hilman Purnama
Sangat bermanfaat
Mochamad Iqbal Zakaria
Nice info
AMBO SOLLE
Info menarik
dephy
Perbuatan kurang terpuji
Agus Sungkawa
Informasi yg bermanfaat
Hari Tristiyanto
Amit2 jangan sampe dah kek gt
SRI YAYA ASTUTI
jadilah traveler yang bijak
Galuh Gumilang
mantaaaap