7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

Proses komunikasi di luar negeri seringkali terhambat akibat traveler tidak mengerti cara pemakaian ponsel yang baik. Pulsa tak jarang menjadi cepat habis tanpa alasan yang jelas. Hal apa saja yang perlu disiapkan traveler saat membawa ponsel ke luar negeri? Cek jawabannya di bawah bro!

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

Salah satu perangkat yang wajib dibawa traveler saat berlibur adalah ponsel. Lo juga bakal membutuhkan alat komunikasi ini ketika bepergian ke luar negeri. Bila hendak pergi ke luar negeri, ada baiknya traveler menyiapkan beberapa hal terkait penggunaan ponsel.

 

Proses komunikasi di luar negeri seringkali terhambat akibat traveler tidak mengerti cara pemakaian ponsel yang baik. Pulsa tak jarang menjadi cepat habis tanpa alasan yang jelas. Hal apa saja yang perlu disiapkan traveler saat membawa ponsel ke luar negeri? Berikut adalah 7 di antaranya. Silakan dicek bro!

 

1. Bawa Ponsel Berjaringan GSM atau CDMA

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: healthytravelblog.com

Di luar negeri, lo hanya bisa menggunakan ponsel dengan jaringan GSM dan CDMA saja. Traveler hendaknya menyiapkan ponsel jenis tersebut sebelum berangkat. Jangan lupa juga untuk meregistrasi paket roaming sebelum pergi apabila tak ingin mengganti kartu ponsel lo. Oke, bro?

 

Sebagian provider biasanya menawarkan paket telepon dan data di beberapa negara destinasi favorit wisatawan Indonesia. Cari tahu semua info seputar paket data yang sediakan provider kartu lokal. Jika masih bingung, jangan sungkan meminta bantuan penjual kartu untuk melakukan pengaturan. Dengan begitu, lo bisa langsung menggunakan kartu secara mudah.

 

2. Menonaktifkan Data

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: pcworld.com

Di era modern ini, sebagian besar orang diketahui menjadikan smartphone sebagai alat komunikasi. Pengguna smartphone baiknya tidak lupa mematikan data bila berniat pergi ke luar negeri. Hal ini dtujukan supaya pulsa lo tidak habis meski tidak menggunakan internet sama sekali. Baterai ponsel pun tidak mudah cepat habis selama traveling.

 

Jika data ponsel sudah dinonaktifkan, lo tentu tak bakal menerima pesan berupa chat atau email sesampainya di sana. Bukalah menu setting dan segera putuskan data yang masih aktif. Traveler dianjurkan mengecek aktif atau tidaknya data ponsel sesaat sebelum berangkat untuk mencegah pulsa ludes dalam kurun waktu cepat. Harap berhati-hati ya bro!

 

 

3. Menyiapkan Semua Fitur Penunjang Hiburan di Dalam Ponsel

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: pcworld.com

Pelancong baiknya ingat bahwa perjalanan panjang seringkali terasa melelahkan dan membosankan. Oleh sebab itu, siapkan ponsel atau gadget yang sudah dibekali fitur hiburan sebelum berangkat. Pikiran yang jenuh tentunya bisa teralihkan dengan keberadaan alat-alat ini. Putarlah lagu-lagu santai yang bisa membuat lo rileks di sepanjang perjalanan.

 

Traveler juga bisa mengatasi rasa bosan dengan bermain game yang ada di dalam ponsel. Sebelum berangkat ke luar negeri, lo sebaiknya mengunduh sejumlah game seru untuk nanti dimainkan selama perjalanan. Wisatawan yang hobi membaca buku juga bisa mengunduh e-book favorit. Cara ini tentu ampuh mengurangi jumlah barang bawaan dalam tas ‘kan?

 

4. Memilih Paket SMS

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: techwebspace.com

Ponsel menawarkan banyak manfaat kepada traveler yang sedang pergi luar negeri, mulai dari mencari alamat destinasi hingga berfoto. Lo juga bisa menggunakannya untuk memberi kabar kepada keluarga yang ada di rumah. Komunikasi pun tetap terjaga dengan baik meski terhalang jarak.

 

Traveler disarankan memilih paket sms saat memakai ponsel di luar negeri. Pemilihan paket SMS juga direkomendasikan karena harganya lebih terjangkau. Pulsa lo juga akan tidak mudah habis dibandingkan saat memakai paket internet dan telpon. Cara ini dimaksudkan agar orang tua yang tidak begitu mengerti chatting tetap bisa berkomunikasi dengan lancar.

 

5. Menggunakan Kartu dengan Provider Paling Menguntungkan

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: pcmag.com

Sebelum berangkat, cobalah lakukan riset terhadap provider yang ada di kota destinasi lo lebih dulu. Traveler baiknya memastikan bahwa provider yang dipilih benar-benar punya sinyal baik. Hal ini perlu diperhatikan, khususnya buat lo yang berniat menyambangi daerah terpencil.

 

Sinyal akan sangat menunjang kenyamanan lo selama liburan. Keberadaaan sinyal kuat tentunya bakal memudahkan komunikasi via telpon maupun internet. Jika sudah menemukan yang tepat, lo baru bisa memerhatikan promo paket yang ditawarkan provider tersebut. Oke, bro?

 

 6. Memeriksa Memori Ponsel

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri

7 Hal Krusial yang Perlu Lo Ingat saat Bawa Ponsel ke Luar Negeri. Photo Credit: cheapharddrivesstorage.com

Salah satu aktivitas yang biasa dilakukan traveler di luar negeri adalah menyambangi spot wisata berpanorama indah. Lo tentu bisa mengabadikan keindahan tersebut dengan kamera ponsel. Sayangnya, hal ini tentu tak bisa dilakukan bila memori di ponsel sudah terlalu penuh.

 

Untuk itu, traveler baiknya mengecek memori ponsel sebelum pergi. Pastikan memori ponsel lo tidak penuh agar bisa digunakan untuk memotret foto. Jika memori yang tersisa tinggal sedikit, lo dapat memindahkan foto dalam ponsel ke laptop atau hard disk terlebih dahulu. Oke, bro?

 

 

7. Mengunduh Banyak Aplikasi

Lo sebaiknya mengunduh beragam aplikasi yang dapat memudahkan perjalanan secara gratis sebelum berangkat. Contohnya seperti aplikasi nilai tukar uang, perbedaan waktu, itinerary, dan lain-lain. Kehadiran aplikasi-aplikasi ini tentunya memengaruhi kenyamanan lo saat bepergian.

 

Melalui aplikasi-aplikasi tersebut, traveler dapat melakukan banyak hal tanpa perlu repot-repot membuka internet. Lo pun bisa mendapat informasi yang dibutuhkan secara praktis dan mudah. Waktu lo pun takkan terbuang sia-sia. Berguna sekali, bukan?

 

Demikian 7 hal yang perlu disiapkan traveler saat membawa ponsel ke luar negeri. Semoga informasi ini membantu pelancong yang akan berwisata keliling dunia dalam waktu dekat. Jangan lupa untuk melakukan 7 poin di atas sebelum berangkat ya bro! Selamat liburan dan bersenang-senang!

Source: detik.com

Feature Image - talkdesk.com

Tips Beginner solo traveling

13 COMMENTS

SHARE
Agus Sungkawa
Informasi yg mantap mengenai penggunaan ponsel bila berpergian ke luar negri
Resatya Oktafitullah SAV
Iya juga yaaaa
Yumna Aditya Prakoso
siyap gan
dephy
tips yang perlu dicontoh
Yudha Pratama
keren. nice info gan
Firgiawan
Terima Kasih Info Nya... Karena Memang Tidak terlalunTau... Soalnya Belum Penrah Keluar Negeri
Muhammad arifudin
Nice info
agung
tq info ya
SRI YAYA ASTUTI
artikel yang memberkan banyak informasi bagi para traveler
AMBO SOLLE
Info menarik