5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

Pemeriksaan di bandara memang sudah menjadi prosedur yang harus dijalankan. Nah, gimana sih cara berpakaian paling tepat untuk melewatinya? Simak saja artikel ini bro!

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

Faktor keamanan menjadi alasan nomor satu mengapa ketika lo traveling melalui bandara akan melewati beberapa pengecekan. Baik untuk barang bawaan lo atau diri lo sendiri. Semua itu dilakukan tentunya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya hal yang tidak diinginkan ataupun terjadinya penyeludupan barang-brang terlarang. Nah, agar lo tidak ribet melewati pengecekan tersebut, ada baiknya lo mengetahui bagaimana cara paling tepat untuk berpakaian ketika berada di bandara.

 

 

Bandara memang merupakan tempat di mana para penumpang maskapai penerbangan berkumpul serta juga menjadi titik utama ataupun terakhir para penumpang akan berpindah. Oleh sebab itu, keamanan memang menjadi sebuah mandatory yang patut untuk selalu menjadi prioritas utama. Tak heran apabila ada beberapa aturan yang patut untuk lo patuhi loh.

 

Nah, daripada lo semakin penasaran bagaimana sih cara paling benar untuk berpakaian ketika sedang ingin traveling melalui bandara, langsung saja simak beberapa tipsnya di bawah ini. Semoga lo menjadi lebih tahu serta tidak akan keribetan lagi ketika harus melewati pengecekan. Belum lagi kalau memang jadwal penerbangan lo sudah sangat mepet sekali. Semoga bisa berguna yaa!

 

Tips Berpakaian Ketika di Bandara – Jangan Gunakan Ikat Pinggang

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara! Credit: charleslansdown.com

 

Kalau memang lo memiliki celana yang kedodoran sehingga diperlukan untuk menggunakan ikat pinggang, sangat disarankan apabila celana tersebut jangan lo gunakan ketika ke bandara yaa. Mengapa? Karena ikat pinggang sendiri akan mempengaruhi mesin detektor.

 

Tak heran apabila sudah sering sekali apabila lo menggunakan ikat pinggang, pasti akan disuruh lepas oleh petugas bandara. Penumpang pun harus melepaskan ikat pinggangnya sebelum melewati mesin metal detectors. Sehingga sangat disarankan untuk menggunakan celana yang nyaman serta tanpa harus menggunakan ikat pinggang yaa.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau ikat pinggang memiliki kandungan besi atau metal, di mana akan mengganggu sistem di dalam mesin metal detectors itu sendiri. Bahkan, walaupun lo sudah menggunakan ikat pinggang yang tidak ada bahan besi atau metal, lo pasti akan tetap disuruh lepas. Karena itu sudah menjadi bagian prosedur bandara.

 

Tips Berpakaian Ketika di Bandara – Jangan Gunakan Jaket

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara! Credit: cheatsheet.com

 

Bukan berarti selama lo berada di bandara dilarang menggunakan jaket yaa, namun pada saat lo ingin melewati mesin pedektor sangat disarankan untuk meletakan jaket lo di dalam tas kecil atau tidak lo gunakan terlebih dahulu.

 

Hal ini dikarenakan sudah menjadi prosedur bandara yang mengharuskan para penumpang untuk tidak menggunakan jaket ketika melewati mesin metal detector. Ini berlaku untuk segala jenis jaket loh, mau lo menggunakan vest, hoodie hingga sweatshirts.

 

Bisa dikatakan pula kalau lo tidak menggunakan jaket untuk sementara akan mempercepat proses pengecekan melaui mesin detektor. Sehingga jangan sampai lupa untuk melakukan hal ini yaa, apabila lo ingin cepat-cepat sampai ke boarding room.

 

Tips Berpakaian Ketika di Bandara – Jangan Gunakan Sepatu yang Sulit Dilepas

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara! Credit: blog.samuel-windsor.co.uk/

 

Sebenarnya bukan berarti lo sama sekali tidak diperbolehkan untuk menggunakan sepatu yaa, namun lebih kepada untuk kenyamanan lo saja. Banyak bandara baik itu di dalam maupun luar negeri yang memiliki peraturannya sendiri-sendiri mengenai pengeceakan kemanan.

 

Mengapa sepatu? Karena sudah banyak kasus khususnya untuk barang terlarang sering sekali menyembunyikan barang-barangnya di dalam sepatu. Oleh karena itu, seringkali ketika lo melewati proses pengecekan, sepatu menjadi sasarannya loh.

 

Sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman serta mudah untuk dilepaskan. Contohnya saja sepatu lari ataupun casual. Tentu semuanya ini agar mempermudahkan lo serta petugas dalam melaksanakan tugasnya. Selama lo tidak melakukan hal terlarang, kenapa hal ini menjadi hal sulit?

 

Tips Berpakaian di Bandara – Segala Perhiasan Berbahan Metal atau Besi

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara!

5 Tips Cara Berpakaian Ketika Melewati Pemeriksaan di Bandara! Credit: polygon.com

 

Terkadang perhiasan seperti jam tangan, kalung atau gelang memang menjadi identitas atau memang itu merupakan gaya lo. Namun ada baiknya ketika lo akan melewati proses pengecekan, brang-barang tersebut sebaiknya lo simpan.

 

Mengapa? Alasannya pun cukup sederhana, karena segala sesuatu yang terbuat dari besi ataupun metal akan mempengaruhi proses pengecekan loh. Atau dengan kata lain bisa juga menjadi penghalang lo ketika masuk ke dalam mesin detektor.

 

Petugas pun akan secara tegas untuk menyuruh para penumpang untuk melepaskan segala jenis perhiasannya serta jam tangan. Tentu ini sudah menjadi prosedur bandara. Sehingga enggak ada salahnya kok untuk lo mematuhinya bro.

 

Tips Berpakaian di Bandara -   Jangan Gunakan Baju Ofensif

 

Bukan hanya ikat pinggang, perhiasan, hingga jaket saja loh yang akan menjadi penghalang lo ketika melewati proses pengecekan. Kembali lagi setiap bandara itu memiliki peraturannya sendiri bila membicarakan keamanan. Ribet? Tentu tidak, semua itu dilakukan untuk faktor keamanan kok.

 

Baju atau pakaian yang bersifat ofensif juga dilarang untuk digunakan. Apalagi kalau lo memang bepergian ke luar negeri nih, ada beberapa negara yang memang melarang untuk menggunakan pakaian yang bersifat ofensif.

 

Untuk ofensif itu sendiri sangat luas, baik dari tulisan yang tertera, hingga bentuk design pakaian lo juga bisa menjadi kriterianya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan pakaian yang sederhana tanpa adanya sifat ofensif itu sendiri.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar cara lo berpakaian ketika melewati proses pengecekan di bandara? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo yaa. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi ragam budaya serta keindahan yang ada di dunia ini yaa. Karena lo hanya hidup sekali, sehingga gunakanlah kesempatan itu dengan sebaik-baiknya!

 

Source: smartertravel.com

 

 

Featured Image: /m.apdnews.com

 

Tips Beginner solo traveling

6 COMMENTS

SHARE
Muhammad arifudin
Baru tahu
Agus Sungkawa
Tips yg bermanfaat saat pengecekan d bandara
SRI YAYA ASTUTI
tips yang sangat membantu para traveler
AMBO SOLLE
Iya ya,Baru paham
Firgiawan
Alhamdullilah jadi tahu terima kasih
Ricko Pratama Putra
nice tips