Alasan Teknologi Akan Makin Pengaruhi Gaya Traveling di Tahun 2020

Traveler milenial diprediksi bakal lebih sering menggunakan teknologi untuk keperluan liburan di tahun 2020. Mengapa demikian? Benarkah hal ini akan mengubah wajah pariwisata? Cek jawabannya dalam tulisan di bawah ya bro!

Alasan Teknologi Akan Makin Pengaruhi Gaya Traveling di Tahun 2020

Memasuki tahun 2020, teknologi diprediksi akan semakin memengaruhi gaya seseorang ketika traveling. Pelancong bakal lebih sering menggunakan teknologi untuk memutuskan hal-hal penting terkait liburan. Contohnya seperti penentuan destinasi wisata, tempat penginapan, hingga cara menuju tempat tujuan.

 

Seperti yang lo ketahui, ada banyak pilihan tempat liburan indah yang bisa dipilih traveler setiap harinya. Kehadiran teknologi tentunya akan memudahkan traveler untuk menetapkan pilihan terbaik. Di tahun 2020 nanti, lo bakal menjumpai teknologi inventif yang bisa membantu traveler untuk mengatasi berbagai masalah secara praktis.

 

Pelancong nantinya mendapat rekomendasi tempat liburan berdasarkan teknologi canggih terpercaya. Teknologi ini bakal mengantarkan lo ke banyak pengalaman baru yang mungkin tak pernah dibayangkan sebelumnya. Selain itu, traveler juga dapat menggunakan waktu liburan secara lebih efisien berkat teknologi. Lo pun bisa menikmati masa liburan dengan perasaan puas.

 

Menanti Kejutan yang Ada Lewat Aplikasi Canggih

Alasan Teknologi Akan Makin Pengaruhi Gaya Traveling di Tahun 2020

Alasan Teknologi Kian Memengaruhi Gaya Traveler Selama Liburan di Tahun 2020. Photo Credit: blogradissonblu.com

Dilansir dari kompas.com, hasil sebuah survei menyatakan enam dari 10 orang berharap diri mereka dikejutkan oleh teknologi yang menghadirkan opsi dan ide baru. Hal ini dapat dijadikan bukti bahwa teknologi sudah memengaruhi gaya traveling seseorang selama liburan. Tak hanya itu, sebanyak 46 persen traveler global juga mengklaim bakal menggunakan aplikasi untuk mempermudah aktivitas liburan mereka.

 

Aplikasi-aplikasi tersebut juga dipakai traveler untuk memesan aktivitas secara real time saat berlibur. Sebanyak 44 persen traveler juga tertarik menyusun rencana aktivitas melalui aplikasi. Dengan cara ini, mereka bisa menemukan jawaban di satu tempat saja. Waktu dan anggaran pun tidak terbuang sia-sia.

 

Oleh sebab itu, jangan heran bila di tahun 2020 nanti lo bakal melihat aplikasi dengan kecerdasan buatan lebih banyak lagi. Teknologi ini nantinya memberi banyak pilihan kepada traveler terkait kebutuhan liburan, mulai dari tempat penginapan, destinasi wisata, hingga aktivitas menurut preferensi dan riwayat perjalanan. Pelancong juga bisa memanfaatkannya untuk mencari tahu informasi seputar cuaca dan popularitas.

 

 

Milenial, Teknologi, dan Pertumbuhan Pariwisata di Indonesia

Alasan Teknologi Akan Makin Pengaruhi Gaya Traveling di Tahun 2020

Alasan Teknologi Kian Memengaruhi Gaya Traveler Selama Liburan di Tahun 2020. Photo Credit: lifewire.com

Generasi milenial diketahui tumbuh bersama dengan kemajuan teknologi. Mereka bisa dikatakan akrab dengan aneka gawai yang ada saat ini. Selain itu, generasi milenial ternyata juga diyakinin akan membawa pengaruh besar terhadap perkembangan pariwisata.

 

Berdasarkan data Badan Pusat Staistik (BPS) yang dikutip detik.com, milenial dipandang akan menjadi generasi yang mengusasai struktur demografi Indonesia. Saat ini ada sekitar 179,1 juta orang (67,6%) yang tergolong dalam kelompok usia produktif dari total populasi penduduk di Indonesia. Dari jumlah tersebut, 63,4 juta orang di antaranya adalah generasi milenial berusia 20 hingga 35 tahun.

 

Penduduk yang masuk dalam kategori milenial di Indonesia dianggap memberi dampak signifikan terhadap industri pariwisata, terutama perhotelan. Hal ini disebabkan oleh kehidupan mereka yang dekat dengan teknologi dan gawai. Milenial yang dikenal sebagai “digitally native” juga kerap mengandalkan teknologi saat berlibur, misalnya ketika membagikan foto dan video di media sosial pribadi.

 

Dibandingkan dengan generasi baby boomer atau generasi x, milenial sebenarnya memiliki waktu liburan lebih sedikit. Rata-rata milenial kabarnya hanya mempunyai waktu liburan 12 hari saja menurut survei yang dilakukan layanan finansial Allianz di tahun 2017. Cukup sedikit, bukan?

 

Akan tetapi, waktu singkat tersebut tidak menjadi penghalang bagi milenial karena mereka begitu akrab dengan teknologi. Mereka mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk membuat perjalanan liburan menjadi lebih efisien dan efektif. Hal ini diterapkan milenial dalam banyak aspek, mulai dari penentuan transportasi, pengaturan jadwal perjalanan, hingga akomodasi.

 

Keuntungan yang Didapat Traveler Lewat Kemajuan Teknologi

Alasan Teknologi Akan Makin Pengaruhi Gaya Traveling di Tahun 2020

Alasan Teknologi Kian Memengaruhi Gaya Traveler Selama Liburan di Tahun 2020. Photo Credit: huffpost.com

Ketika liburan, traveler bisa mendapat banyak keuntungan menarik lewat penggunaan teknologi secara bijak. Contohnya seperti melakukan pemesanan akomodasi secara praktis. Kini lo dapat melakukan pemesanan akomodasi melalui ponsel ataupun laptop tanpa harus mendatangi agen travel atau penyedia akomodasi.

 

Kehadiran mobile banking atau transaksi via internet juga semakin memudahkan traveler untuk memesan banyak hal secara cepat, mulai dari tiket hotel, bus, pesawat, dan lain-lain. Teknologi juga membuka kesempatan bagi traveler untuk berhemat. Lo bisa melakukan perbandingan terlebih dahulu untuk mendapat akomodasi dan penginapan dengan harga termurah.

 

Traveler kini dapat membuka aplikasi penyedia layanan booking untuk mengecek satu per satu harga akomodasi yang ditawarkan. Lewat cara ini, lo bisa mendapatkan tiket termurah yang sesuai dengan jumlah anggaran. Trik ini juga akan membantu lo dalam memangkas waktu, Rencana liburan pun bisa berjalan sesuai rencana tanpa kerepotan.

 

Teknologi juga membantu traveler dalam menentukan destinasi liburan yang pas. Banyak orang kesulitan menyusun rencana liburan karena bingung menetapkan pilihan destinasi yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, traveler biasanya menggali informasi seputar tempat wisata menarik lewat internet. Lo pun bisa memutuskan tempat mana yang ingin dikunjungi terlebih dahulu.

 

Lo juga dapat mencari info seputar tempat penginapan yang dekat dengan destinasi wisata di internet. Dengan begitu, perjalanan menuju tempat liburan tak terasa lama dan membosankan. Jangan lupa juga untuk mencari tahu tranportasi apa yang bisa membawa lo ke destinasi wisata. Semua informasi ini tentu akan membuat momen liburan lo menjadi lebih terorganisir.

 

 

Demikian informasi tentang tren traveling di tahun 2020 yang diprediksi semakin dipengaruhi teknologi. Semoga informasi ini menambah wawasan dan pengetahuan lo seputar dunia traveling. Jangan lupa untuk mempersiapkan barang bawaan selengkap mungkin sebelum berangkat liburan. Selamat bersenang-senang.

 

Feature Image : phonetradr.com

In Depth Beginner solo traveling solo backpacker

8 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Manfaat teknologi dimudahkan dalam menentukan kapan dimana
Agus Sungkawa
2020 tahun resolusi traveling nih hehehee
dephy
peran teknologi yang sangat membantu para traveler
AMBO SOLLE
Tekhnologi Akan menguasai dunia
Muhammad arifudin
Destinasi baru
Firgiawan
Sekarang semakin mudah dalam segala hal berkat adanya teknologi.. Pesan Tiket, Boking hotel dan sebagainya jadi perencanaan travel jadi matang
Yudha Pratama
infonya bermanfaat sekali
SRI YAYA ASTUTI
MANFAAT YANG SANGAT POSITIF DARI SETIAP TEKNOLOGI