Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Tren membawa hewan peliharaan saat liburan dipercaya akan semakin populer di tahun 2020. Mengapa demikian? Lalu, hal apa yang perlu diketahui traveler tentang fenomena ini? Cek jawabannya di bawah ya bro!

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Belakangan ini jumlah traveler yang membawa hewan peliharaan saat liburan semakin banyak. Berdasarkan laporan yang dikutip kompas.com, sebanyak 55 persen pemilik hewan peliharaan global menganggap hewan seperti anak sendiri. Hal tersebut mungkin dapat menjadi alasan mengapa kehadiran hewan peliharaan saat liburan dianggap penting.

 

Tren membawa hewan peliharaan saat liburan dipercaya akan semakin populer di tahun 2020. Traveler bakal memprioritaskan kebutuhan hewan peliharaannya dibanding kebutuhan pribadi. Sembari melakukan hal tersebut, traveler juga akan sibuk mengatur urusan akomodasi, destinasi, dan jadwan aktivitas selama liburan.

 

Masih dari laporan yang sama, sebanyak 42 persen pemilik hewan peliharaan global setuju akan mempertimbangkan kemungkinan membawa hewan saat menentukan destinasi liburan tahun depan.  Sementara itu, sebanyak 49 persen orang mengaku siap mengeluarkan biaya tambahan untuk akomodasi yang ramah bagi hewan peliharaan. Wih!

 

Meningkatnya Akomodasi Ramah Hewan Peliharaan

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui? Photo Credit: medellintourist.com

Berdasarkan data yang diperoleh Booking.com, jumlah properti ramah hewan peliharaan juga terus meningkat baru-baru ini. Hal tersebut menggambarkan bahwa semakin banyak orang menjadikan hewan peliharaan sebagai prioritas. Semua hal yang berkaitan dengan kenyamanan peliharaan sudah terasa penting.

 

Saat ini, akomodasi dari berbagai negara terus mengeluarkan inovasi terkait layanan dan amenitas hewan peliharaan. Proses ini tentunya tak lepas dari meningkatnya permintaan dari masyarakat. Contoh fasilitas yang sudah digunakan banyak masyarakat adalah tempat tidur anjing gratis hingga spa hewan.

 

 

Tren Jalan-Jalan Bareng Peliharaan dari Waktu ke Waktu

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui? Photo Credit: modernsingermag.com

Ketika masa liburan datang, sebagian pelancong diketahui membawa hewan peliharaan mereka ke tempat liburan. Hal ini umumnya dilakukan mereka yang mudah cemas terhadap kondisi hewan bila ditinggalkan di rumah. Ada yang membawa peliharaan ketika naik mobil, kereta, hingga pesawat.

 

Menurut data dari American Pet Products Association yang dikutip cntraveler.com, jumlah orang yang membawa peliharaan saat liburan bertambah sebesar dua kali lipat antara tahun 2006 dan 2016. Persentasenya meningkat dari 20 persen menjadi 40 persen. Salah satu hewan yang paling sering diajak road tripping adalah anjing. Jumlah pemilik anjing yang membawa peliharaannya saat road trpping kabarnya mencapai 37 persen.

 

Sekarang lo bisa menemukan banyak situs traveling yang memberi panduan bagi pelancong yang hendak berwisata bersama peliharaannya. Contohnya seperti BringFido.com, GoPetFriendly.com, PetTravel.com, dan lain-lain. Situs-situs tersebut menyediakan informasi seputar tempat yang ramah hewan peliharaan , mulai dari pantai, hotel, area kemah, restoran, hingga dokter hewan.

 

Saat membuka situs GoPetFriendly.com, lo bisa mendapatkan info tentang rute perjalanan yang aman sekaligus layanan hewan peliharaan di sepanjang jalan. BringFido.com menyuguhkan ulasan tentang 25.000 hotel dan rental yang ramah hewan peliharaan. Sementara itu, PetTravel.com mempunyai informasi lengkap tentang traveling bareng hewan. Contohnya seperti kebijakan impor, karantina internasional, layanan lokal, serta 35.000 hotel yang ramah terhadap hewan peliharaan.

 

Hal-hal yang Perlu Diingat ketika Road Tripping Bareng Peliharaan

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui? Photo Credit: vagabondish.com 

Membawa hewan peliharaan saat liburan pas dicoba traveler yang mendambakan suasana unik. Sebelum itu, ada baiknya lo mengetahui beberapa hal penting agar perjalanan wisata lo berlangsung aman dan lancar. Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut adalah tips membawa hewan kala road tripping. Silakan dicek bro!

 

1. Mempertimbangkan Apakah Hewan Peliharaan Perlu Diajak atau Tidak

Pemilik hewan peliharaan tentu mengenal betul seperti apa kondisi hewan yang diasuh. Hal ini disampaikan oleh Vicky Stevens selaku Senior Marketing Communications Manager di Humane Society US. Menurutnya, pelancong sebaiknya tak pergi bersama hewan bila memang dirasa tidak perlu atau tak ada kewajiban membawanya.

 

Stevens lebih menyarankan pelancong menitipkan peliharaan ke pengasuh hewan atau asrama hewan. Bila hendak melakukan hal ini, lo sebaiknya mengetahui kemampuan pengasuh hewan lebih dahulu. Jangan lupa untuk menginformasikan segala hal penting terkait hewan peliharaan kepada pengasuh. Dengan begitu, ia mampu menjalin kedekatan dengan hewan secara mudah.

 

2. Memeriksa Tas atau Kandang Hewan Peliharaan yang Dibawa

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui?

Tren Traveling Bareng Hewan Kian Populer, Apa Saja yang Perlu Kita Ketahui? Photo Credit: popsugar.com

Menurut American Veterinary Medical Association (AVMA), traveler dihimbau tidak memakai obat penenang kepada hewan peliharaan. Pasalnya, hal ini diyakini dapat memperbesar risiko serangan jantung dan masalah pernapasan pada hewan.

 

Sebelum berangkat, traveler sebaiknya mengecek tas atau kandang hewan yang akan dibawa bepergian. Pastikan kandang yang akan dibawa benar-benar kuat serta cocok diletakkan di dalam kendaraan. Kehadiran kandang tentu akan mencegah hewan berkeliaraan selama perjalanan berlangsung.

 

3. Fokus Menjaga Hewan ketika Membawanya di Mobil

American Pet Products Association (APPA) diketahui pernah melakukan survei terkait road tripping. Hasilnya, sebanyak 37 persen pemilik hewan diketahui pernah membawa anjing dan kucing saat menempuh perjalanan darat. Cukup banyak ya?

 

Pembuat situs TripsWithPets.com Kim Salerno mengganggap hal tersebut tak lepas dari perasaan sang pemilik hewan dengan peliharannya sendiri. Menurutnya, sebagian pemilik hewan kini sudah menganggap peliharaannya sebagai keluarga. Oleh sebab itu, lo perlu memastikan keamanan hewan peliharaan selama perjalanan berlangsung. Oke bro?

 

Demikian informasi seputar tren traveling bareng hewan yang perlu lo ketahui. Semoga paparan di atas bermanfaat khususnya buat lo yang ingin membawa hewan ketika liburan. Jangan lupa untuk mengecek segala keperluan secara teliti agar perjalanan lo aman dan lancar.

 

 

Feature Image - cahospitals.com

In Depth Beginner

11 COMMENTS

SHARE
AMBO SOLLE
Mantap jiwa
dephy
penyayang binatang
SRI YAYA ASTUTI
para traveler dan binatang kesayangannya
Firgiawan
Hihi keren kira" Ayam Ku Mau ga yah diajak traveller hehe
Muhammad arifudin
Gak punya peliharaan
Agus Sungkawa
Bawa empus keluar negri kudu pakai paspor nih hehehhehe
Ricko Pratama Putra
Boleh Jugaa
Agung Sutrisno
Selain sebagai teman juga bisa menjaga kita. Tapi tetep patuhi peraturan mengenai hewan yg dibawa
Yudha Pratama
infonya bermanfaat sekali
AMBO SOLLE
Cuma punya ayam