Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kalimantan Timur memang cukup terkenal dengan pilihan wisata nan memukaunya, namun apakah lo sudah tahu mana yang paling tepat untuk dikunjungi? Simak saja beberapa rekomendasinya ini!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Memasuki tahun baru tentunya sebagai seorang traveler merupakan sebuah kewajiban untuk merencanakan tempat destinasi yang akan lo tuju pada tahun 2020. Apakah lo sudah pernah mengunjungi Kalimantan Timur? Yaap, daerah yang juga terkenal akan pemilihannya sebagai calon ibu kota baru ini juga menyimpan banyak destinasi menarik loh.

 

Belum lagi dengan suasana alam serta tempat destinasinya yang menawan, membuat Kalimantan Timur sendiri merupakan kawasan di mana lo akan mendapatkan sebuah pengalaman tak terlupakan loh. Bentangan alam serta kebudayaannya di sana juga menjadi daya tarik bagi para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

 

 

Nah, di mana saja sih spot yang paling tepat untuk lo kunjungi ketika berada di Kalimantan Timur? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Hal pertama yang patut untuk selalu diingat ialah untuk selalu menjaga kebersihan serta kelestarian dari setiap tempat wisata yang sudah atau akan lo kunjungi yaa.

 

Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur – Pulau Derawan

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020! Credit: /ksmtour.com

 

Bisa dikatakan ini merupakan destinasi paling terkenal yang ada di Kalimantan Timur. Bahkan untuk pulau Kalimantannya itu sendiri. Pulau Derawan sendiri bagaikan primadona apabila membicarakan destinasi alam nan memukau di Indonesia.

 

Pulau Derawan sendiri menawarkan pesona bahari yang mengagumkan. Berbagai aktivitas seru bisa lo lakukan di sana. Mulai snorkeling, diving, surfing atau hanya sekedar bermain di pinggir pantai. Belum lagi dengan kondisi pasir pantainya putih beserta biota lautnya yang juga tak kalah menariknya.

 

Untuk bisa menginjakkan kaki di Pulau Derawan lo harus menuju ke Balikpapan terlebih dahulu. Kemudian, perjalanan lo akan dilanjutkan ke Tarakan atau Berau. Bagi yang ingin hemat, lebih baik memilih Tarakan, namun memang perjalanan lo akan memakan waktu cukup lama.

 

Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur – Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020! Credit: idntimes.com

 

Buat lo yang ingin merasakan seperti berkunjung ke kawasan penuh dengan kejutan, ini bisa menjadi tempat paling tepat untuk lo kunjungi. Mengapa? Karena Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo menawarkan suasana alami beserta pemandangan telaga berwarna biru jernih.

 

Selain memiliki suasana nan alami, Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo juga sangat tenang loh. Sehingga sangat cocok sekali untuk lo kunjungi ketika ingin lepas dari rasa penat. Pokoknya kalau lo ingin mencari ketenangan ketika berada di Kalimantan TImur, telaga ini bisa menjadi tempatnya.

 

Bahkan lo juga bisa kok menyusuri danau asri yang sangat menenangkan ini. Oo iyaa, jangan lupa untuk berenang di danaunya yaa, agar momen lo di telaga ini pun akan semakin berkesan. Telaga Biru Tulung Ni’Lenggo sendiri terletak di Kampung Tembudan, Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Berau.

 

Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur – Taman Nasional Kutai

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020! Credit: /wartawisata.id/

 

Traveling ke Kalimantan Timur lo juga bisa menemukan salah satu pilihan taman nasional yang akan membuat terpana akan keindahan alam di dalamnya, yaitu Taman Nasional Kutai. Taman nasional ini sangat pas buat lo yang ingin mengenal alam dan satwa.

 

Taman Nasional Kutai sendiri terletak di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Bontang. Percaya atau tidak, luas wilayahnya mencapai 198 ribu hectare. Tentunya cukup besar untuk bisa lo eksplorasi, belum lagi lo bisa bertemua biota alamnya yang unik di sana.

 

Selain itu, di Taman Nasional Kutai juga terdapat beberapa ekosistem yang bisa lo lihat antara lain hutan dipterocarpacaeae campuran, hutan mangrove, hutan rawa air tawar, vegetasi hutan kerangas dan lain sebagainya. Tak heran apabila taman nasional ini merupakan tempat unik serta indah yang patut untuk lo kunjungi.

 

Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur – Pulau Beras Basah

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020! Credit: /id.wikipedia.org/

 

Bukan hanya Pulau Derawan saja yang menjadi destinasi wisata dengan bentangan alam indah loh, karena Pulau Beras Basah juga menawarkan sebuah pengalaman tak terlupakan. Apalagi buat lo para pecinta alam, tentunya akan sangat puas sekali deh.

 

Kondisi ombak di pulau ini juga cukup tenang dan garis pantainya bisa menjadi tempat bermain yang menyenangkan. Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap kok, karena ada banana boat, area kemah, gazebo tepi pantai, perahu untuk disewa dan lain-lain.

 

Sehingga buat lo yang ingin mendapatkan suasana pantai tenang beserta terdapat keindahan beserta dengan keseruan lainnya, tentunya Pulau Beras Basah bisa menjadi destinasi liburan paling cocok untuk lo kunjungi di tahun 2020.

 

Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur – Gua Haji Mangku

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020!

Kunjungilah 5 Rekomendasi Spot Wisata di Kalimantan Timur yang Mempesona di Tahun 2020! Credit: travelingyuk.com

 

Coba deh lo berkunjung ke Pulau Maratua di Kalimantan Timur, mengapa? Karena di sana terdapat sebuah gua nan indah dan tentunya akan langsung memikat banyak hati para traveler. Gua yang dimaksud ialah Haji Mangku.

Tempat ini sangat eksotis karena airnya jernih kebiru-biruan dan terletak di tengah hutan, tentunya akan membuat siapapun yang menghampirinya terjauhkan dari hiruk-pikuk perkotaan. Belum lagi dengan airnya jernih berwarna kebiru-biruan akan membuat momen lo akan semakin berkesan di sana.

Bahkan untuk menuju ke Gua Haji Mangku sekarang sudah sangat mudah. Dari pintu masuk ke lokasi gua, lo hanya perlu berjalanan selama 10 menit. Gua Haji Mangku sendiri tepat terletak di Pulau Maratua, Kepulauan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar rekomendasi spot wisata di Kalimantan Timur? Semoga bisa menjadi salah satu panduan serta acuan lo untuk mengeksplorasi lebih lagi mengenati tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia!

 

Source: .idntimes.com/

 

 

 

Featured Image: triptrapliburanmurah.id/

 

Wilderness Beginner solo traveling

15 COMMENTS

SHARE
dephy
Kalimantan Timur wisatanya bagus
Hari Tristiyanto
Ajib Ajib View nya
Yumna Aditya Prakoso
pingin main ke sana lur
arief
keindahan alam yg luar biasa
Ricko Pratama Putra
nice recommended
Firgiawan
Keindahan Kalimantan Sungguh Mempesona
Yudha Pratama
infonya bermanfaat sekali
AMBO SOLLE
Ibu KOTA baru
AMBO SOLLE
Mantapu jiwa
Agung Sutrisno
Selain akan menjadi ibukota bakalan disuguhi pemandangan yg indah