5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

Ketika banjir melanda namun lo tetap ingin menjalankan aktivitas sehari-hari, ini ada beberapa tips mengendari mobil untuk menerjangnya. Penasaran? Simak saja artikel ini!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

Rasanya musim hujan akan semakin lama serta memiliki intensitas cukup tinggi, tak heran apabila beberapa kawasan di Indonesia terendam banjir. Salah satu bukti konkritnya terjadi di Jakarta, Bekasi dan Tangerang baru-baru ini. Banyak sekali titik di lokasi tersebut yang terendam banjir. Nah, gimana cara paling aman untuk mengendarai mobil ketika lo ingin menerjang banjir?

 

Enggak perlu khawatir, di dalam artikel ini akan membahas cara paling aman itu. Berbicara mengenai banjir, memang di kawasan Jakarta dan sekitarnya sedang mengalami bencana ini. Bahkan banyak juga yang terkena imbasnya, termasuk transportasi umum.

 

 

Tentunya, dengan begitu menggunakan mobil untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya merupakan salah satu solusi agar lo tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Nah, daripada lo semakin penasaran bagaimana sih cara paling aman untuk mengendarai kendaraan roda empat ketika banjir melanda, langsung saja simak beberapa tipsnya di bawah ini!

 

Tips Mengendarai Mobil Ketika Banjir – Perhatikan Tinggi Genangan Air

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda! Credit: nonamelkes84.live

 

Hal pertama yang patut untuk lo perhatikan ketika ingin menerjang banjir dengan mobil ialah dengan mengetahui seberapa tinggi genangan air. Ingat, semakin tinggi genangan air, artinya semakin besar pula resiko untuk merusak mobil lo.

 

Untuk itu, periksa terlebih dahulu apakah jalanan masih dapat dilalui atau tidak, dengan melihat apakah ketinggian air mencapai setengah ban, walaupun mobil yang lo dunakan memiliki ground clearance tinggi. Walaupun cara terbaik ialah mencari jalan alternatif lain atau menunggu surut, namun apabila lo harus menarabas banjir, pastikan filter udara tidak kemasukan air.

 

Apabila filter udara sudah terendam, maka bisa menyebabkan water hammer, yaitu kondisi di mana air masuk ke ruan pembakaran dan bisa merusak mesin. Ooo iyaa, lo enggak perlu takut kok kalau misalkan knalpot kemasukan air. Karena selama mobil masih menyala, maka air tidak akan masuk melalui knalpot.

 

Tips Mengendarai Mobil Ketika Banjir – Gunakan Gir Satu

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda! Credit: fastnlow.net

 

Menggunakan mobil transmisi manual bisa menjadi salah sastu keuntungan yang lo dapatkan apabila ingin menerjang banjir. Mengapa? Karena lo bisa mengatur kapan harus mengatur gir atau gigi mobil lo. Sangat tidak disarankan untuk mengganti gir ketika lo ingin menerjang banjir.

 

Sehingga sangat disarankan untuk selalu menggunakan gir satu serta meinkan kopling apabila terlalu kencang. Gelombang air yang tersibak ketika mobil melaju terlalu kencang berpotensi menyebarkan air mengenai bagian penting mobil, seperti busi ataupun pompa bensin.

 

Apabila hal tersebut terjadi, maka bukan tidak mungkin mobil lo akan mogok di tengah banjir. Tentunya hal tersebut sangat tidak diinginkan bukan? Oleh sebab itu, jangan lupa untuk sellau melaju dengan kecepatan pelan, serta jangan pernah memindahkan gir lo yaa.

 

Tips Mengendarai Mobil Ketika Banjir – Melaju Perlahan

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda! Credit: .bequietndrive.com

 

Yaap, menerjang banjir bukanlah sebuah ajang cepat-cepatan loh. Lo benar-benar harus sabar ketika menerjangnya. Sehingga lo harus melaju dengan kecepatan rendah dan menggunakan gigi rendah pada transmisi manual dan transmisi matic.

 

Melaju perlahan juga bisa membantu lo mengantisipasi hal-hal sulit yang terlihat seperti lubang besar atau bahkn parit melintang. Tentunya hal tersebut bisa membahayakan mobil lo. Dengan kata lain, lo harus benar-benar hati-hati ketika ingin menerjang banjir yaa.

 

Hindari pula posisi setengah kopling ataupun mengocok gas dalam genangan air, karena hal tersebut berpotensi menimbulkan gelombang atau riak air. Melaju perlahan bisa menjadi siasat paling penting untuk lo ketahui ketika ingin menerjang banjir.

 

Tips Mengendarai Mobil Ketika Banjir – Keringkan Rem

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda! Credit: nubrakes.com/

 

Bukan berarti lo harus turun dari mobil dan mengeringkan rem lo loh, namun kerika lo sudah berhasil melewati genangan air, maka langsung periksa kondisi rem dengan metode sederhana ini. Untuk melakukannya pun bukanlah hal sulit.

 

Metode sederhana yang dimaksud ialah dengan jalankan kendaraan dengan kecepatan rendah, lalu sekitar 5 kilometer per jam, injak pedal rem berkali-kali untuk memastikan kondisi rem lo tetap prima. Dengan kata lain, lo patut untuk mengocok rem lo beberapa kali.

 

Lo juga bisa mengeringkan rem dengan cara menginjak pedal rem sedikit diiringi pedal gas secara bersamaan sekitar 20 detik. Dengan melakukan metode tersebut, tentunya lo akan lebih mudah untuk memastikan kondisi rem lo yaa.

 

Tips Mengendarai Mobil Ketika Banjir – Cek Oli, Transmisi dan Minyak Rem

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda!

5 Tips Paling Ampuh Mengendarai Mobil Ketika Banjir Melanda! Credit: .dowellauto.com/

 

Menerjang banjir ternyata juga berdampak pada saat lo sudah melewatinya yaa, karena beberapa bagian mesin juga patut untuk lo perhatikan. Banjir yang menyentuh bagian bawah mesin dan gearbox bisa membuat air merasuk ke dalam dan bercampur dengan pelumas.

 

Sehingga cara paling tepat agar kondisi mesin lo tetap prima setelah menerjang banjir ialah dengan segera mengecek oli mesin, transmisi dan minyak rem. Bila warna oli berubah menjadi muda atau keruh seperti susu, berarri sudah terkontaminasi dengan air dan sangat dianjurkan untuk segera mengganti fluida yang sudah terkontaminasi tersebut.

 

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar tips mengendarai mobil ketika banjir? Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa. Dengan cuaca yang cukup buruk ini, sangat disarankan untuk selalu menjaga keselamtan sendiri yaa. Stay safe dan selalu perhatikan kondisi terbaru mengenai cuaca hari ini yaa. Semoga kejadian ini akan cepat berlalu serta juga cepat diatasi. Semangat selalu!

 

Source: tirto.id

 

 

 

Featured Image: bequietndrive.com/

 

Tips Beginner solo traveling

16 COMMENTS

SHARE
Yudha Pratama
NICE INFO GAN
dephy
tips aman berkendara yang top
Kristian Mustafa
Thanks Infonya min.
SRI YAYA ASTUTI
tetap jaga kondisi kendaraan kita
Agung Sutrisno
Sangat bermanfaat infonya... Thx
Firgiawan
Tips Menghadipi Musim Penghujan yang Sedang Banjir Dmna"
Muhammad arifudin
Nice info
Yudha Pratama
gak pernah bosan baca artikel ini
Ardiansyah Z
Okeee...kita cobaaa
Yudha Pratama
Nice iNFO Gan