5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

Semenjak diklaim sebagai wilayah China, kawasan Natuna kini ramai diperbicangkan banyak masyarakat Indonesia. Keistimewaan daerah ini tak hanya terletak pada panorama alamnya saja, melainkan juga kuliner tradisionalnya. Apa saja kuliner khas Natuna yang wajib dijajal? Cek jawabannya di bawah bro      

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

Baru-baru ini, perhatian publik tertuju pada kawasan Natuna lantaran diakui China sebagai wilayah kedaulatan mereka. Wilayah Natuna sejak dahulu sudah menyihir mata banyak orang lewat panorama alamnya yang menakjubkan. Akan tetapi, keistimewaan Natuna tidak hanya terletak pada kekayaan alamnya saja.

 

Saat bertandang ke sini, lo juga dapat menjumpai aneka kuliner tradisional unik dan nikmat. Kehadiran makanan-makanan ini tak jarang membuat wisatawan merasa betah berlama-lama liburan di Natuna. Apa saja kuliner unik khas Natuna yang perlu dicoba pelancong? Berikut adalah 5 di antaranya. Silakan disimak ya bro!

 

1. Latoh Silong

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua! Photo Credit:warisanbudaya.kemdikbud.go.id

Sebagian orang mungkin ragu menyantap makanan ini karena tampilannya agak aneh. Akan tetapi, hal tersebut bakal berubah ketika lo menjajal kenikmatan Latoh Silong secara langsung. Lidah lo akan dimanjakan lezatnya anggur laut yang menjadi bahan utama kuliner ini. Mantap deh!

 

Masyarakat Natuna sejak dahulu menyajikan latoh silong secara mentah. Mereka biasanya mengonsumsi makanan ini bersama campuran sambal yang berasal dari cabai hijau. Latoh silong diyakini baik bagi kesehatan karena dihidangkan secara mentah. Pencinta kuliner tentu tak boleh lupa mencicipinya.

 

Latoh silong memiliki kandungan serat yang tinggi serta kaya akan manfaat positif. Kuliner yang diolah dari tumbuhan laut ini kabarnya baik untuk sistem pencernaan. Sempatkan waktu untuk mencobanya selagi sempat ya bro!

 

2. Calok

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua! Photo Credit: natunaterkini.com

Warga Natuna tidak menghidangkan calok sebagai makanan utama. Kata “calok” sejatinya merupakan sebutan masyarakat setempat untuk sambal berbahan udang kecil. Calok umumnya dijadikan sebagai makanan pelengkap bagi kuliner lain yang memiliki cita rasa asin atau pedas.

 

Di Natuna, orang-orang biasanya menyajikan calok bersama ikan asap atau ikan salai. Perpaduan sambal calok dengan makanan tersebut dianggap menghasilkan cita rasa yang nikmat. Sekali mencoba kelezatan calok, lo bakal tertarik menjajalnya berkali-kali deh bro. Wajib dicoba deh!

 

Sambal calok juga cocok dipadukan dengan aneka lalapan. Calok bukanlah satu-satunya sambal unik yang bisa lo temukan di Natuna. Lo juga bisa menjajal keunikan rasa sambal padek yang diolah dari fermentasi ikan. Jangan lupa beri sambal calok dan padek pada makanan lo saat berlibur di Natuna ya!

 

 

3. Kernas

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua! Photo Credit: jatengpos.co.id

Kuliner nikmat satu ini juga pantang dilewatkan traveler selama liburan di Natuna. Ketika menjajal kernas, lo bakal dibuai rasanya yang begitu lezat dan nikmat. Kuliner tradisional khas Natuna ini patut masuk dalam daftar menu yang lo coba selama traveling. Recommended deh!

 

Makanan yang juga kerap disebut kasam ini dibuat dari bahan dasar berupa ikan tuna atau tongkol. Proses pengolahan kernas kabarnya melibatkan campuran sagu butir. Jika diperhatikan sekilas, kemas memiliki tampilan seperti nugget. Akan tetapi, keduanya punya rasa yang berbeda.

 

Masyarakat Natuna biasanya menjadikan kernas sebagai camilan saat santai. Makanan ini beredar dalam bentuk kepingan. Untuk mencicipi kelezatan kernaas secara maksimal, lo dianjurkan mengosumsinya dalam kondisi hangat lengkap dengan saus pedas. Perpaduan ini bakal membuat kernas terasa lebih nikmat di lidah.

 

4. Bubo Pedies

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua! Photo Credit: disparbud.natunakab.go.id

Makanan yang memiliki arti bubur pedas ini kabarnya sudah ada dari tahun 1909. Bubo pedies merupakan kuliner legendaris mayarakat Melayu yang diwariskan oleh Kesultanan Deli. Popularitas makanan ini tak perlu diragukan lagi. Pasalnya, lo juga bisa menjumpai makanan ini di wilayah Riau, Medan, dan Sambas.  

 

Rasa gurih bubur pedas ini tak jarang memikat wisatawan yang tengah berlibur ke Natuna. Warga setempat biasanya menyantap bubo pedies dalam keadaan hangat agar kenikmatannya tetap terjaga. Banyak pihak percaya makanan ini baik untuk kesehatan tubuh.

 

Bubur pedas ini didominasi rasa rempah-rempah. Hal tersebut membuat aromanya terasa nikmat di hidung. Makanan ini juga diolah menggunakan campuran beberapa bumbu. Selain itu, bubo pedies juga memiliki isian yang komplit sehingga dapat mengenyangkan perut. Silakan dicoba ya bro!

 

5. Tabel Mando

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua!

5 Kuliner Unik Khas Natuna, Pelancong Perlu Coba Semua! Photo Credit: halamankepri.blogspot.com

Banyak orang menjuluki makanan ini dengan sebutan pizza khas khas Natuna. Julukan tersebut merujuk pada bentuknya yang bulat dan pipih layaknya pizza dari Italia. Tabel mando atau tipeng mando menawarkan rasa yang tak kalah nikmat dengan kuliner Natuna lainnya. Patut dijajal deh!

 

Bahan pembuatan tabel mando di antaranya adalah beberapa makanan laut serta sagu bulir. Ada banyak fauna laut yang bisa diolah untuk membuat tabel mando seperti ikan tuna, gurita, ikan tongkol, dan kepiting. Bahan-bahan tersebut biasanya diolah penduduk lokal dalam keadaan segar mengingat Natuna berlokasi di area pesisir di tengah-tengah laut.   

 

Saat berkunjung ke Natuna, lo bisa mencicipi tabel mando dengan aneka bahan tambahan  seperti kelapa muda parut dan bumbu khas lain. Kehadiran bahan pelengkap ini tentu menambah kekayaan rasa tabel mando. Segera dicoba ketika sempat ya bro!

 

Demikian 5 kuliner unik khas Natuna yang patut dicoba para pelancong. Daftar di atas tentu bisa menjadi referensi menarik buat lo yang ingin berwisata kuliner di Natuna. Lima makanan ini memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing sehingga layak dinikmati satu per satu. Dari lima makanan di atas, manakah yang ingin lo jajal lebih dahulu?

 

 

Source: detik.com

Feature Image -  jatengpos.co.id

Trending Beginner foodventure

9 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Ngeliat langsung... Maknyuss
SRI YAYA ASTUTI
SEMOGA BISA KE NATUNA
agung
tq info ya
Wafiroel N
yuk ramaikan di sana
Kristian Mustafa
Nice Info.
Agus Sungkawa
Kernas..kuliner yg wajib d coba nih
SURIANTO
Pengen di cobain tuch
Ricko Pratama Putra
Josss Gandosss
Firgiawan
Ngilerr abis