[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

Kopi indonesia memang beragam. Lebih beragam lagi kopi daerah yang punya komposisi campuran unik bro! Cita rasa? Jangan diragukan, deh. Pasti bikin lo pengin balik lagi ke daerah tersebut bro!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

 

Adat istiadat ngopi sebelum melakukan aktivitas mungkin jadi kebiasaan atau budaya hampir seluruh kalangan di berbagai penjuru dunia ini. Termasuk Indonesia. Nah, dengan beragam etnik yang ada di negara ini, kopi Indonesia pun jadi bermacam-macam. Soal rasa? Jangan ragu deh, bro!

 

Kopi Indonesia sudah terkenal di berbagai penjuru dunia. Secara kualitas, bahkan kopi Indonesia melampaui kopi Brazil dan bahkan kopi Ethitopia. Sebut saja seperti Kopi Toraja yang terkenal sebagai minuman mewah di Jepang, Kopi Gayo dan kopi lainnya – menjadi ‘jagoan’ di kalangan kopi dunia.

 

Namun sayangnya – walau secara kualitas kopi Indonesia sudah nomor satu, untuk kuantitas kopi Indonesia masih nomer sekian di bawah beberapa negara lainnya. Tidak apa sih bro – dengan berbagai perkembangan yang ada, berharap dari segala aspek, kopi Indonesia benar-benar jadi nomor satu.

 

Terkait dengan jenis-jenis kopi Indonesia yang sebelumnya sudah disebutkan di atas, di bahasan kali ini – bukan kopi-kopi tersebut yang akan diulas di sini. Kopi Indonesia yang akan diulas kali ini adalah kopi daerah dengan semangat lokal.

 

 

LOCAL PRIDE, BRO! Kopi daerah ini menariknya menjadi daya tarik tersendiri bagi tiap daerah terkait. Bahkan, banyak millennial yang datang ke destinasi tersebut hanya ingin mencoba kopi daerahnya. Misalnya, Yogyakarta – tentu akan identik dengan kopi joss dan daerah lain dengan kopinya masing-masing.

 

Kira-kira, selain Yogyakarta dengan kopi jossnya – ada kopi daerah apa lagi ya yang bisa masuk ke dalam daftar perjalanan lo di awal tahun baru 2020 ini? Daripada makin penasaran, sila simak bahasan ini sampai habis ya!

***

 

Kopi Daerah: Yogyakarta – Kopi Joss!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi! credit: travelingyuk.com

Traveling ke Yogyakarta tidak akan lengkap kalau lo tidak nongkrong di berbagai angkringan keren di Malioboro dan spot lainnya. Kuliner malam Jogja dan tentu kopi joss-nya tidak bisa lo lewatkan begitu saja nih!

 

Kalau ada yang belum tahu kenapa kopi joss begitu terkenal, berikut karakter dari kopi joss. Tahu kenapa namanya sendiri adalah kopi joss? Hal ini terkait dengan kopi hitam panas, yang dicampurkan dengan arang panas.

 

Betul bro, arang panas. Arang panas yang masih merah membara, dicelupkan ke dalam gelas kopi dan menciptakan bunyi ‘joss joss’. Dari sanalah nama kopi joss akhirnya muncul. Buat cita rasa, tentu ada karakternya tersendiri.

 

Makanya, kopi joss dengan rasa serta karakter yang unik jadi daya tarik tersendiri buat para traveler, terlebih buat millennial yang suka mencoba hal-hal baru seperti kopi joss ini. Buat mereka yang sudah mencoba, rata-rata ingin balik lagi ke sana dan menyesap kopi unik tersebut!

 

Kopi Daerah: Sumatera Utara dan Selatan – Kopi Durian

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi! credit: travel.kompas.com

Dua jenis kuliner ini sepertinya secara umum sama sekali bertolak belakang. Sayangnya – di Sumatera Utara dan Sumatera Selatan, dua hal ini malah dijadikan satu. Tahu hal yang dimaksud itu apa? Betul, kopi dan durian.

 

Begitu dengar campurannya seperti itu, mungkin sebagian pecinta kopi pun urung mencoba kopi daerah yang satu ini. Tapi, kalau lo berani, mesti coba kopi daerah yang satu ini. Sebenarnya dari komposisi, tidak serta merta buah durian dicampurkan ke dalam gelas kopi, sih.

 

Jadi, kalau di Sumatera Utara, kopi robusta hitam dicampurkan dengan kental manis rasa durian. Sedangkan di Sumatera Selatan, rebusan buah durian dicampurkan ke kopi hitam robusta sehingga punya aroma dan cita rasa buah durian tersebut melebur jadi satu.

 

Unik kan? Buat yang sudah mencobanya, pasti kalau ingat – jadi ingin balik ke sana dan mencoba kopi duriannya lagi!

 

Kopi Daerah: Sumatera Barat – Kopi Talua!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi! credit: brilio.net

Sebelumnya Sumatera Barat terkenal dengan kopi kawa-nya. Tapi, ada juga nih varian kopi lokal yang cita rasanya tidak kalah dengan yang lain, namanya kopi talua. Kopi talua sekilas mirip dengan kopi susu pada umumnya.

 

Tapi jika sudah masuk ke mulut, lo akan menemukan kombinasi rasa yang begitu unik. Pasalnya, kopi talua adalah kopi robusta hitam yang dicampur dengan rempah-rempah seperti kayu manis, dan dicampur lagi dengan kental manis serta kuning telur!

 

Dijamin lo akan menemukan perpaduan rasa yang sangat unik dank has. Dibalik rasa yang unik tersebut – kopi talua digadang-gadang sebagai salah satu minuman penambah energi dan stamina nih. Ya kalau dilihat dari campurannya, ya memang bisa buat menambah energi nih bro!

 

Kopi Daerah: Ambon – Kopi Rarobang

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi! credit: phinemo.com

Kopi daerah yang punya cita rasa khas tidak hanya ada di Indonesia bagian barat saja nih. Di Indonesia bagian timur, tepatnya di kawasan Ambon, ada kopi rarobang. Seklias kopi rarobang adalah kopi hitam biasa saja.

 

Tapi dari komposisi kopi ini sendiri – lo tidak akan menemukan rasa kopi hitam yang biasa saja. Bagaimana tidak bro – komposisi kopi rarobang adalah kopi hitam yang dicampurkan dengan kacang kenari, sereh, jahe dan cengkeh.

 

Dengan berbagai campuran dan rempah-rempah seperti itu, jelas kopi rarobang adalah local pride yang mesti dikenalkan ke berbagai penjuru nih!

 

Kopi Daerah: Sumatera Utara – Kopi Takar

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi!

[LOCAL PRIDE!] Ini 5 Kopi Daerah di Indonesia yang Rasanya Bikin Pengin Balik Lagi! credit: busy.org

Selain kopi durian di Sumatera Utara – kawasan ini juga punya kopi lokal atau kopi daerah yang tidak kalah nih bro dari cita rasa. Mirip dengan kopi kekinian yang ada, kopi takar mempunyai komposisi yang sederhana tapi memanjakan indera perasa lo nih.

 

Pasalnya, kopi takar mempunyai komposisi kopi hitam, dicampurkan dengan kayu manis serta gula aren. Wah jelas rasanya unik nih ya!

 

 

Wah bagaimana nih bro? Dari lima kopi daerah atau kopi lokal yang ada di berbagai penjuru Indonesia, yang mana dulu nih yang akan lo coba? Oh iya, kalau masing-masing di daerah lo ada kopi lokal yang seperti di atas ini, boleh lho dibagikan di kolom komentar di bawah ini ya!

 

Source – gordi.id

Feature Image – travelingyuk.com

Trending Beginner eksplorasi-kopi solo traveling

9 COMMENTS

SHARE
dephy
menikmati kopi dari daerah indonesiao sangat menarik penyajiannya
AMBO SOLLE
Kopi jos,mantap.
Agus Sungkawa
Kopi joss..yg ada arang nya
Yumna Aditya Prakoso
kopi joss lur
Yuniarto ( Tato )
Kopi jossss
Ricko Pratama Putra
Kopi Joss
Firgiawan
Kopi durian pengen Nyoba
Ricko Pratama Putra
Josss Gandos
Agung Sutrisno
Kopi josss... Jogjjesss