5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan!

Merawat sepatu gunung sendiri ternyata memiliki cara khusus, tentunya agar tetap awet serta nyaman digunakan. Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan!

Sebagai seorang pendaki bukan hanya soal latihan fisik serta mental saja loh yang patut untuk lo perhatikan, namun bagaimana lo merawat barang-barang lo juga menjadi kewajiban. Salah satunya bisa dimulai dari sepatu gunung. Yaap, perlengkapan yang akan selalu menemani lo mendaki ini tentunya harus dalam kondisi prima loh, bayangkan saja apabila sepatu gunung lo tidak lo rawat, tentunya akan mudah sekali untuk rusak bukan?

 

Oleh sebab itu, enggak ada salahnya kok untuk lo menyempatkan waktu ketika sedang tidak mendaki untuk merawat peralatan pendakian lo. Tenang saja, lo bisa kok melakukannya sendiri kok, mulai dari pencuciannya hingga cara penyimpanannya yang benar.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran bagaimana cara untuk merawat sepatu gunung, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Lo enggak perlu kok untuk mengeluarkan dana begitu besar untuk membersihkannya, karena lo bisa melakukannya sendiri di rumah. Tentunya berguna untuk terus membuat sepatu lo tetap awet dan nyaman ketika digunakan serta juga bisa membuatnya memiliki umur yang panjang!

 

Tips Merawat Sepatu Gunung – Bahan Pembersih

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan!

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan! Credit: /gearpatrol.com/

 

Hal pertama harus menjadi perhatian lo ialah bahan pembersihnya, paling aman selalu siapkan baskom berisi air bersih hangat tanpa campuran sabun. Jangan pernah gunakan sabun batan atau deterjen yaa, karena deterjen bisa merusak lapisan waterproof sepatu dan juga mampu melunturkan warna sepatu.

 

Banyak pendapat yang menyebutkan kalau membersihkan sepatu gunung bisa menggunakan sabun jenis mild soap atau sabun dengan pH netral (7.0), seperti sabun/shampoo bayi atau sabun cair cuci piring. Nah, untuk mengatasi sepatu yang sudah mulai berjamur, lo bisa menggunakan campuran air (80%) dan cuka (20%) untuk membersihkannya.

 

Tentu ini bisa menjadi langkah awal yang baik untuk merawat sepatu gunung lo yaa, jangan pernah asal-asalan memilih bahan pembersih yaa. Karena akan sangat disayangkan sekali apabila lo mendapatkan hasil akhir yang bertolak belakang.

 

Tips Merawat Sepatu Gunung – Alat Pembersih yang Tepat

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan!

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan! Credit: nikwax.com

 

Perlu untuk lo ketahui juga kalau sepatu gunung itu terbagi atas dua bagian secara besar, yaitu bagian atas (luar dan dalam) dan bagian bawah (sol). Nah, masing-masing dari bagian ini memerlukan alat pembersih yang berbeda.

 

Pada bagian atas (luar), lo bisa menggunakan lap basah atau sikat lembut, lalu usapkan dengan pelan dan sedikit tekanan. Bukan tanpa alasan, tentunya agar tetap menjaga lapisan tersebut. Untuk bagian atas (dalam), lo harus melepaskan terlebih dahulu insole sepatu, lalu gunakan sikat halus yang kering untuk membersihkan bagian dalam tersebut. Insole sepatu pun bisa lo bersihkan dengan sikat halus yang basah.

 

Bagian bawa sepatu (sol), bisa lo bersihkan menggunakan sikat yang lebih keras untuk membersihkan tanah yang menempel di sela-sela grip. Usahakan untuk membersihkan terlebih dahulu menggunakan lidi atau tusuk gigi pada sela-sela grip tersebut agar lebih mudah ketika menyikat.

 

Tips Merawat Sepatu Gunung – Cara Membersihkan

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan!

5 Tips Merawat Sepatu Gunung Agar Tetap Awet serta Nyaman Digunakan! Credit: obozfootwear.com

 

Setelah mengetahui mengenai bahan pembersih dan alatnya, lo juga harus tahu bagaimana cara membersihakannya dengan benar. Langkah pertamanya ialah melepaskan tali sepatu dan insole agar seluruh bagian sepatu bisa mongering sempurna.

 

Perlu untuk diperhatikan untuk tidak merendam sepatu yaa, karena sepatu pun bisa rusak dan berkerut apabila direndam terlalu lama di dalam air. Selain itu, lem di sol sepatu juga akan mudah lepas. Celup sikat ke dalam baskom, kemudian kibaskan sikat untuk mengurangi jumlah air.

 

Gunakanlah sikat yang halus untuk mencuci bagian upper sepatu, agar tidak merusak jahitan dan juga lapisan anti-air yang biasanya menggunakan bahan gorte. Bagian bawah sepatu sendiri disikatdengan sikat yang lebih kasar, karena kotoran cukup bandel menempel di bagian ini.

 

Kalau lapisan waterproof pada bagian sepatu lo sudah mulai hilang dan menimbulkan kebocoran, gunakan waterproof spray untuk mengembalikan sifat water resistance sepatu. Berbagai produk waterproof spray sendiri juga sudah mudah sekali untuk didapatkan di pasaran.

 

Tips Merawat Sepatu Gunung – Cara Pengeringan

 

Ketika sepatu gunung lo sudah bersih, tentunya cara pengeringannya sendiri enggak boleh ngasal yaa. Jangan pernah langsung bersentuhan langsung dengan sinar matahari, karena bisa merusak material sepatu dan juga bisa memudarkan warna sepatu, sehingga keringkan dengan cara diangin-anginkan.

 

Nah, sebelum dijemur ada trik yang bisa digunakan untuk mempercepat proses pengeringan yaitu ambil kain kanebo dan tekan bagian luar dan dalam sepatu hingga kanebo tidak bisa lagi menyerap air. Lalu siapkan koran bekas, masukkan ke dalam sepatu sambal ditekan-tekan agar bisa lebih menyerap air.

 

Supaya lebih pasti mengenai kekeringan dari sepatu gunung lo, sangat disarankan untuk menggantungnya dengan posisi menghadap ke bawah (dibalik), untuk menggantungnya lo bisa menggunakan tali sepatu. Memang memerlukan kesabaran untuk proses pengeringan ini.

 

Tips Merawat Sepatu Gunung – Perawatan Sebelum Disimpan

 

Biasanya sepatu gunung terbuat dari dua jenis, yaitu kulit dan kanvas, serta gabungan dari keduanya. Oleh sebab itu, cara perawatan sebelum penyimpananan terhadap sepatu berbahan kulit ialah dengan cara menyemirnya sebelum mendekati kering, hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembabpan agar kulit tidak terlalu kering.

 

Sedangkan untuk sepatu dengan bahan kanvas yang bersifat waterproof, semprot dengan waterproof spray yang bisa lo dapatkan di pasaran kok. Lalu untuk tempat penyimpanannya usahakan di tempat yang kering dan hindari dari paparan sinar matahari langsung yaa.

 

**

 

 

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar cara merawat sepatu gunung di atas? Semoga bisa berguna serta bermanfaat buat lo yaa. Selalulah jaga kondisi barang-barang pendakian lo yaa, agar lo lebih nyaman serta tidak repot lagi apabila mudah sekali terjadi kerusakan.

 

Source: kumparan.com

 

 

 

Featured Image: gearpatrol.com
Tips Beginner solo traveling

10 COMMENTS

SHARE
Kristian Mustafa
Nice info.
DEVI TRI HANDOKO
boleh dicoba ini saat2 musim hujan gini
AMBO SOLLE
Info menarik
Agus Sungkawa
Tips merawat sepatu gunung yg bermanfaat
Yudha Pratama
bermanfaat sekali. tengkiu min.
agung
tq info ya
Yumna Aditya Prakoso
mantap gan
Panca Lesmana
Nanti di coba ????
Ricko Pratama Putra
Nice Tips
Agung Sutrisno
Perawatan esktra