5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

Ternyata di Asia Tenggara lo bisa dengan mudah mengunjungi serta melihat indahnya Street Art di beberapa pilihan kotanya. Penasaran? Langsung simak saja beberapa informasinya di bawah ini!

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

Seni memang sangat luas serta bebas, sehingga seni itu sendiri tidak hanya bisa ditemukan di atas kertas ataupun media-media mainstream. Street Art menjadi salah satu buktinya, seni yang berkolaborasi dengan fasilitas umu di jalanan ini memang sudah menjadi pilihan bagi banyak seniman di dunia. Nah, kawasan Asia Tenggara sendiri juga turut ambil andil dalam bebasnya berekspresi dalam jenis seni ini.

 

Tidak ada kata salah atau benar bila lo membicarakan mengenai Street Art, hanya ada apakah pesan yang ingin disampaikan benar-benar sampai atau tidak. Street Art yang juga identik dengan mural ini ternyata sudah berhasil menghias indahnya sebuah kota di seluruh dunia.

 

 

Nah, daripada lo semakin penasaran terhadap pilihan kota-kota yang memiliki Street Art cukup menarik di kawasan Asia Tenggara, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini. Semoga bisa menjadi tempat destinasi lo berikutnya bila memang ingin melihat betapa besarnya pengaruh Street Art terhadap keindahan sebuah kota beserta dengan hasil-hasil karyanya yang menakjubkan.

 

Kota Street Art di Asia Tenggara – Georgetown, Penang, Malaysia

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

5 Kota dengan Karya Street Art di Asia Tenggara yang Patut Lo Kunjungi! Credit: travelingyuk.com/

 

Pilihan pertama kota yang penuh dengan Street Art di Asia Tenggara ialah Georgetown, Penang, Malaysia. Karena lo bisa melihat banbyak sekali pilihan karya seni dari beberapa seniman terlihat di dinding-dinding jalan pada kota ini.

 

Georgetown sendiri memang merupakan kota yang unik serta masuk ke dalam Situs Warisan UNESCO. Mengeksplorasi kota ini secara tidak langsung akan membawa lo kembali ke zaman dahulu, karena memang masih terdapat banyak bangunan tua dalam kondisi terawat di sana.

 

Dengan gaya kolonial yang bercampur dengan unsur Street Art menjadi sebuah perpaduan menakjubkan. Kebanyakan hasil karya seni di kota ini bertemakan cerita mengenai masyarakat sekitar dari generasi ke generasi.

 

Kota Street Art di Asia Tenggara – Taguig, Filipina

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

5 Kota dengan Karya Street Art di Asia Tenggara yang Patut Lo Kunjungi! Credit: .pinterest.com

 

Filipina juga masuk ke dalam negara yang memiliki Street Art cukup memukau di Asia Tenggara. Tepatnya di kota Taguig. Di sana terdapat sebuah tempat bernama Bonifacio Global City (BGC), di mana lo akan melihat banyak sekali karya-karya seni nan indah, tentunya dengan sentuhan modern.

 

Perlu untuk diketahui juga kalau Street Art di Kota Taguig sendiri bisa ada karena pernah diselenggarakannya ArtBGC NextACT ONE Festival di mana merupakan sebuah festival mural yang diadakan selama satu minggu pada bulan Mei 2015.

 

Hasil-hasil karyanya pun sangat indah karena memang dikerjakan oleh para seniman dunia ternama. Seperti Faile, Dee Jae Pa’este, Doppel, Nate Frizzel dan lain-lain. Tak heran apabila lo bisa mendapatkan sebuah pengalaman seperti berjalan di dalam museum seni, padahal lo berada di jalan loh.

 

Kota Street Art di Asia Tenggara – Phuket, Thailand

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

5 Kota dengan Karya Street Art di Asia Tenggara yang Patut Lo Kunjungi! Credit: .anniewilcox.co.uk/

 

Thailand meman sudah cukup terkenal dengan pilihan pantainya yang indah, beserta dengan kebudayaannya yang unik. Belum lagi dengan kuliner nikmatnya, namun negara ini juga menjadi tempatnya Street Art berjaya.

 

Mengapa? Tepatnya di kota Phuket lo bisa melihat banyak terlihat karya-karya mural indah, tentunya dengan cerita-cerita yang tak kalah uniknya. Bahkan Street Art di kota ini sudah menjadi daya tarik lainnya selain dari keindahan alamnya.

 

Banyak sekali dinding di kota Phuket yang penuh dengan indahnya hasil karya dari para seniman lokal maupun internasional. Sehingga mampu memberikan sebuah warna unik yang belum tentu bisa lo dapatkan di lain tempat. Penasaran? Enggak salahnya kok untuk langsung pergi ke sana untuk melihatnya secara langsung bro.

 

Kota Street Art di Asia Tenggara – Singapura

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

5 Kota dengan Karya Street Art di Asia Tenggara yang Patut Lo Kunjungi! Credit: pergidulu.com

 

Sudah tak perlu diragukan lagi apabila lo ingin berbelanja di luar negeri, biasanya Singapura menjadi destinasi favorit bagi banyak orang. Nah, ternyata negara ini tak hanya menjadi destinasi berbelanja saja, namun lo bisa mendapatkan banyak sekali Street Art yang tak kalah indahnya.

 

Tepatnya di Haji Lane, lo bisa melihat hasil karya seni di tembok-tembok restoran atau toko-toko kecil. Selain itu, lo juga bisa berkunjung ke Kampong Glam, Singapura. Di mana lo bisa melihat banyaknya karya seni di gang pada kawasan tersebut.

 

Kampong Glam sendiri juga merupakan tempat yang akan memperlihatkan hasil-hasil karya seni mural dari para seniman baik lokal maupun internasional, seperti Sheryo x The York, Didier Jaba Mathieu, Oak and Bindi dan lain sebagainya.

 

Kota Street Art di Asia Tenggara – Jakarta, Indonesia

5 Kota di Asia Tenggara dengan Karya Street Art Memukau yang Patut Lo Kunjungi!

5 Kota dengan Karya Street Art di Asia Tenggara yang Patut Lo Kunjungi! Credit: muraldowntown.blogspot.com

 

Siapa bilang Jakarta tidak memiliki Street Art yang menarik? Bahkan tidak kalah loh dengan kota-kota lainnya di Asia Tenggara. Banyak kok spot-spot di kota besar ini yang memperlihatkan karya seni nan memukau.

 

Sejak tahun 2012 sendiri kota Jakarta memang sudah menggempor-gemporkan Street Art itu sendiri, alhasil hingga hari ini lo sudah bisa melihat beragam karya yang mampu memberikan warna terhadap keindahan dari kota ini sendiri.

 

Kebanyakan dari mural yang ada di kota ini juga memperlihatkan atau ingin menyampaikan sebuah cerita dari masyarakat sekitar. Selain itu, juga pernah festival 15th Jakarta Biennale, di mana terlibat 7 artis mural yang memberikan atau membuat karyanya di beberapa titik di kawasan Jakarta.

 

 

**

Jadi bagaimana bro dengan informasi seputar kota Street Art yang ada di Asia Tenggara? Kalau lo memiliki destinasi kota lainnya di Asia Tenggara dengan karya-karya mural sangat memukau, bisa loh langsung bagikan di kolom comment. Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi segala sesuatu yang lo sukai!

 

 

Source: freme.com

 

 

 

Featured Image: th.boell.org
Urban Places Beginner solo traveling

14 COMMENTS

SHARE
Agung Sutrisno
Mural, grafity menghiasi dinding kota.
dephy
daripada corat coret ga jelas di tembok mending berkarya menjadi mural yang keren
Yumna Aditya Prakoso
mantapp kali gan
Resatya Oktafitullah SAV
Wihhh mantaps
Kristian Mustafa
Karya anak Bangsa Indonesia tidak kalah keren bro.
Yudha Pratama
keren abis kang bro
Yudha Pratama
two thumbs up !!
AMBO SOLLE
Keren banget tempatnya
Monides Sagala
Yaa bisalah
Firgiawan
Jakarta keren muralnya